SISTEM APLIKASI UNTUK OTOMATISASI PROSEDUR ISO PADA SUB BAGIAN PERSONALIA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Main Article Content

Irving Delano Bunda

Abstract

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara sudah mendapatkan ISO (International Standardization Organization) tetapi prosedur yang terlaksana dalam pengolahan data yang terjadi pada setiap proses pada setiap bidang dalam sekretariat Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Tarumanagara masih dilakukan secara manual. Tujuan dari perancangan sistem aplikasi untuk otomatisasi prosedur ISO pada sekretariat FTI Universitas Tarumanagara ini adalah untuk menyediakan fitur penyimpanan data kesekretariatan yang user friendly berupa pengajuan cuti dosen dan karyawan, kenaikan berkala dosen dan karyawan, dan pembuatan surat tugas yang menggunakan basis data serta meringankan tugas bagian personalia FTI Universitas Tarumanagara.

Proses perancangan program aplikasi ini menggunakan metode SDLC dengan pendekatan Waterfall. Model Waterfall adalah pendekatan yang sistematik, sekuensial untuk pengembangan perangkat lunak yang dimulai dari level sistem dan berlanjut hingga analisis, desain (perancangan), pemrograman, testing dan support. Hasil pengujian pada sistem aplikasi untuk Otomatisasi Prosedur ISO pada Sekretariat Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara ini bertujuan untuk menguji modul - modul yang dibuat berjalan dengan baik atau tidak dan sesuai dengan fungsi yang telah dirancang sebelumnya. Pengujian terhadap data dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah sistem aplikasi yang dirancang sudah sesuai dengan konsep  dasar rancangan.

 

Kata Kunci:

SDLC, Waterfall, ISO, personalia FTI Universitas Tarumanagara

Article Details

Section
Articles