PENDIDIKAN LITERASI ANAK MELALUI PROGRAM KOMUNIKASI CERIA BERCERITA DI SEKOLAH
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Indonesia merupakan negara dengan salah satu tingkat literasi terendah di dunia. Meskipun ada kemajuan dalam beberapa tahun terakhir, tantangan masih banyak, seperti akses pendidikan yang tidak merata, kualitas pendidikan yang bervariasi, dan faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi kemampuan individu untuk mengakses bahan bacaan. Beberapa upaya telah dilakukan oleh pemerintah dan lembaga swasta untuk meningkatkan tingkat literasi, termasuk program-program membaca, pelatihan guru, dan penyediaan materi bacaan yang lebih bervariasi. Masyarakat juga semakin didorong untuk menyadari pentingnya literasi tidak hanya sebagai kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga sebagai keterampilan dasar dalam menghadapi informasi di dunia modern. Dalam rangka berkontribusi dalam meningkatkan minat literasi anak di Indonesia, mahasiswa dan Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara membentuk Program Ceria Bercerita. Program ini merupakan program perkuliahan Humaniora yang bertujuan untuk membantu masyarakat melalui program meningkatkan minat membaca anak-anak melalui metode yang interaktif dan menarik. Selain itu program ini juga berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang fokus kepada untuk program nomor 4 yaitu Quality Education atau kualitas pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah KB TK Tarakanita 3 yang beralamat di Jl. Juraganan 1, RT.8/RW.11, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pihak sekolah juga telah memberikan persetujuan dan bahkan ingin program ceria bercerita ini masuk ke dalam kurikulum pembelajaran mereka sebagai bagian dalam meningkatkan literasi anak-anak. Karya ilmiah ini disusun untuk memberikan gambaran umum mengenai berbagai kegiatan serta rencana yang telah ditetapkan pada Program Ceria Bercerita. Ketercapaian dari kegiatan ini adalah dapat mendapat masukan dan saran dalam mengembankan materi pembelajaran di sekolah KB TK Tarakanita.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Agustian, M., & Marantika, A. M. (2022). Meningkatkan Literasi Dasar Siswa Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Umpan Balik Dan Bacaan Berbasis Budaya. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i1.18302
Anam, K. (2023). Paling Rendah di ASEAN, Tingkat Literasi Digital RI Cuma 62%. CNBCIndonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230214171553-37-413790/paling-rendah-di-asean-tingkat-literasi-digital-ri-cuma-62
Hakim, K., & Sukendro, G. G. (2022). Komparasi Literasi Informasi Generasi Baby Boomers dan Generasi X (Studi pada Pengguna Grup Whatsapp). Koneksi, 6(1), 167. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.15537
Indrasari, Y. (2024). UNESCO Sebut Minat Baca Orang Indonesia Masih Rendah. RRI.Co.Id. https://www.rri.co.id/daerah/649261/unesco-sebut-minat-baca-orang-indonesia-masih-rendah
Nuryana, Z., Suroyo, A., Nurcahyati, I., Setiawan, F., & Rahman, A. (2020). Literation movement for leading schools: Best practice and leadership power. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(1), 227. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20279
Oktavianti, R., & Paramita, S. (2020). Kegiatan Literasi Media Sosial Di Smp Katolik Abdi Siswa Ii Jakarta Barat. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7222
Paramita, S., Loisa, R., & Setyanto, Y. (2021). Peran Guru Dalam Membangun Reputasi Sekolah Melalui Komunikasi Organisasi. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9339
Wijayanti, S. H., Utami, N., Pratikto, A., & Pramono, H. (2020). MENGGERAKKAN LITERASI BACA-TULIS DI RUSUNAWA MUARA BARU PLUIT. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7234