PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN INSTAGRAM MITRA KEBAB MONSTER DI KEMANGGISAN, DKI JAKARTA

Main Article Content

Michelle Augustine
Fajar Saputra
Kevin Adhi Dhamma Setiawan
Akbar Bimadi
Vindi Jessika Sampe
Hetty Karunia Tunjungsari

Abstract

Kebab Monster is a dish partner that was established in 2015 in Kemanggisan, West Jakarta, and specializes in the form of kebabs. This partner has a center located in Kemanggisan, West Jakarta, and has branches spread across the Greater Jakarta area. One of the branches is the Kebab Monster branch next to the UNTAR campus. There are 2 variants of the kebab: monster and super monster, both are unique. Nevertheless, there are ups and downs that prevent all businesses from running smoothly. Decreased sales from the Kebab Monster partner branch next to the UNTAR campus, necessitates promotion on social media. Marketing by promoting on social media can have a significant impact on sales in the digital era. Also, using the current social media platforms that provide paid advertising services to promote products to social media users, the most prominent is Instagram. Promotion through social media can be considered effective because people nowadays stick around social media. The number of audiences reached by social media promotions is higher than promotions through brochures and cheaper than promotions from TV platforms. Therefore, the Community Service (PKM) team can assist the Kebab Monster branch next to the UNTAR campus through marketing using the promotion method from the Instagram application. The promotion method used is the design development through the descriptive observation, which later will be uploaded to the Instagram application feeds. The Instagram feed posts for the Kebab Monster branch next to the UNTAR campus which will be the output of this Community Service activity.


ABSTRAK:


Kebab Monster merupakan mitra makanan yang berdiri sejak 2015 di Kemanggisan, Jakarta Barat yang menyediakan makanan berupa kebab. Mitra ini memiliki pusat yang berada di Kemanggisan, Jakarta Barat, hingga sekarang memiliki cabang yang tersebar di daerah Jabodetabek. Salah satu cabang dari mitra ini adalah Kebab Monster cabang sebelah kampus UNTAR. Keunikan dari Kebab Monster ini adalah dengan adanya 2 varian kebab yaitu monster dan super monster. Namun, tidak semua bisnis mitra dapat berjalan mulus, tentu saja adanya lika-liku yang dihadapi. Penurunan penjualan dari mitra Kebab Monster cabang sebelah kampus UNTAR, yang membuatnya membutuhkan promosi di media sosial. Melakukan pemasaran dengan cara promosi di media sosial dapat berdampak besar pada penjualan di era digital ini. Selain itu, dengan adanya platform media sosial saat ini yang menyediakan layanan iklan berbayar untuk mempromosikan produk kepada pengguna media sosial tersebut, salah satunya adalah Instagram. Promosi melalui media sosial dapat dikatakan efektif dikarenakan masyarakat sekarang ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk melihat media sosial. Jumlah audiens yang dicapai dengan promosi melalui media sosial lebih banyak dibandingkan dengan promosi melalui brosur dan lebih murah dibandingkan dengan promosi dari platform TV. Maka dari itu, dengan adanya tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dapat membantu mitra Kebab Monster cabang sebelah kampus UNTAR melalui pemasaran menggunakan metode promosi dari aplikasi Instagram. Metode promosi yang dilakukan adalah pengembangan desain melalui pengamatan secara deskriptif yang nantinya akan dimasukkan pada feeds aplikasi Instagram. Posting-an feeds Instagram Kebab Monster cabang sebelah kampus UNTAR yang akan menjadi keluaran dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini.

Article Details

How to Cite
Augustine, M., Saputra, F., Setiawan, K. A. D., Bimadi, A., Sampe, V. J., & Tunjungsari, H. K. (2023). PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN INSTAGRAM MITRA KEBAB MONSTER DI KEMANGGISAN, DKI JAKARTA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i3.22640
Section
Articles
Author Biographies

Michelle Augustine, Universitas Tarumanagara

Faculty of Information Systems

Fajar Saputra, Universitas Teknokrat Indonesia

Faculty of Information Systems

Kevin Adhi Dhamma Setiawan, Universitas Tarumanagara

Faculty of Information Systems

Akbar Bimadi, Universitas Udayana

Faculty of Engineering

Vindi Jessika Sampe, Universitas Cokroaminoto Palopo

Faculty of Computer Science

Hetty Karunia Tunjungsari, Universitas Tarumanagara

 

References

Ayuni, Q., Cangara, H., & Arianto, A. (2019). The Influence of Digital Media Use on Sales Level of Culinary Package Product Among Female Entrepreneur. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(2).

Febriyan, F. (2018). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Awarenness Pada Produk Internasional (Studi Pada Komunitas Xiaomi Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Halim, A. (2020). Pengaruh pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten mamuju. GROWTH jurnal ilmiah ekonomi pembangunan, 1(2), 157-172.

Hertina, D., Hendiarto, S., & Wijaya, J. H. (2021). Dampak Covid-19 bagi umkm di Indonesia pada era new normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 110-116.

Hidayat, R. (2021). Strategi pengembangan umkm di masa pandemi covid-19. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Lidiastuti, S. I. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Food Blogger Terhadap Minat Beli Pengikut Akun Instagram @caferestodiary. Telkom University.

Limanseto, H. (2021, May 05). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Diakses dari https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Ramadhanty, P., & Malau, R. M. U. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Content Instagram@ kedaikopikulo terhadap Sikap Konsumen. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 1-15.

Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Cakrawala, 10(2), 107-122.

Romadhan, M. I., & Rusmana, D. S. A. (2017, October). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. In Prosiding Seminar Dan Call For Paper (Vol. 85, p. 90).

Santoso, A. P., Baihaqi, I., & Persada, S. F. (2017). Pengaruh konten post instagram terhadap online engagement: Studi kasus pada lima merek pakaian wanita. JURNAL TEKNIK ITS, 6(1), 217-221.

Septiani, J., Widaaattullah, H., Akbar, R., & Sudiarto, B. (2021, October). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK BISNIS ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 11(1), 33-64.

Wardani, S. (2017). Kebijakan perizinan pengembangan umkm sebagai upaya mewujudkan negara kesejahteraan di era liberalisasi ekonomi global. Prosiding Seminar Nasional “Perizinan sebagai Instrumen Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Era Industrialisasi (Citizen Friendly)”.