PEMBUATAN GAMBAR SKETSA DAN 3-DIMENSI (3D) DESAIN GEDUNG KARYA PASTURAN ST. FRANSISKUS XAVERIUS, PAROKI TANJUNG PRIOK, JAKARTA
Main Article Content
Abstract
Gedung karya pasturan merupakan tempat tinggal atau rumah bagi para pastor yang berperan sebagai pemimpin rohani dalam komunitas gereja. Sebagai tempat yang digunakan oleh para pastor untuk melakukan kegiatan sehari-hari, meditasi, serta ruang serba guna, sebuah pasturan harus didesain dengan mempertimbangkan kenyamanan, fungsionalitas, dan aspek spiritual. Salah satu gereja yang memerlukan desain ulang gedung karya pasturan adalah pasturan St. Fransiskus Xaverius. Gedung karya pasturan ini membutuhkan pembaruan desain yang tidak hanya modern dan fungsional, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai spiritual yang mendalam dan harmoni dengan lingkungan sekitar. Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mendukung desain baru gedung karya pasturan St. Fransiskus berupa pembuatan gambar sketsa perspektif dan gambar 3-dimensi (3D). Gambar tersebut akan dibuat berdasarkan hasil desain denah, tampak, dan potongan (DTP) yang sudah ada. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah menghasilkan gambar 3-dimensi (3D) desain gedung karya pasturan St. Fransiskus agar mudah dipahami oleh panitia pembangunan gereja, umat dan para donatur yang akan memberikan dananya untuk pembangunan gedung karya pasturan tersebut.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Abdullah, A. (2020, 05 30). 31 Contoh Gambar 3 Dimensi dengan Pensil yang Menipu Mata. Retrieved 03 31, 2024, from informazone.com: https://informazone.com/contoh-gambar-3-dimensi/
Azkiarsitek. (2012, April). Kisho Kurokawa. Retrieved from https://azkiarsitek.wordpress.com/2012/04/10/kisho-kurokawa/
Barney, N., & Sheldon, R. (2022, November). https://www.techtarget.com/. Retrieved Januari 26, 2024, from Definition 3D (three dimensions or three dimensional): https://www.techtarget.com/whatis/definition/3-D-three-dimensions-or-three-dimensional
Fadjrie, M., Darmawan, S., & Maharani, M. (2018). Penerapan Metode Fotogrametri Jarak Dekat Kombinasi Data Unmanned Aerial Vehicle Untuk Pembuatan Model 3D. Seminar Nasional ITENAS (pp. D.10-D.16). Bandung: Institut Teknologi Nasional. Retrieved from https://eprints.itenas.ac.id/262/1/D-3%20Penerapan%20Metode%20Fotogrametri.pdf
Hashina, N. H. (2024, 01 11). Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi, Jenis, Fungsi, dan Contohnya. Retrieved 03 31, 2024, from tirto.id: https://tirto.id/contoh-karya-seni-rupa-3-dimensi-jenis-pengertian-dan-fungsi-gf8g
Mulia, D., & Handayani, H. H. (2014). Studi Fotogrametri Jarak Dekat dalam Pemodelan 3D dan Analisis Volume Objek. Journal of Geodesy and Geometris, 10(1), 32-39. Retrieved from https://iptek.its.ac.id/index.php/geoid/article/view/687/422
Senibudayaku. (2020, 12). Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi, Jenis, Fungsi, beserta Contohnya. Retrieved 03 31, 2024, from www.senibudayaku.com: https://www.senibudayaku.com/2020/12/pengertian-seni-rupa-3-dimensi.html
Trisno, R., & Lianto, F. (2021). Lao Tze and Confucius' philosophies influenced the designs of Kisho Kurokawa and Tadao Ando. City, Territory and Architecture, 8(8), 1-11. doi: 10.1186/s40410-021-00138-x
Trisno, R., Claudia, K., & Lianto, F. (2020). Spiritual Architecture in the Context of Java. SVS e-journal, 7(3), 40-48. Retrieved from https://isvshome.com/pdf/ISVS_7-3/ISVS_ej_7.3.4_Fermanto_Final2.pdf
Trisno, R., Lianto, F., & Rilatupa, J. (2019). Perwujudan Rancang Bentuk Gedung dengan Konsep Hybrid pada Kantor Rukun Warga 015 Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 29-38. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Fermanto-Lianto/publication/345010680_PERWUJUDAN_RANCANG_BENTUK_GEDUNG_DENGAN_KONSEP_HYBRID_PADA_KANTOR_RUKUN_WARGA_015_KELURAHAN_PLUIT_KECAMATAN_PENJARINGAN/links/5ff39bb245851553a01db806/PERWUJUDAN-RANCANG-BENTUK-GED
Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (Ar) untuk Pengenalan Aksara Jawa pada Anak. Jurnal Teknologi, 8(2), 104-111. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1119/904

