SOSIALISASI KEBERSIHAN LINGKUNGAN UNTUK ANAK MELALUI BUKU AKTIVITAS DI PROKLIM LESTARI PEKAYON BEKASI

Main Article Content

Agus Danarto
Amalia Setyowulan
Venesia Callista
Klara Felicia

Abstract

Kebersihan lingkungan merupakan aspek penting dalam kehidupan, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam tahap pembentukan kebiasaan. Namun, banyak anak usia 6–9 tahun belum memiliki kesadaran yang cukup tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Pola pembelajaran yang monoton serta penyampaian informasi yang tidak sesuai sering kali membuat mereka kurang tertarik dalam memahami konsep kebersihan. Oleh karena itu, diperlukan strategi komunikasi visual yang efektif untuk anak-anak usia 6-9tahun agar mereka lebih mudah memahami serta menerapkan kebiasaan menjaga kebersihan sejak dini. Pada usia ini, anak berada dalam masa perkembangan kognitif operasional konkret, sehingga penyampaian informasi melalui media visual seperti poster infografis perlu dirancang secara tepat agar pesan edukatif dapat tersampaikan secara optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan tentang prinsip dasar desain infografis yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini, mulai dari pemilihan warna, tipografi, ilustrasi, hingga penyusunan informasi yang sederhana namun bermakna. Metode pelaksanaan meliputi penyuluhan interaktif, workshop praktik pembuatan poster, serta evaluasi hasil karya peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai pentingnya komunikasi visual yang terstruktur dan ramah anak. Poster infografis yang dihasilkan peserta menunjukkan perkembangan signifikan dari segi kejelasan pesan, estetika, dan daya tarik visual. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan mampu mendukung upaya edukasi lingkungan dan kesehatan secara lebih menarik dan efektif bagi anak usia dini melalui pendekatan desain komunikasi visual yang aplikatif

Article Details

How to Cite
Danarto, A., Amalia Setyowulan, Callista, V., & Felicia, K. (2025). SOSIALISASI KEBERSIHAN LINGKUNGAN UNTUK ANAK MELALUI BUKU AKTIVITAS DI PROKLIM LESTARI PEKAYON BEKASI. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 8(1), 218–226. https://doi.org/10.24912/jbmi.v8i1.34676
Section
Articles

References

Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Rajawali Pers.

Daryanto. (2016). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan

pembelajaran. Gava Media.

Farikha, Y. Y., & Agustanti, A. (2024). Strategi pengembangan literasi dini melalui bermain pada anak

usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal (ECIEJ), 4(1), https://

jurnal.stitihsanulfikri.ac.id/index.php/eciej/article/view/90/44

Hurlock, E. B. (2003). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan

(5th ed.). Erlangga.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia

Operasional Konkret 7‑12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al‑Adzka: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.

v9i1.3011

Kusumah, W. I. (2025). Optimalisasi desain visual pada poster untuk meningkatkan minat dan

pemahaman anak-anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 9114–9119. https://jptam.org/

index.php/jptam/article/view/26036/17834

Munandar, U. (2012). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.

Paramita, R., Harmawati, & Sa’diah, T. L. (2024). Analisis penggunaan media infografis dalam

pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 9(4), https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17825

Safira, A. R., & Wati, I. (2020). Pentingnya pendidikan lingkungan sejak usia dini. Journal of

Industrial Engineering and Education Community (JIEEC). http://journal.umg.ac.id/

index.php/jieec

Suyanto, S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Departemen Pendidikan Nasional.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.