PERANCANGAN KONTEN SEBAGAI SARANA PROMOSI MUSEUM TEKSTIL JAKARTA

Main Article Content

Sinta Paramita
Laura Lauw
Marilyn Alexande
Nerissa Arviana

Abstract

The museum is an institution whose function is to protect, develop, utilize collections, and communicate them to the public. The Textile Museum is a museum which was inaugurated by Mrs. Tien Suharto on June 28, 1976. The location of this research was the Jakarta Textile Museum. This study aims to promote the Textile Museum on social media. The Textile Museum has problems in communication, namely fewer teenage visitors tend to come and most of the visitors only come from school children who happen to get assignments. By looking at the problems faced by the Textile Museum, our team conducted the PKM Faculty of Communication Sciences, University of Tarumanagara to create a video content entitled "Explore in the Textile Museum Promotion are all kinds of forms of persuasive communication that aim and are designed to be able to inform customers about the products or services that surround them. publicity, advertising, and personal selling. The purpose of promotion is to capture the market, increase the volume in sales, increase awareness, create interest, generate sales, or create brand loyalty. This business communication has an understanding in which we can discuss a problem with colleagues. Digital marketing strategy is a strategy used by businesspeople to maximize the potential of digital marketing activities that have been implemented. This research is focused on a form of promotion on Instagram social media which aims to introduce the Textile Museum and the many activities that can be done when we visit the Textile Museum.


ABSTRAK


Museum merupakan sebuah lembaga yang berfungsi untuk melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, serta mengkomunikasikannya kepada masyarakat. Museum Tekstil merupakan sebuah museum yang diresmikan oleh Ibu Tien Suharto pada tanggal 28 Juni 1976. Lokasi penelitian ini dilakukan di Museum Tekstil Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mempromosikan Museum Tekstil di dalam media sosial. Museum Tekstil memiliki kendala dalam komunikasi yaitu pengunjung remaja cenderung lebih sedikit yang datang dan pengunjung kebanyakan hanya berasal dari anak – anak sekolah saja yang kebetulan mendapatkan tugas. Dengan melihat permasalahan yang dihadapi oleh Museum Tekstil, tim kami melakukan PKM Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara membuat sebuah konten video yang berjudul “Explore in Museum Tekstil Promosi” merupakan segala macam bentuk komunikasi persuasi yang bertujuan dan dirancang untuk bisa diinformasikan pelanggan mengenai produk atau jasa yang melingkupi publisitas, periklanan dan penjualan perorangan. Tujuan promosi adalah menangkap pasar, meningkatkan volume dalam penjualan, meningkatkan kesadaran, menciptakan minat, menghasilkan penjualan ataupun menciptakan loyalitas merek. Digital Marketing merupakan sebuah upaya aktivitas dalam pemasaran melalui media digital atau online. Biasanya media yang digunakan adalah melalui sebuah situs atau website, forum online, hingga yang paling populer adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan lain – lain. Strategi digital marketing merupakan sebuah strategi yang dipergunakan oleh para pelaku bisnis dalam memaksimalkan potensi aktivitas digital marketing yang sudah dilaksanakan. Penelitian ini difokuskan terhadap sebuah bentuk promosi di dalam media sosial Instagram yang bertujuan untuk memperkenalkan mengenai Museum Tekstil serta banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan di saat kita mengunjungi Museum Tekstil.

Article Details

How to Cite
Paramita, S., Lauw , L., Alexande , M., & Arviana , N. (2023). PERANCANGAN KONTEN SEBAGAI SARANA PROMOSI MUSEUM TEKSTIL JAKARTA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(1), 115–120. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i1.22762
Section
Articles
Author Biography

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

 

Sinta ID :62290

Scopus ID: 57220762148

 

 

References

Delicia, C., & Paramita, S. (2022). Konten Tiktok untuk Meningkatkan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Rude Basic dan Agate Deluxe). Koneksi, 6(1), 218–225. https://doi.org/10.24912/KN.V6I1.15768

Mahardika, E., Gilang, G., Aji, S. I. P., & Si, M. (2018). IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM PROMOSI PARIWISATA (STUDI KASUS PADA KOTA WISATA BATU). In Commercium (Vol. 1, Issue 2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26051

Satyadewi, A. J., Hafiar, H., & Nugraha, A. R. (2017). Pemilihan Akun Media Sosial INSTAGRAM oleh HOLIDAY INN Bandung. Jurnal The Messenger, 9(2), 153–162. https://doi.org/10.26623/THEMESSENGER.V9I2.459

Wijaya, D. T., TANUDJAJA, DR. B. B., & YUWONO, E. C. (2021). PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM EDUKASI SKOLIOSIS UNTUK ORANG TUA MASA KINI. Jurnal DKV Adiwarna, 1(18), 3. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/11347

Wuryanta, W. E. (n.d.). Digitalisasi Masyarakat: Menilik Kekuatan dan Kelemahan Dinamika Era Informasi Digital dan Masyarakat Informasi. 2. Retrieved May 31, 2020, from http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/163