Analisis dampak ekuitas merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian: Studi kasus pada e-commerce Shopee di Jakarta dengan variabel mediasi persepsi harga
Main Article Content
Abstract
This study aims to analyze the impact of brand equity and brand trust on purchasing decisions, with price perception as a mediating variable, within e-commerce companies in Jakarta, focusing on the Shopee start-up. A quantitative method was employed and data were collected through a survey with a sample size of 210 Shopee buyers in Jakarta, using a questionnaire as the data collection instrument. Data analysis was conducted using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The findings indicate that brand equity and brand trust significantly influence purchasing decisions. Furthermore, price perception was found to be a significant mediating variable between brand equity and purchasing decisions, as well as between brand trust and purchasing decisions.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekuitas merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan membeli dengan mediasi variabel persepsi harga pada perusahaan e-commerce di Jakarta, dengan studi kasus pada start-up Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data dikumpulkan melalui survey dengan jumlah sampel 210 orang pembeli Shopee di Jakarta, menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Temuan penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan dalam membuat keputusan pembelian. Selain itu, persepsi harga terbukti menjadi variabel mediasi yang signifikan antara ekuitas merek dan keputusan membeli, serta antara kepercayaan merek dan keputusan membeli.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aaker, D. A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategis. Edisi 8. Alih bahasa: David Wijaya, dkk. Salemba Empat.
Aceria, Mega Putri. 2023. Pengaruh jual beli online e-commerce shopee terhadap minat beli saat pandemi covid-19 pada masyarakat milenial di kecamatan belitang. Journal of Management and Creative Business (JMCBUS)Vol.1, No.2April 2023e-ISSN:2962-1119; p-ISSN:2962-0856, Hal 01-18. View of Pengaruh Jual Beli Online E-Commerce Shopee Terhadap Minat Beli Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Milenial Di Kecamatan Belitang (jurnaluniv45sby.ac.id)
Alawiyah, T. (2023). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Pada Event Tanggal Kembar (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 5418-5426.
Arroisi, J., & Badi’, S. (2022). Konsep Harga Diri: Studi Komparasi Perspektif Psikologi Modern dan Islam. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 27(1), 89–106. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol27.iss1.art7
Benhardy, K., Hardiyansyah, H., Putranto, A., & Ronadi, M. (2020). Brand image and price perceptions impact on purchase intentions: mediating brand trust. Management Science Letters, 10(14), 3425-3432.
Chen, C.-C., & Yao, J.-Y. (2018). What drives impulse buying behaviors in a mobile auction? The perspective of the Stimulus-Organism-Response model. Telematics and Informatics, 35(5), 1249–1262. https://doi.org/10.1016/j.tele.2018.02.007
Danang Sunyoto. (2015). Strategi Pemasaran. Center for Academic.
Davcik, N. S., & Sharma, P. (2015). Impact of product differentiation, marketing investments and brand equity on pricing strategies: A brand level investigation. European Journal of Marketing, 49(5/6), 760-781.
Karim, I., Bahmid, N. A., & Nurjayanti, S. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Dinamika Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Bawang Merah Goreng. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika), 20(2), 136-169.
Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education.
Kotler, P., & Amstrong, Geri. (2014). Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas. Jilid 1. PT Gelora Aksara Pratama.
Lady, Lady, Sentoso, A., Junita, J., Jovianto, J., Rudiyanto, R., Liong, S., Kelvin, K., & Jacelyin, J. (2023). Penerapan strategi pemasaran digital pada usaha nasi lemak tanjung batu. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 299–310. https://doi.org/10.54082/jupin.163
M. Nur Rianto Al-Arif. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Alfabeta.
Mustika, M. (2019). Penerapan teknologi digital marketing untuk meningkatkan strategi pemasaran snack tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(2), 165–171. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352
Nasution, C. fadillah, & Kristaung, R. (2023). Pengaruh kepercayaan merek dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian online (studi kasus cosmetics brand mother of pearl). Ekonomi Digital, 1(2), 131–140. https://doi.org/10.55837/ed.v1i2.15
Pavlov, I. P. (2010). Conditioned reflexes: An investigation of the physiological activity of the cerebral cortex. Annals of Neurosciences, 17(3). https://doi.org/10.5214/ans.0972-7531.1017309
Princes, E. (2020). Analysis of purchase decision-making in different surroundings. In Understanding Digital Industry (pp. 121-124). Routledge.
Rahmawati, N. (2023). Analisis Pengaruh Brand, Harga, dan Prestise terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Sampit. Keizai, 4(1), 22. https://doi.org/10.56589/keizai.v4i1.286
Ramli, Y. (2020). Pengaruh Keputusan Pembelian Terhadap Kinerja Bisnis Industri Pupuk Organik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 211-222.
Reza, A., & Islam, M. M. (2021). COVID-19 and Islamic doctrine: service marketing opportunities to address mental health. International Journal of Islamic Marketing and Branding, 6(1), 1. https://doi.org/10.1504/IJIMB.2021.10040919
Schiffman dan Kanuk, 2015, Perilaku Konsumen, Edisi 7, Jakarta : Prentice Hall.
Silaban, P. H., & Silalahi, A. D. K. (2021). Mediasi variabel kredibilitas merek dalam menganalisis pengaruh electronic word of mouth (e-wom) terhadap evaluasi merek: sebuah studi kasus pada pengguna smartphone samsung di kota medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 329–338. https://doi.org/10.54367/jmb.v21i2.1418
Sofiati, S., & Anggraeni, I. S. K. (2021). Strategi memikat dan mempertahankan pelanggan melalui digital marketing dan aplikasi keuangan fintech warung jamu tradisional pada era pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Padma Sri Kreshna, 3(1).
Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan pemasaran online berbasis digital untuk meningkatkan penjualan bisnis online pada umkm di desa cicalengka kecamatan pagedangan kabupaten tangerang. Dedikasi Pkm, 2(3), 307-311.
Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh bauran promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Maybelline di kota Padang.
Syahtidar, N., & Suryawan, M. E. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Marketplace di Bekasi. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 3(1), 44-59.
Tjiptono, F. (2015). Brand Management & Strategi.
Vilda, G. W., Hufron, M., & Hatneny, A. I. (2020). Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Wisata dan Harga terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Pada Pengunjung Waterboom 88 Bululawang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 9(19).
Yunita, E. (2023). Pengaruh Iklan Tanggal Kembar Di Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pada Masyarakat Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 8(2).
Zolkepli, I. A., Mukhiar, S. N. S., & Tan, C. (2021). Mobile consumer behaviour on apps usage: The effects of perceived values, rating, and cost. Journal of Marketing Communications, 27(6), 571–593. https://doi.org/10.1080/13527266.2020.1749108