PELATIHAN MEMBUAT DESAIN IKLAN DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BAGI UMKM BINAAN ASPPUK

Main Article Content

Linda Wijayanti
Ronald Sukwadi
Wibawa Prasetya
Wilona Angelina Azels

Abstract

The perpetrators of MSMEs assisted by ASPPUK are mostly housewives who have side businesses making food products, beverages, weaving, batik, and other local traditional handicrafts. Some MSME actors do not have adequate education to manage an entrepreneur. Marketing is only done conventionally in the area, so most of the products are only sold in the local area. To develop this business, product promotion is needed to reach buyers to a wider area. The purpose of this training is to provide knowledge and marketing techniques to business actors, by designing digital advertisements for online promotion, so that MSME products can compete in markets throughout Indonesia. The training materials teach you how to design digital ads using the Canva app using a smartphone. Most of the MSME mothers who joined ASPPUK did not master the use of smartphones and were included in the technology-savvy community, so ASPPUK played a role as a companion for mothers in helping develop their businesses by providing training on entrepreneurship. The training is carried out online via the Zoom application. After the training, it was continued by creating a Whatsapp group consisting of mentors and training participants to ask questions for one month. In this training, pre-test and post-test questionnaires were made using google forms to be filled out by participants before and after the training. From the evaluation results, 100% of the training participants stated that the training materials would be useful in the future and 82.6% stated that the resource persons/facilitators brought materials that were easily understood by the participants.


ABSTRAK


Pelaku UMKM binaan ASPPUK sebagian besar adalah ibu rumah tangga yang memiliki usaha sampingan membuat produk makanan, minuman, tenun, batik, dan kerajinan tangan tradisional lokal lainnya. Sebagian pelaku UMKM tidak memiliki pendidikan yang memadai untuk mengelola sebuah wirausaha. Pemasaran hanya dilakukan secara konvensional di daerahnya, sehingga produknya sebagian besar hanya terjual di wilayah setempat. Untuk mengembangkan usaha tersebut diperlukan promosi produk agar dapat menjangkau pembeli ke wilayah yang lebih luas. Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan teknik pemasaran kepada pelaku usaha, dengan merancang iklan digital untuk promosi secara online, agar produk UMKM mampu bersaing menembus pasar di seluruh Indonesia. Materi pelatihan mengajarkan cara mendesain iklan digital menggunakan aplikasi Canva dengan memanfaatkan smartphone. Para ibu pelaku UMKM yang bergabung dengan ASPPUK sebagian besar kurang menguasai penggunaan smartphone dan termasuk dalam kelompok masyarakat yang gagap teknologi, sehingga ASPPUK berperan sebagai pendamping para ibu dalam membantu mengembangkan usaha dengan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan. Pelatihan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom. Setelah pelatihan dilanjutkan dengan membuat grup Whatsapp yang terdiri dari mentor dan peserta pelatihan untuk tanya jawab selama satu bulan. Pada pelatihan ini dibuat kuesioner pre-test dan post-test menggunakan google form untuk diisi oleh peserta sebelum dan setelah pelatihan. Dari hasil evaluasi, 100% peserta pelatihan menyatakan bahwa materi pelatihan akan berguna di kemudian hari dan 82,6% menyatakan narasumber/fasilitator membawakan materi yang mudah dipahami oleh peserta.


 

Article Details

How to Cite
Linda Wijayanti, Sukwadi, R., Prasetya, W., & Azels, W. A. (2022). PELATIHAN MEMBUAT DESAIN IKLAN DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BAGI UMKM BINAAN ASPPUK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 117–125. https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i2.18245
Section
Articles

References

Amijaya, S. Y., Seliari, T., Oentoro, K. (2020). “Pengembangan Strategi Pemasaran Dan Promosi Produk Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19”. Senadimas 5, Universitas Pendidikan Ganesha, 29 September 2020, 358-368.

Andri, Y. (2019). https://ekonomi.bisnis.com/read/20191213/12/1181057/ pengembangan-umkm-pemasaran-dan-promosi-masih-jadi-kendala, diunduh 20 Juni 2021.

Anjani, H.D., Irham, Waluyati, L.R. (2018). Relationship Of 7p Marketing Mix And Consumers’ Loyalty In Traditional Markets. Agro Ekonomi, 29(2), 261-273.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 61–76.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39–45.

Rifai, Z, Oktaviana, L.D. (2018). Pelatihan Aplikasi Teknis Online Marketplace Pada Sentra UMKM Banyumas Pratistha Harsa Untuk Pemasaran Produk Secara Online. Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 593-599.

Sholeh, M., Rachmawati, R.Y., Susanti. E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-435.