Jaringan Komunikasi Antara Pimpinan dan Karyawan dalam Menumbuhkan Komitmen Karyawan di PT. Digital Suplai Indonesia

Main Article Content

Sharleen Oktaviana
Widayatmoko Widayatmoko

Abstract

Setiap perusahaan pasti mempunyai jaringan komunikasi yang berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jaringan komunikasi antara pimpinan dan karyawan di PT Digital Suplai Indonesia. Jaringan komunikasi dapat dilihat dari komunikasi yang terjalin antara pimpinan dan karyawan. Dalam penelitian ini terlihat jaringan-jaringan aliran informasi dari satu orang ke orang lain. Penelitian ini juga menunjukkan orang-orang yang dominan dalam suatu kelompok organisasi. Teori yang digunakan adalah teori Abdullah Masmuh yang terdapat lima jaringan komunikasi yaitu lingkaran, roda, Y, rantai, dan semua saluran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam pada enam orang informan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi untuk melihat langsung komunikasi yang terjalin antara pimpinan dan karyawan. Selain itu juga ada dokumentasi berupa struktur perusahaan yang diteliti. Hasil penelitian di PT. Digital Suplai Indonesia menunjukkan terdapat dua jenis jaringan komunikasi yang terjadi yaitu jaringan bintang atau semua saluran dan jaringan roda.

Article Details

How to Cite
Oktaviana, S., & Widayatmoko, W. (2019). Jaringan Komunikasi Antara Pimpinan dan Karyawan dalam Menumbuhkan Komitmen Karyawan di PT. Digital Suplai Indonesia. Koneksi, 2(2), 556–561. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3936
Section
Articles
Author Biographies

Sharleen Oktaviana, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Widayatmoko Widayatmoko, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Masmuh, Abdullah. (2008). Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Teori Dan Praktek. Malang: UMM Press.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Ruslan, Rosady. (2017). Metode Penelitian: Public Relation & Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

West, R., & Lynn H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Humanika.

Wibowo. (2017). Perilaku Dalam Organisasi (Edisi Ketiga). Depok: PT RajaGrafindo Persada.