Aplikasi Monitoring Tunggakan Uang Kuliah Mahasiswa Non Aktif Di Universitas Tarumanagara Menggunakan Metode Naive Bayes

Main Article Content

Timothy Reynaldi
Lely Hiryanto
Darius Andana Haris

Abstract

Universitas Tarumanagara memiliki dua status mahsiswa, yaitu mahasiswa aktif dan mahasiswa non aktif. Saat ini, bidang administrasi di Universitas Tarumanagara belum memiliki sistem yang baik untuk menangani tunggakan uang kuliah dari mahasiswa non aktif. Tujuan dari perancangan Aplikasi Monitoring Tunggakan Uang Kuliah Mahasiswa Non Aktif ini adalah untuk memperbaiki dan memudahkan user untuk memonitoring tunggakan uang kuliah dari mahasiswa non aktif di Universitas Tarumanagara. Aplikasi ini menggunakan metode Naive Bayes. Penerapan dari metode Naive Bayes ini berfungsi untuk menghitung probabilitas kemungkinan mahasiswa Universitas Tarumanaga yang non aktif selama tiga semester berturut-turut harus di keluarkan atau tidak. Hasil dari penerapan metode Naive Bayes ini berhasil untuk menampilkan output prediksi untuk dikeluarkan atau dilanjutkannya mahasiswa yang sudah non aktif selama tiga semester berturut-turut. Hasil dari pengujian fungsional aplikasi menggunakan mendapatkan output sukses untuk pengetesan pada semua halaman yang di uji dan metode pengambilan keputusan dari aplikasi ini memiliki akurasi untuk prediksi tindakan pengambilan keputusan sebesar 91%.

Article Details

Section
Articles

References

Fadlan, Chairul; Ningsih, Selvia; dan Windarto, Agus Perdana. "Penerapan Metode Naïve Bayes Dalam Klasifikasi Kelayakan Keluarga Penerima Beras Rastra." JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas). Vol. 3, No. 1. 2018.

Hastuti, Khafiizh. "Analisis komparasi algoritma klasifikasi data mining untuk prediksi mahasiswa non aktif". Semantik. Vol. 2, No. 1. 2012.

Manalu, Effrida; Sianturi, Fricles Ariwisanto; dan Manalu, Mamed Rofendy. "Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Memprediksi Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan Dan Jumlah Pemesanan Pada Cv. Papadan Mama Pastries." Jurnal Mantik Penusa. Vol. 1, No. 2. 2017.

Muslihudin, Muhamad. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML.” Andi. 2016.

Network, I. D. "QuickStudy: system development life cycle." Computerworld. Vol. 14, 2002.

Nugraha, Wahyu, dan Syarif, Muhamad. "Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume Dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website." JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas). Vol. 3, No. 2. 2018.

Jeremy, Albert, dan Mulyawan, Bagus. "Opinion Mining Untuk Ulasan Produk Dengan Klasifikasi Naive Bayes". Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Volume 6, Nomor 1. November 2018.