PELATIHAN PEMBUATAN TOKO ONLINE DALAM RANGKA MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN JUAL BELI DI ERA MILENIAL

Main Article Content

Muhammad Rifan

Abstract

Utilization of information technology or the Internet in the business world, especially marketing can expand the covered area of marketed product. One of the information technologies in the millennial era is the online shop. This technology can make it easier for business actors or shop owners to ease products and make it easier for consumers to get product information. However, there are limitations to the community's ability to carry out the online shop. For this reason, the State University of Jakarta provided training on development the online shop through a workshop on August 8, 2020. This activity is a form of community service as part of practicing the knowledge owned and provided regularly to the community. The methods used are lectures, question and answer, and practice the skills to create the online shop. The conclusion of this activity is that online shop creation training in order to improve buying and selling strategies in the millennial era carried out through training and practice can increase the knowledge and skills of participants with an increase in knowledge of 42%. All participants agreed that P2M was useful and had a positive impact on the participants' careers because the material, delivery, and implementation of activities were very relevant, according to expectations and the right time allocation. Training participants are expected to understand, know, practice and be able to manage online stores as well as possible in accordance with the theory and skills that have been given and exemplified by the resource persons


ABSTRAK

Pemanfaatan teknologi informasi atau internet yang bersifat global dalam dunia usaha khususnya pemasaran dapat memperluas penyebaran informasi produk yang dipasarkan. Salah satu teknologi informasi pada era milenial adalah toko online. Teknologi ini dapat memudahkan pelaku usaha atau pemilik toko dalam mempromosikan produk dan memudahkan konsumen dalam mendapatkan informasi produk. Namun demikian terdapat keterbatasan kemampuan masyarakat untuk mengimplementasikan toko online ini. Untuk itu, Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Toko Online melalui workshop pada tanggal 8 Agustus 2020. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian mengamalkan ilmu pengetahuan yang dimiliki serta diberikan secara berkesinambungan secara periodik kepada masyarakat. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan praktik keterampilan dalam pembuatan toko online. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pelatihan pembuatan toko online dalam rangka meningkatkan strategi jual beli di era milenial yang dilakukan melalui pelatihan dan praktik dapat menambah pengetahuan dan keterampilan peserta dengan peningkatan pengetahuan sebesar 42%.Seluruh peserta setuju bahwa P2M bermanfaat dan memberi dampak positif bagi karir peserta karena materi, penyampaian, dan pelaksanaan kegiatan sangat relevan, sesuai harapan dan alokasi waktu yang tepat. Peserta pelatihan diharapkan dapat memahami, mengetahui, mempraktikkan serta dapat mengelola toko online dengan sebaik mungkin sesuai dengan teori dan keterampilan yang telah diberikan dan dicontohkan oleh narasumber.

Article Details

How to Cite
Rifan, M. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN TOKO ONLINE DALAM RANGKA MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN JUAL BELI DI ERA MILENIAL. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.11823
Section
Articles

References

Antasari, D.W. (2019). Strategi Pemasaran Dan Pengembangan Bisnis Online (Studi Kasus Kediri). Revitalisasi : Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 151-158

Asosiasi penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2018). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018, Hasil Survei, https://www.apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018

Bank Indonesia. (2019). Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia (SE KI). https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/seki/Default.aspx

Fauziah, F, dkk (2019). Perkembangan Online Shop Di Media Sosial Untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Desa Pasir Madang Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jurnal BERDIKARI, 2(2), 48-53

Google&Temasek, (2018). e-Conomy SEA 2018, https://storage.googleapis.com/gweb-economy-sea.appspot.com/assets/pdf/e-Conomy_SEA_2018_report.pdf

Hanum, F. (2019). Bisnis Online Indonesia Menarik Minat Kalangan Muda. Jurnal Bisnis Corporate, 5(1), 450-460

Hestanto. (2016), Teori Online Shop Menurut Beberapa Ahli, https://www.hestanto.web.id/

Widya, A. T., Bachtiar, J. C. U., Rahmadyani, H., Rahardiyan, A., B. P, T. A., & Abadi, A. A. (2020). Dampak Bisnis Online Terhadap Sosial-Ekonomi Dan Karakteristik Ruang Dalam Rumah Tinggal Di Cibaduyut, Kota Bandung. Modul, 20(2), 98-110. https://doi.org/10.14710/mdl.20.2.2020.98-110