Tedak Sebagai Ungkapan Ekspresi Diri

Maria Cynthia Novyanna
| Abstract views: 154

Abstract

Tedak adalah tato khas suku Dayak yang ditafsirkan sebagai budaya sakral dan memiliki ritual khusus sebelum proses pembuatannya. Budaya didefinisikan sebagai urutan pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai, sikap, makna dan warisan dari generasi ke generasi, melalui individu dan kelompok. Budaya Tedak diwariskan dari generasi ke generasi. Di era modern, Tedak tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang sakral dan telah digunakan sebagai komunikasi non verbal kepada orang lain dan lingkungan. Tedak juga digunakan sebagai sarana ekspresi, penghidupan dan pembentukan identitas. Dari fenomena diatas penulis bermaksud mendeskripsikan Tedak sebagai ungkapan diri, menggunakan metode kualitatif fenomenologi. Penulis berusaha untuk mengetahui bagaimana Tedak sebagai ungkapan diri. Hasil pengamatan dalam penelitian ini adalah perubahan Tedak yang dalam aspek motif, fungsi, sifat, dan alat yang digunakan. Dalam gaya hidup modern dan kecanggihan teknologi, seniman tato tidak mengubah teknik membuat tato. Seniman tato berusaha memberikan jasa tato menggunakan alat tradisional sebagai budaya lokal agar tidak punah.

Keywords

Tato, Makna, Identitas, Komunikasi Non Verbal

References

Bungin, Burhan. (2009). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Pranada Media Group.

Moleong, L.J. (2010) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Samovar, Larry A.., & Edwin R Mc Daniel, Richard E. Porter. (2010) Komunikasi Lintas Budaya (Communication Between Culture), Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiono. (2012) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukendro, Genep. (2012). Tinjauan Kritis Simbol-simbol Budaya Nias dalam Iklan Produk Minuman Berenergi (Studi Kasus Iklan Bermuatan Nilai Lokal Produk Kuku Bima Ener-G Versi “Ayo Wisata ke Sumatera” PT. Sido Muncul), Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Indrianto, Nur., dan Supomo, Bambang. (2003). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Yogyakarta: BPFE.

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.