PERAN GURU DALAM MEMBANGUN REPUTASI SEKOLAH MELALUI KOMUNIKASI ORGANISASI

Main Article Content

Sinta Paramita
Riris Loisa
Yugih Setyanto

Abstract

Problems related to organizational communication climate are still a severe problem in Indonesia. Cases related to conflict problems in various organizations occur at multiple levels, ranging from small organizations or institutions to rice, including educational institutions. By creating an atmosphere of an excellent organizational communication climate, educational services such as learning, and others can make the school's image and reputation. Therefore, the Fikom Untar PKM Team strives to help schools build a good reputation in organizational communication. The theme raised by the Fikom Untar PKM Team was "The Role of Teachers in Building School Reputation through Organizational Communication," which will be implemented at Lia Stephanie School, West Jakarta, which is considered to be able to help solve problems faced by schools. The method used in solving this problem is to map the problem and provide the right solution. The results obtained from these activities, the participants know and understand the understanding of internal communication principles, how to build a corporate image, and the elements of organizational culture, by increasing knowledge of organizational communication, it is hoped that a good organizational communication climate can be created.


ABSTRAK:

Masalah terkait iklim komunikasi organisasi masih menjadi persoalan yang serius di Indonesia. Kasus-kasus terkait masalah konflik dalam organisasi jamak terjadi di berbagai level baik organisasi atau institusi dalam cakupan kecil hingga beras termasuk institusi pendidikan seperti sekolah. Dengan menciptakan suasana iklim komunikasi organisasi yang baik, pelayanan pendidikan seperti pembelajaran dan lain-lain dapat menciptakan citra dan reputasi bagi sekolah tersebut. Oleh sebab itu Tim PKM Fikom Untar berupaya membantu sekolah dalam membangun reputasi yang baik dalam komunikasi organisasi. Tema yang diangkat oleh Tim PKM Fikom Untar adalah “Peran Guru Dalam Membangun Reputasi Sekolah Melalui Komunikasi Organisasi” yang akan dilakukan di Sekolah Lia Stephanie Jakarta Barat, dirasa dapat membantu dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi sekolah. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan masalah ini adalah dengan melakukan pemetaan permasalahan dan memberikan solusi yang tepat. Hasil yang diperoleh dari kegiatan tersebut peserta mengetahui dan memahami terkait pemahaman asas komunikasi internal, cara membangun citra organisasi, dan elemen budaya organisasi, dengan meningkatnya pemahaman terkait komunikasi organisasi diharapkan dapat menciptakan iklim komunikasi organisasi yang baik.

 

 

Article Details

How to Cite
PERAN GURU DALAM MEMBANGUN REPUTASI SEKOLAH MELALUI KOMUNIKASI ORGANISASI. (2021). Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9339
Section
Articles
Author Biography

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

 

Sinta ID :62290

Scopus ID: 57213420691

How to Cite

PERAN GURU DALAM MEMBANGUN REPUTASI SEKOLAH MELALUI KOMUNIKASI ORGANISASI. (2021). Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9339

References

Alfathan, I. H., & Saleh, A. (2018). Gaya Kepemimpinan dan Intensitas Komunikasi GPPT dengan Efektivitas Kelompok di Sekolah Peternakan Rakyat. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 2(3), 289. https://doi.org/10.29244/jskpm.2.3.289-300

Astuti, N. P., Arif, E., & Ningroem, E. R. (2019). Memahami Dialeksi Konflik Kerja Dan Pengalaman Komunikasi Karyawan Dalam Proses Resolusi Konflik Di Kantor Imigrasi Padang. JISPO : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(1), 297–313. https://doi.org/10.15575/jispo.v9i1.4638

Harivarman, D. (2017). Hambatan Komunikasi Internal di Organisasi Pemerintahan. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 508. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.171

Harsono, A. Y., & Farid, M. (2016). Analisis Gaya Kepemimpinan Dan Komunikasi Organisasi Antara Atasan-Bawahan Dalam Membangun Budaya Organisasi Di Lingkungan Sekretariat Dprd Kota Bengkulu. KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 328–343. https://doi.org/10.31947/KJIK.V4I3.630

Mahmud, S., Cangara, H., & Pulubuhu, D. A. T. (2019). Kegiatan Pr Pt Donggi Senoro Lng Kabupaten Banggai Dalam Menyelesaikan Konflik Sosial Pada Masyarakat Sekitar. KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 48–53. https://doi.org/10.31947/KAREBA.V7I1.5308

Panuju, R., & Narena, I. K. (2019). Jurnal komunikasi. Jurnal Komunikasi (Vol. 11). Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2297/3144

Paramita, S., & Carissa, M. R. (2018). Inter-Ethnic Communication Barriers in Pontianak City | Paramita | Jurnal The Messenger. Jurnal The Messenger, 10(1), 54–62. https://doi.org/10.26623/themessenger.v10i1.550

Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2018). Pelatihan Pengelolaan Konflik Organisasi Akibat Media Sosial Bagi Karang Taruna di Desa Ciburial, Bandung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 67–72. https://doi.org/10.30653/002.201831.45

Rasyid, A., Saleh, A., Cangara, H., & Priatna, W. B. (2015). Komunikasi dalam CSR Perusahaan: Pemberdayaan Masyarakat dan Membangun Citra Positif. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 31(2), 507. https://doi.org/10.29313/mimbar.v31i2.1564

Sidauruk, P. L. (2013). Analysis of Vertical Communication Organization Barriers in. Jurnal Penelitian Pos Dan Informatika, 3(2), 133–164.

Tamara, J., & Setyanto, Y. (2018). Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Jamu (Studi pada Suwe Ora Jamu Kedai Jamu & Kopi) | Tamara | Prologia. Retrieved December 1, 2019, from https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3715/2155

Yayu, N., Anisti, A., Hidayat, D., & Suhadi, M. (2019). Pendekatan intercultural communication pada public relations PT Santos dalam membangun komunikasi empati. PRofesi Humas, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.24198/PRH.V4I1.18626

Ruliana, Poppy. (2018). Komunikasi organisasi Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Rajawali

Tamburian, HH. Daniel. (2015). Interpretasi Tagar #Savehajilulung Di Kalangan Netizen Pengguna Twitter. Vol 7, No:1 (2015), hal 81-97. Diakses di:

http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/9/30

Wahid, Umaimah dan Anggun Eka Puspita. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi. Vol 9, No:1 Juli (2017), hal 31-34. Diakses di:

http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/265/641

West, Richard & Lynn H. Turner. (2017). Pengantara Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Yayu, N., Anisti, A., Hidayat, D., & Suhadi, M. (2019). Pendekatan intercultural communication pada public relations PT Santos dalam membangun komunikasi empati. PRofesi Humas, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.24198/PRH.V4I1.18626

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.