PELATIHAN PEMBUATAN WADAH BERTEKSTUR ALAM MELALUI TEKNIK PRINTING UNTUK BINAAN RPTRA DHARMA SUCI, PLUIT

Main Article Content

Henny Hidajat
Aprilia K.Streit
Ika Resmika Andelina

Abstract

In order to boost creativity, imagination, color recognition and nature sensitivity of  children educated at RPTRA Dharma Suci, Pluit, as well as improving ideas to develop working program for its officers, DKV Faculty of Bunda Mulia University held a workshop "Making Natural Textured Folders through Printing Techniques'' introducing printing art for creating useful objects. Through this training, hoped that children would achieve better motivation to love nature, and applied nature into interesting works of art. This Community Service applies a workshop method in  activities, started by making stationery folders, leaf printing workshops, and finger print workshops describing animals and plants in a natural environment. Instructors explained understanding of art and design in general, printing techniques, color mixing, benefits, variety of leaves and importance of keeping the environment, especially plants, continued by demonstration of making stationery folders, leaf prints and fingerprints, followed by participants. Best printout is selected to be pasted to the finished stationery folders. As a result of the training, participants gained inspiration and ability to develop their creativity using printing techniques utilizing objects that were around them like leaves or even their own fingers with coloring material that were easy to find like crayons, watercolors or poster paints. They can use the printout as decoration of the stationery folders. For the officers, this workshop enriched their idea to develop a working program because it is easy to implement and apply simple materials and tools.


ABSTRAK


Guna mengasah kreativitas, imajinasi, pengenalan warna dan pemahaman anak-anak binaan RPTRA Dharma Suci, Pluit, serta meningkatkan materi binaan bagi pengurusnya, maka Prodi DKV Universitas Bunda Mulia mengadakan pelatihan bertema “Pembuatan Wadah Bertekstur Alam Melalui Teknik Printing” untuk memperkenalkan seni mencetak guna menghasilkan benda-benda bermanfaat. Melalui pelatihan ini diharapkan anak-anak binaan memiliki motivasi lebih baik untuk mencintai dan melestarikan alam, yaitu melalui gagasan bahwa tanaman dapat diabadikan dan diterapkan menjadi karya seni yang menarik. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini  menerapkan metode workshop luring yang terbagi tiga bagian, yaitu pembuatan wadah stationery, workshop cetak daun, dan workshop fingerprint mengangkat bentuk hewan dan tumbuhan di lingkungan alam. Pada setiap bagian, instruktur memberikan penjelasan materi, seperti pengertian seni dan desain secara umum, teknik cetak, pencampuran warna, manfaat dan ragam jenis warna, bentuk dan tekstur daun serta pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup terutama tumbuh-tumbuhan. Dilanjutkan penjelasan dan peragaan membuat wadah stationery maupun cetakan daun dan fingerprint yang langsung diikuti oleh partisipasi para peserta. Hasil cetak terbaik dipilih untuk ditempelkan pada wadah stationery yang sudah dibuat. Sebagai hasil pelatihan, para peserta memperoleh inspirasi dan kemampuan untuk mengembangkan kreativitasnya menggunakan teknik cetak memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar mereka seperti daun atau bahkan jari mereka sendiri dengan pewarna yang juga mudah ditemukan seperti krayon, cat air atau cat poster. Hasil cetaknya mereka manfaatkan sebagai dekorasi pada wadah stationery. Bagi para pengurus, workshop ini memperkaya gagasan dalam menyusun program kerja karena kegiatan ini mudah dilaksanakan dan menggunakan bahan serta alat yang sangat sederhana

Article Details

How to Cite
Henny Hidajat, Aprilia K.Streit, & Ika Resmika Andelina. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN WADAH BERTEKSTUR ALAM MELALUI TEKNIK PRINTING UNTUK BINAAN RPTRA DHARMA SUCI, PLUIT. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(1), 19–27. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i1.20770
Section
Articles

References

Istanto, R. (2015). Pendekatan Tematik Dalam Pembelajaran Seni Grafis Cetak Tinggi Bahan Alam : Imajinasi : Jurnal Seni, IX(2).

Munqidzah, Z., & Ustianingsih, L. (2018). Pelatihan Origami bagi Guru-Guru PAUD Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 3(1). https://doi.org/10.21067/jpm.v3i1.2665

Sitompul, T. A. (2022). PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL APLIKASI TEKNIK-TEKNIK SENI GRAFIS PADA PENCIPTAAN KARYA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR SELAMA MASA PANDEMI COVID 19. Acintya : Jurnal Penelitian Seni Budaya, 13(2). https://doi.org/10.33153/acy.v13i2.4144

Syakir, S. (2015). Ragam teknik dan kreasi sederhana dalam seni grafis cetak tinggi. Imajinasi, IX(2), 153–166. http://id.wikipedia.org/wiki/%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ imajinasi/article/view/8849

Yusuff, A. A., & Widyastuti, P. A. (2021). PELATIHAN KETERAMPILAN TANGAN MENGGUNAKAN MEDIA KAIN FLANEL ‘PENGENALAN JENIS BINATANG’ SEBAGAI PROSES KREATIF SISWA PAUD ANGGREK ROSALINA 011. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 7(2). https://doi.org/10.47007/abd.v7i2.3950

Zulherma, Lina, Novi Engla Sari, F. M. (2019). Penerapan Model Evaluasi Cipp Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Seni Grafis Stencil Print Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendiidikan Tambusai, 3(3).

Pamadhi, Hajar & Sukardi, Evan (2019). Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka, Jakarta

Santrock, John W. (2017). Educational Psychology (6th ed). McGraw Hill, NY

Kartono, Sugiarto, (2021). RPTRA Dharma Suci. www.dharmasuci.sch.id/?p=detberita&id=70. Diakses 20 Juli 2022