Pengaruh Tingkat Penghindaran Pajak terhadap Nilai Perusahaan dengan Biaya Agensi sebagai Variable Mediasi
Main Article Content
Abstract
This study aims to analyze and determine the effect of tax avoidance rate on the value of the firm and agency cost as a mediation in manufacturing industry’s companies that listed in BEI in 2015-2019. With purposive sampling, the researcher found 45 companies matched with the research. The researcher used Path Analysis and regression for hypothesis test and found the result that tax avoidance is significant to firm value and agency cost, agency cost is significant to firm value, and mediation in partial relationship between tax rate avoidance and firm value.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tingkat penghindaran pajak terhadap nilai perusahaan dan biaya agensi sebagai mediasinya dalam perusahaan industri manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Dengan menggunakan purposive sampling, didapatkan 45 perusahaan yang tepat untuk penelitian ini. Peneliti menggunakan metode analisis jalur dan regresi untuk pengujian hipotesis. Hasilnya adalah tingkat penghindaran pajak signifikan terhadap nilai perusahaan dan biaya agensi. Biaya agensi juga signifikan terhadap nilai perusahaan dan memediasi secara parsial hubungan antara tingkat penghindaran pajak dan nilai perusahaan.
Article Details
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adityamurti, E., & Ghozali, I. (2017). Pengaruh penghindaran pajak dan biaya agensi terhadap nilai perusahaan. Diponegoro Journal Of Accounting, 6(3), 124–135. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/18228
Anggoro, S. T., & Septiani, A. (2015). Analisis pengaruh perilaku penghindaran pajak terhadap nilai perusahaan dengan transparansi sebagai variabel moderating. Diponegoro Journal of Accounting, 4(4), 437–446. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/9598
Assidi, S., Aliani, K., & Omri, M. A. (2016). Tax optimization and the firm’s value: Evidence from the Tunisian context. Borsa Istanbul Review, 16(3), 177–184. https://doi.org/10.1016/j.bir.2016.04.002
Chung, K. H., & Pruitt, S. W. (1994). A simple approximation of Tobin’s Q. Financial Management, 23(3), 70–74. https://doi.org/10.2307/3665623
eFinancialManagement. (2018). Value of a firm. Efinancialmanagement.Com. https://efinancemanagement.com/investment-decisions/value-of-a-firm
Hanif, I. N., & Ardiyanto, M. D. (2019). Analisis pengaruh praktik penghindaran pajak terhadap nilai perusahaan: Transparansi informasi sebagai variabel pemoderasi. Diponegoro Journal of Accounting, 8(3), 1–12. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/25714/22885
Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of Financial Economics, 3(4), 305–360. https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026-X
Kurniawan, A. F., & Syafruddin, M. (2017). Pengaruh penghindaran pajak terhadap nilai perusahaan dengan variabel moderasi transparansi. Diponegoro Journal of Accounting, 6(4), 94–103. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/18199
Nurzanah, Y., Kopong, & Riska. (2016). Pengaruh growth opportunity dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas dengan nilai perusahaan sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Manajerial, 1(1), 116–133.
Razali, M. W. M., Ghazali, S. S., Lunyai, J., & Hwang, J. Y. T. (2018). Tax planning and firm value: Evidence from Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(11), 210–222. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i11/4896
Santana, S. L. L., & Rezende, A. J. (2016). Corporate tax avoidance and firm value: evidence from Brazil. Revista Contemporânea de Contabilidade, 13(30), 114–133. https://doi.org/10.5007/2175-8069.2016v13n30p114
Yee, C. S., Sapiei, N. S., & Abdullah, M. (2018). Tax avoidance, corporate governance and firm value in the digital era. Journal of Accounting and Investment, 19(2), 160–175. https://doi.org/10.18196/jai.190299