PENDIDIKAN LITERASI ANAK MELALUI PROGRAM KOMUNIKASI CERIA BERCERITA DI SEKOLAH

Main Article Content

Sinta Paramita
Liora Laeticia
Joe Franco
Jason Cipto
Jeremia Matthew Kanaan Pardede
Jeff Nicholas

Abstract

ABSTRAK


Indonesia merupakan negara dengan salah satu tingkat literasi terendah di dunia. Meskipun ada kemajuan dalam beberapa tahun terakhir, tantangan masih banyak, seperti akses pendidikan yang tidak merata, kualitas pendidikan yang bervariasi, dan faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi kemampuan individu untuk mengakses bahan bacaan. Beberapa upaya telah dilakukan oleh pemerintah dan lembaga swasta untuk meningkatkan tingkat literasi, termasuk program-program membaca, pelatihan guru, dan penyediaan materi bacaan yang lebih bervariasi. Masyarakat juga semakin didorong untuk menyadari pentingnya literasi tidak hanya sebagai kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga sebagai keterampilan dasar dalam menghadapi informasi di dunia modern. Dalam rangka berkontribusi dalam meningkatkan minat literasi anak di Indonesia, mahasiswa dan Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara membentuk Program Ceria Bercerita. Program ini merupakan program perkuliahan Humaniora yang bertujuan untuk membantu masyarakat melalui program meningkatkan minat membaca anak-anak melalui metode yang interaktif dan menarik. Selain itu program ini juga berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang fokus kepada untuk program nomor 4 yaitu  Quality Education atau kualitas pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah KB TK Tarakanita 3 yang beralamat di  Jl. Juraganan 1, RT.8/RW.11, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pihak sekolah juga telah memberikan persetujuan dan bahkan ingin program ceria bercerita ini masuk ke dalam kurikulum pembelajaran mereka sebagai bagian dalam meningkatkan literasi anak-anak. Karya ilmiah ini disusun untuk memberikan gambaran umum mengenai berbagai kegiatan serta rencana yang telah ditetapkan pada Program Ceria Bercerita. Ketercapaian dari kegiatan ini adalah dapat mendapat masukan dan saran dalam mengembankan materi pembelajaran di sekolah KB TK Tarakanita.

Article Details

How to Cite
Paramita, S., Liora Laeticia, Joe Franco, Jason Cipto, Jeremia Matthew Kanaan Pardede, & Jeff Nicholas. (2025). PENDIDIKAN LITERASI ANAK MELALUI PROGRAM KOMUNIKASI CERIA BERCERITA DI SEKOLAH. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(3), 685–690. https://doi.org/10.24912/jbmi.v7i3.32775
Section
Articles
Author Biography

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

 

Sinta ID :62290

Scopus ID: 57220762148

 

 

References

Agustian, M., & Marantika, A. M. (2022). Meningkatkan Literasi Dasar Siswa Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Umpan Balik Dan Bacaan Berbasis Budaya. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i1.18302

Anam, K. (2023). Paling Rendah di ASEAN, Tingkat Literasi Digital RI Cuma 62%. CNBCIndonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230214171553-37-413790/paling-rendah-di-asean-tingkat-literasi-digital-ri-cuma-62

Hakim, K., & Sukendro, G. G. (2022). Komparasi Literasi Informasi Generasi Baby Boomers dan Generasi X (Studi pada Pengguna Grup Whatsapp). Koneksi, 6(1), 167. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.15537

Indrasari, Y. (2024). UNESCO Sebut Minat Baca Orang Indonesia Masih Rendah. RRI.Co.Id. https://www.rri.co.id/daerah/649261/unesco-sebut-minat-baca-orang-indonesia-masih-rendah

Nuryana, Z., Suroyo, A., Nurcahyati, I., Setiawan, F., & Rahman, A. (2020). Literation movement for leading schools: Best practice and leadership power. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(1), 227. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20279

Oktavianti, R., & Paramita, S. (2020). Kegiatan Literasi Media Sosial Di Smp Katolik Abdi Siswa Ii Jakarta Barat. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7222

Paramita, S., Loisa, R., & Setyanto, Y. (2021). Peran Guru Dalam Membangun Reputasi Sekolah Melalui Komunikasi Organisasi. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9339

Wijayanti, S. H., Utami, N., Pratikto, A., & Pramono, H. (2020). MENGGERAKKAN LITERASI BACA-TULIS DI RUSUNAWA MUARA BARU PLUIT. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7234

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.