Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Aplikasi Gojek di Kelurahan Puseurjaya

Main Article Content

Dede Nuryati
Mariska Ayu Widyaningrum
Ajat Sudrajat

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of price and service quality on Gojek user loyalty in Puseurjaya Village. The research uses quantitative data methods. The population of this study were all Gojek users in Puseurjaya Village, Telukjambe Timur, Karawang and a sample of 100 people was taken. The sampling technique in this study is to use Quota Sampling and data collection techniques are carried out by distributing questionnaires using Google Form through WhatsApp and Instagram. The results of this data questionnaires were analyzed using IBM SPSS Statistic 16. Based on the results of the data analysis used, it can be concluded that price and service have the same positive and significant effect on Gojek customer loyalty in Puseurjaya Village.

 

Tujuan peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah harga serta kualitas dari pelayanan mempengaruhi loyalitas pengguna Gojek di Kelurahan Puseurjaya. Penelitian ini menggunakan metode data kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah semua pengguna aplikasi Gojek yang berada di Kelurahan Puseurjaya, Telukjambe Timur, Karawang dengan sampel sejumlah 100 orang. Penelitian ini menggunakan teknik kuota sampel dalam mengambil sampel dan teknik pengumpulan data melalui kuisioner Google Form melalui WhatsApp dan Instagram. Hasil data kuisioner dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 16. Menurut hasil dari analisa data maka dapat disimpulkan bahwa harga serta pelayanan dapat memberikan pengaruh yang positif serta signifikan kepada konsumen karena dapat meningkatkan loyalitas pelanggan Gojek di Kelurahan Puseurjaya.

Article Details

How to Cite
Nuryati, D., Widyaningrum, M. A., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Aplikasi Gojek di Kelurahan Puseurjaya. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(5), 563–567. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i5.9991
Section
Articles
Author Biographies

Dede Nuryati, Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Ekonomi

Mariska Ayu Widyaningrum, Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Ekonomi

Ajat Sudrajat, Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Ekonomi

References

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV

Griffin, J. (2010). Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Indahsola, K. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Sakola Factory Outlet Jogja. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kertajaya, H. (2006). Hermawan Kertajaya on Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (Jilid I Edisi ke-12). Jakarta: Erlangga.

Moenir, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mursid, M. (2014). Managemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sampara, L. (2011). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.