Pemanfaatan Platform TikTok dalam Strategi Komunikasi Politik pada Pilkada Purwakarta 2024 (Studi pada Akun @sahabataayofficial)
Main Article Content
Abstract
The rise of digital technology and the internet has brought about significant changes in many areas of life, including politics. One of the most noticeable changes is the use of social media as a forum for political communication. Information published on social media has the power to shape people's beliefs. TikTok is one social media site that is seen as strategically helpful for disseminating political messages. In the Purwakarta Pilkada context, using TikTok for political campaigning is new. Yadi Rusmayadi does this by using the @sahabataayofficial account. Given the many challenges that must be addressed in order to effectively express political topics, the appropriate strategy must be developed. The purpose of this study is to clarify Yadi Rusmayadi using the @sahabataayofficial TikTok platform, the Purwakarta Pilkada campaign has a political communication plan. This study combined a qualitative-descriptive methodology with a case study approach. Data was collected by observing TikTok content uploaded during the campaign time and conducting in-depth interviews with Yadi Rusmayadi and the winning team. The results of the study led to the creation of a political communication plan by Yadi Rusmayadi and the successful social media campaign by @sahabataayofficial, the team that won a political campaign on TikTok.
Perkembangan teknologi digital dan internet telah menciptakan perubahan yang signifikan dalam berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya dalam dunia politik. Satu di antara fenomena yang mencuri perhatian pada saat ini adalah penggunaan media sosial sebagai instrumen untuk komunikasi politik. Media sosial memiliki kemampuan untuk memengaruhi pandangan masyarakat melalui informasi yang disampaikan. TikTok menjadi salah satu media sosial yang dinilai strategis dalam menyampaikan pesan politik. Dalam konteks Pilkada Purwakarta, penggunaan TikTok untuk kampanye politik merupakan hal baru dan Yadi Rusmayadi memanfaatkan TikTok melalui akun @sahabataayofficial untuk berkampanye. Mengingat berbagaib macam tantangan yang ada, perlu merancang strategi yang tepat agar pesan politik dapat tersampaikan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeksripsikan strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh Yadi Rusmayadi melalui platform TikTok @sahabataayofficial pada kampanye Pilkada Purwakarta. Pendekatan kualitatif-deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan Yadi Rusmayadi dan tim pemenangan serta observasi terhadap konten TikTok yang diunggah selama masa kampanye. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa strategi komunikasi politik yang diterapkan oleh Yadi Rusmayadi dan tim pemenangan pada saat melakukan kampanye politik di TikTok @sahabataayofficial berhasil menciptakan kampanye yang strategis di media sosial.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Amrullah, A., Umar, U., & Suharli, L. (2023). Pengaruh Strategi Komunikasi Politik terhadap Partisipasi Politik Masyarakat dengan Perilaku Pemilih sebagai Variabel Moderasi dalam Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Barat Tahun 2018 di Kota Sumbawa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 2922–2930. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1984
Arifin, A. (2011). Komunikasi Politik: Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan, Strategi, dan Komunikasi Politik Indonesia (2nd ed., Vol. 1). Graha Ilmu.
Cangara, H. (2016). Definisi Komunikasi. In Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (p. 30). Rajawali Pers.
Chano, T. M., & Paramita, S. (2019). Transformasi Komunikasi Politik Melalui Media Sosial Instagram (Studi terhadap Akun @karyaadalahdoa). Koneksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 176–181.
Khalyubi, W., Bangun, C. D., Ardiyansyah, F., & Romadhona, M. R. (2021). Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Kampanye dan Partisipasi Digital dalam Pilkada Kota Depok Tahun 2020. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 3(2), 87–102. https://doi.org/10.47650/jglp.v3i2.241
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purwakarta. (2023). SK KPU - Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kab. Purwakarta. jdih.kpu.go.id
Pardianti, M. S., Valiant, V., Sos, S., & Ikom, M. (2022). PENGELOLAAN KONTEN TIKTOK SEBAGAI MEDIA INFORMASI. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2022(2).
Putri, I., Dendi, Syukerti, nanda, Iman Mulyadi, A., & Maulana, I. (2022). MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PERGESERAN INTERAKSI SOSIAL REMAJA. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 2(2), 1.
Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DIKALANGAN PELAJAR DI KABUPATEN BOGOR. Sosiohumaniora, 20(2). https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i2.13965
Ratni Hardiana, Mazdalifah, & Asmara, S. (2022). Proses Komunikasi Tim Program Kelurahan Bersinar Dalam Pencegahan Narkoba Di Kelurahan Tanah Seribu Binjai. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 66–75. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i1.476
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wahyuningsih, S. (2014). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. UTM Press.
We Are Social. (2024). Digital 2024 Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia