PENGEMBANGAN IMAJINASI DAN BAKAT ANAK MELALUI MEDIA LUKIS KANVAS PADA TOPI BUCKET

Main Article Content

Fivanda

Abstract

In 2023, the Covid-19 pandemic is still a polemic and affects the development of education, including in Indonesia. Offline learning activities have been implemented, but they are still not fully back to normal. Some activities, creativity and talent, interest outside of school lessons are still very limited. The age of 5-12 years is an age that still requires orientation, attitude, and learning that can stimulate the imagination and basic talents of children. Creativity in drawing provides freedom of imagination to develop feelings and skills that become a medium for children to play while learning more fun and interesting. The PKM team held another canvas painting workshop for Rumah Pagi Bahagia Foundation foster children in Bintaro, South Tangerang and intended for foster children aged 5-12 years. With painting media on bucket hats made of canvas and acrylic paint. The PKM team continuously collaborates with Rumah Pagi Bahagia Foundation partners. The workshop activity uses qualitative exploratory methods to get ideas for image reference ideas that are carried out offline. The activity began by providing material for introducing tools and types of canvas materials to be painted and providing examples of painting motifs on bucket hats. This workshop process is also supported by the preparation of video tutorial guides from the PKM team. One of the results of this painting workshop activity on a bucket hat is the development of children's creativity which can be seen from the results of different images according to the creations with the interests and desires of each foster child's imagination to paint the picture they like. Through this workshop activity, it is hoped that foster children can produce imaginative works of art for the development of children's creativity after the pandemic through different and unique media.


ABSTRAK:


Pada tahun 2023 pandemi Covid-19 masih menjadi polemik dan mempengaruhi perkembangan pendidikan termasuk di Indonesia. Kegiatan pembelajaran luring sudah diberlakukan, namun masih belum sepenuhnya kembali normal. Beberapa kegiatan kreativitas dan bakat minat di luar pelajaran di sekolah masih sangat terbatas. Usia 5-12 tahun merupakan usia yang masih membutuhkan orientasi sikap dan belajar yang dapat merangsang imajinasi dan bakat dasar anak. Kreativitas menggambar memberikan kebebasan imajinasi untuk mengembangkan perasaan dan keterampilan yang menjadi media anak untuk bermain sambil belajar yang lebih menyenangkan dan menarik. Tim PKM mengadakan kembali pelatihan melukis di atas kanvas untuk anak asuh Yayasan Rumah Pagi Bahagia di Bintaro, Tangerang Selatan dan ditujukan bagi anak asuh yang berusia 5-12 tahun. Dengan media seni lukis pada topi bucket berbahan kanvas dan cat akrilik. Tim PKM secara berkelanjutan melakukan kerjasama dengan mitra Yayasan Rumah Pagi Bahagia. Kegiatan pelatihan menggunakan metode eksploratif kualitatif untuk mendapatkan ide gagasan referensi gambar yang dilakukan secara luring. Kegiatan diawali dengan memberikan materi pengenalan alat dan jenis bahan kanvas yang akan dilukis serta memberikan contoh motif lukisan pada topi bucket. Proses pelatihan ini juga didukung dengan penyusunan panduan video tutorial dari tim PKM. Hasil dari kegiatan pelatihan melukis di atas topi bucket ini salah satunya adalah pengembangan kreativitas anak yang terlihat dari hasil gambar yang berbeda-beda sesuai dengan kreasi dengan minat dan keinginan dari masing-masing imajinasi anak asuh untuk melukis gambar yang disukai. Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan anak asuh dapat menghasilkan karya-karya seni imajinatif untuk pengembangan kreativitas anak pasca pandemi melalui media yang berbeda dan unik

Article Details

How to Cite
Fivanda. (2023). PENGEMBANGAN IMAJINASI DAN BAKAT ANAK MELALUI MEDIA LUKIS KANVAS PADA TOPI BUCKET. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(1), 174–182. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i1.25850
Section
Articles

References

Dewi, H.I., Zulfitria. (2019). Pelatihan Visual Art Untuk Stimulus Kreativitas Anak-Anak Sekolah Dasar di Rangkapan Jaya Baru Pancoran Mas Kota Depok. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Jakarta: 24 September 2019. 1-5.

Fivanda, F. (2021). Pelatihan Dasar Merajut untuk Anak Asuh Yayasan Rumah Pagi Bahagia di Bintaro. Prosiding Seri Seminar Nasional (SERINA III) Universitas Tarumanagara. Jakarta: 02 Desember 2021. 1205-1211.

Fivanda, F. (2022). Peningkatan Ketrampilan Kriya Melalui Pelatihan Amigurumi Bagi Generasi Milenial. Prosiding Seri Seminar Nasional Universitas Tarumanagara (SERINA IV). Jakarta: 20 April 2022. 845-852.

Fivanda, F. (2022). Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis Diatas Kanvas di Masa Pandemi. Jurnal Serina Abdimas, 1(1). 354-361.

Garnadi, Y.M. (2017). Melukis di Atas Media Tekstil. Penerbit Gramedia.

Handayani, R.T. (2021, Juni 06). 7 Manfaat Menggambar untuk Anak. Salah Satunya Meningkatkan Imajinasi. Diakses dari https://bangka.sonora.id/read/502728252/7-manfaat-menggambar-untuk-anak-salah-satunya-meningkatkan-imajinasi?page=all.

Huda, K., Munastiwi, E. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2). 80-87.

Munthe, R. T. J., Rahadi. D. R. (2021). Inovasi dan Kreatifitas UMKM di Masa Pandemi (Studi Kasus di Kabupaten Bekasi). Jurnal Magisma, IX(1). 44-52.

Mukti, C.V., Rosita, D., Sakinah, A., Apriyanti, D. (2021). Upaya Peningkatan Kreativitas Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Pelatihan Seni Lukis. Jurnal DEDIKASI, 1(2). 443-448.

Putra, I.W.D., Yanthi, N.N.S., (2020). Melukis Masker (Bekreasi Dalam Pandemi). Jurnal SEGARA WIDYA, 8(2). 127-133.