PENGAPLIKASIAN SENI MELALUI MURAL EDUKASI SEBAGAI SUMBER PENGETAHUAN TERHADAP MASYARAKAT DI KELURAHAN KUTAWARU KABUPATEN CILACAP

Main Article Content

Fendi Geral Nuari
Yayan Suherlan
Desy Nurcahyanti

Abstract

Knowledge is the most important parent part owned by each individual to provide understanding and information
services through the five senses that will be conveyed. In general, the community's assessment of mural art, apart
from being a medium for social criticism, is certainly an aesthetic tool that develops as an information medium. The
purpose of the educational mural in Kutawaru Village, Central Cilacap Subdistrict, Cilacap Regency is that in
addition to providing benefits to the environment for healthy living, it can add creativity in understanding science
and insight to the community both from children, teenagers to parents. The phenomena that occur in today's
generation tend to be difficult to learn to understand even if they only see a glimpse and prefer to spend their time
playing games and activities that are less useful. The existence of educational murals is able to have a positive
impact on the community in Kutawaru Village so that it can be inspired to foster a sense of enthusiasm in learning
with the presence of mural art. The method that will be used in community service is using lecture, practice and
evaluation methods. The method begins with direct observation by students by visiting residents, schools, and the
Kutawaru Village office to find out the conditions and assist in the preparation of concepts that will be visualized
into mural art. The murals that will be visualized on the walls of residents with a size of 200 x 120 cm are 5 walls.
The implementation of these activities went well as planned, the community was enthusiastic about the educational
murals carried out by students and gave a positive response. The results of this service as a form of inspiration to
the community both from children, teenagers and parents so that they can be motivated to increase knowledge by
learning through educational murals


ABSTRAK
Pengetahuan merupakan bagian induk terpenting yang dimiliki oleh setiap individu untuk memberikan pemahaman
serta layanan informasi melalui panca indra yang akan disampaikan. Secara umum penilaian masyarakat terhadap
seni mural selain menjadi media kritik sosial tentu menjadi sarana estetika yang berkembang sebagai media
informasi. Tujuan dari mural edukasi di Kelurahan Kutawaru Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap yakni
selain memberikan manfaat terhadap lingkungan untuk hidup sehat, dapat menambah kreativitas dalam memahami
ilmu pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat baik dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang tua.
Fenomena-fenomena yang terjadi pada generasi masa sekarang cenderung sukar untuk belajar memahami walaupun
hanya melihat sekilas dan lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain game dan kegiatan yang kurang
bermanfaat. Adanya mural edukasi mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat di Kelurahan
Kutawaru sehingga dapat terinspirasi menumbuhkan rasa semangat dalam belajar dengan adanya seni mural.
Metode yang akan digunakan dalam pengabdian masyarakat adalah menggunakan metode ceramah, praktik serta
evaluasi. Metode tersebut diawali dengan pengamatan secara langsung oleh mahasiswa dengan cara mendatangi
warga, sekolah, hingga kantor Kelurahan Kutawaru untuk mengetahui kondisi dan membantu dalam penyusunan
konsep yang akan disosialisasikan ke dalam karya seni mural. Mural yang akan divisualisasikan ke dinding warga
dengan ukuran 200 x 120 cm berjumlah 5 dinding. Pelaksanan kegiatan tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan
yang direncanakan, masyarakat antusias terhadap mural edukasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan
memberikan respon positif. Hasil dari pengabdian ini sebagai wujud inspirasi terhadap masyarakat baik dari
kalangan anak-anak, remaja maupun orang tua supaya dapat termotivasi untuk menambah pengetahuan dengan cara
belajar melalui mural edukasi

Article Details

How to Cite
Nuari, F. G., Yayan Suherlan, & Desy Nurcahyanti. (2023). PENGAPLIKASIAN SENI MELALUI MURAL EDUKASI SEBAGAI SUMBER PENGETAHUAN TERHADAP MASYARAKAT DI KELURAHAN KUTAWARU KABUPATEN CILACAP. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(1), 83–90. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i1.23588
Section
Articles

References

Endriawan, Didit. Ageng M, Teddy. Sadono, Soni. (2017). Mural sebagai Media Pendidikan danPengabdian Mayarakat. Seminar Nasional Seni dan Desain:Membangun Tradisi Inovasi Melalui Riset Berbasis Praktik Seni dan Desain.

Husniah T, Nur. Noviana, Mafazah. (2020). Pendampingan Pembuatan Mural Sebagai UpayaPerbaikan Visual Kawasan Loa Buah, Samarinda. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.4 No.1 Hal 92 – 99. Jalunggono, Gentur & Destiningsih, Rian. (2018). Pemberdaya Masyarakat dan Dampak Ekonomi Pariisata Di Desa Wisata Kutawaru Kabupaten Cilacap. Jurnal. Dosen Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi. Universitas Tidar. Volume 3. No.2

Karyanto, Budi. Franky L, Meidy. & Hermawan, Adya. (2020). Mural Sebagai Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Kecamatan Karawanci, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Jurnal Aplikasi dan Inovasi Ipteks Soliditas. Vol. 3 No. 2

Mulyadi, Nurdin. (2019). Pengertian Pendidikan. Ma’some University : Bandung.

Tirta, Adika. & Prameswara, Arvino. dkk. (2012). Perkembangan Seni Mural Dari Masa Ke Masa (Meluasnya Seni Mural Indonesia). Makalah. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telom : Bandung.

Sukirno. (2009). Metode Pembelajaran Savi dalam Workshop untuk Siswa Sman Garum dan Sman Talun Kabupaten Blitar Jawa Tengah. Vol. 1 No. 1. Zaini, Moh. (2018). Pengetahuan dan Manusia (Hakikat dan Tujuan). Artikel. Institut Agama Islam Negeri Madura