Analisis faktor yang memengaruhi keputusan pembelian sepeda United Bike selama pandemi Covid-19 (2019 - 2021)

Main Article Content

Lisa Andriani Halim
Riris Loisa

Abstract

Cycling became very popular during the pandemic in 2019-2021, and lots of people of various ages bought bicycles during this time. This research is for analyzing the factors that influence all of the bicycle purchasing decisions during the pandemic. The research methodology used in this study is descriptive quantitative, which was collected from 131 respondents, through an online questionnaire distributed by Google Form, using a purposive sampling technique. This research will be analyzed using Partial Least Square methodology (PLS-SEM). The findings of this study indicate that brand image and price exert a favorable and meaningful influence on the consumer’s decision to purchase United Bike’s bicycle products. According to the study, the United Bike’s management and marketing department should focus on enhancing their product innovation and promotional efforts. This is necessary to uphold the brand image and pricing, which will ultimately lead to customer satisfaction with the product.


Bersepeda menjadi sangat popular selama pandemi Covid-19 berlangsung di tahun 2019-2021 dan banyak orang dari berbagai umur membeli sepeda pada masa itu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian sepeda selama periode pandemi berlangsung. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan melibatkan partisipasi dari 131 responden, dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online menggunakan Google Form, menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dianalisis menggunakan PLS-SEM. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa terdapat dua faktor independen, yaitu citra merek dan harga, dimana keduanya memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda di United Bike. Dari penelitian ini disarankan kepada manajemen dan tim pemasaran United Bike untuk lebih meningkatkan inovasi dan promosi produknya, daripada hanya menjaga merek dan harga, dengan itu maka konsumen merasa puas dengan produknya.

Article Details

How to Cite
Halim, L. A., & Loisa, R. (2023). Analisis faktor yang memengaruhi keputusan pembelian sepeda United Bike selama pandemi Covid-19 (2019 - 2021). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(5), 1113–1126. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i5.26511
Section
Articles
Author Biographies

Lisa Andriani Halim, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Riris Loisa, Universitas Tarumanagara

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Adlina, B. T., & Loisa, R. (2023). Strategi komunikasi pemasaran dalam membangun brand image lembaga sertifikasi profesi manajemen risiko. Prologia, 7(1), 44–51. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.15760

Akbar, M. F., & Haryoko, U. B. (2020). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap kepuasan pelanggan pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2), 280–286. https://doi.org/10.32493/jee.v2i2.4170

Budi, I. S., Octavia, A., & Sari, N. (2019). Pengaruh inovasi produk, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda Motor Honda Beat di Kota Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(2), 59–72. https://online-journal.unja.ac.id/jmbp/article/view/16948

Chayadi, S. A., Loisa, R., & Sudarto, S. (2021). Strategi marketing public relations Kopi Kenangan dalam membangun brand awareness. Prologia, 5(1), 175–183. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10112

Cohen, J. (1998). Statistical power analysis for the behavioural sciences (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.

Darsini, S. (2021). Tinjauan sosiologis trend bersepeda di tengah pandemi virus Corona. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.20961/habitus.v5i1.53526

Dharma, N. P. S. A., & Sukaatmaja, I. P. G. (2015). Pengaruh citra merek, kesadaran merek, dan kualitas produk terhadap keputusan membeli produk Apple. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(10), 3228–3255. https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/14527

Garaika, & Darmanah. (2019). Metodologi penelitian. CV. Hira Tech.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares: Konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Liu, S., Zhou, S., Guan, H., Zhang, Q. M., Qin, T., & Lin, J. (2023). Research on enterprise R&D strategy of product-service innovation guided by quality preference. Sustainability (Switzerland), 15(11), 9004. https://doi.org/10.3390/su15119004

Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J. F. A., & Rogi, M. H. (2021). Analisis faktor-faktor bauran pemasaran (4P) terhadap keputusan pembelian pada Rumah Makan Podomoro Poigar di era normal baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(2), 110–121. https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.33281

Maryana, S., & Permatasari, B. (2021). Pengaruh promosi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). TECHNOBIZ : International Journal of Business, 4(2), 62–69. https://doi.org/10.33365/tb.v4i2.1335

Narimawati, U. (2017). Structural equation modeling (SEM) berbasis kovarian dengan lisrel dan amos untuk riset skripsi, tesis, dan disertasi. Salemba Empat.

Park, Y., & Yi, Y. (2023). Morning deals make me feel smart: Consumer evaluations of online sales promotions differ by time of day. Journal of Retailing and Consumer Services, 73, 103381. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103381

Prasetiyo, A. R., & Andjarwati, A. L. (2021). Analisis gaya hidup hedonis, harga, dan kualitas produk serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepeda di era pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 990–1001. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p990-1001

Sander, F., Föhl, U., Walter, N., & Demmer, V. (2021). Green or social? An analysis of environmental and social sustainability advertising and its impact on brand personality, credibility and attitude. Journal of Brand Management, 28(4), 429–445. https://doi.org/10.1057/s41262-021-00236-8

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In Handbook of Market Research (pp. 1–40). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-1

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2004). Consumer behavior (8th ed.). Pearson Prentice-Hall.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian manajemen: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi (mixed methods), penelitian tindakan (action research), penelitian evaluasi (Setiyawarni (ed.)). Alfabeta.

Suhairi, Pasaribu, A. F., Wiranti, & Kurniawan, A. (2023). Pengaruh ketertarikan produk merk global dan merk lokal terhadap keputusan pembelian (Studi kasus mahasiswa UINSU). Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 3(1), 32–42. https://doi.org/10.53363/buss.v3i1.105

Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode riset kuantitatif: Teori dan aplikasi pada penelitian bidang manajemen dan ekonomi Islam. Prenadamedia Group.

Tim Harian Kompas. (2020, August 21). Melacak tren perburuan sepeda. Interaktif.Kompas.Id. https://interaktif.kompas.id/baca/melacak-tren-perburuan-sepeda/

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa: Prinsip, penerapan, dan penelitian. Andi.

Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran (4th ed.). Andi.

Yoepitasari, A. H., & Khasanah, I. (2018). Analisis pengaruh kualitas produk, promosi dan desain produk terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen sepeda motor matic merek Yamaha Mio di Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 15(1), 55–69. https://doi.org/10.14710/jsmo.v15i1.21246