Studi Strategi Pengembangan Kredit Pada Usaha Mikro,Kecil, Dan Menengah Oleh Bank Bumn Di Daerah Cikarang-Jawa Barat Kasus Bank Bri

Hans Adrian
| Abstract views: 49 | views: 68

Abstract

Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia sekitar 54-57% Produk Domestik Bruto Indonesia berasal dari sektor  ini. Terlepas dari manfaatnya dalam  mengurangi tingkat pengangguran, UMKM  juga telah  berhasil membuktikan kekuatannya terhadap dampak krisis moneter yang  terjadi pada  tahun 1998. Cikarang dikenal sebagai salah  satu kawasan  industri Indonesia sedangkan pelaku bisnis membangun banyak perusahaan besar dan  pabrik di sana. Efisiensi organisasi besar  ini dalam menjalankan bisnisnya sangat dipengaruhi oleh kemampuan UMKM sebagai pemasok  untuk menyediakan bahan yang dibutuhkan, sementara kemampuan UMKM dalam  mengelola bisnis mereka bergantung pada masalah  permodalan. Oleh karena itu, tesis ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan Kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah Cikarang-Jawa Barat, dan strategi yang dapat diterapkan  untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan  memanfaatkan bank milik negara sebagai salah  satu faktor pertumbuhan ekonomi. Sebagai Agen yang memberikan  kontribusi penting bagi perekonomian Indonesia.

Keywords

UMKM , Cikarang – Jawa Barat

Full Text:

PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.