PELATIHAN APLIKASI MARKETPLACE BERBASIS MOBILE UNTUK KADER PKK KECAMATAN GAMBIR

Main Article Content

Engelin Shintadewi Julian
Kiki Prawiroredjo
Laser Narindro
Gunawan Tjahjadi

Abstract

The use of information technology (IT) and internet networks is considered to be able to meet human needs in various sector. This is evidenced by the increasing availability of applications to be a media for data and information transactions about business by mobile-based applications that is marketplace. One indicator of the success of achieving a country's development is determined by human resources which can improve with education and workshop, event through by formal and non-formal channels. Role of Faculty of Industrial Technology, Trisakti University as an academic institution has carried out one of the functions of Tri Dharma of Higher Education that is community service activities which partnership with Family Welfare Empowerment cadres of Gambir District. The aims of this activity is to tarin for using marketplace based on mobile application  to provide Family Welfare Empowerment cadres knowledge and skills to be able to promote and sell their products by online. These activity method uses are with seminar method for provide material about the introduction of the marketplace and workshop for use this application. From the results of this activity, it shows about participants satisfaction with score are 90 % and level of benefit of this training materials provided are 90%. The practical benefits form this training are to give knowledge for cadres for support the community to be able in improvement people's living standards


ABSTRAK:

Penerapan teknologi informasi (TI) dan jaringan internet dinilai dapat memenuhi kebutuhan manusia di berbagai bidang. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya ketersediaan aplikasi untuk dapat menjadi media transaksi data dan informasi tentang bisnis melalui aplikasi berbasis mobile berupa marketplace. Salah satu indikator keberhasilan pencapaian pembangunan suatu negara ditentukan oleh sumber daya manusia. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat melalui pendidikan dan keterampilan baik yang dijalankan melalui jalur formal maupun non formal. Pada kesempatan kali ini, Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti selaku institusi akademik telah melakukan salah satu fungsi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang bermitra dengan kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Gambir. Pada kegiatan PKM tersebut, berisikan tentang pelatihan untuk penggunaan aplikasi marketplace berbasis aplikasi mobile yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada kader PKK untuk dapat memasarkan dan menjual produk hasil karya masyarakat. Metode kegiatan PKM ini menggunakan metode seminar untuk pemberian materi tentang pengenalan marketplace dan pelatihan untuk menggunakan aplikasi tersebut. Dari hasil kegiatan PKM, menunjukan bahwa manfaat yang diberikan dari pelatihan tersebut, memperoleh nilai kepuasan dari peserta pelatihan sebesar 90 % dan tingkat kebermanfaatan materi pelatihan yang diberikan yaitu sebesar 90 %. Adapun manfaat praktis yang didapatkan dari pelatihan ini, diharapkan dapat menjadi modal bagi para kader PKK dalam memberdayakan peran serta masyarakat sekitar untuk dapat meningkatkan taraf  hidup masyarakat

Article Details

How to Cite
Julian, E. S., Prawiroredjo, K., Narindro, L., & Tjahjadi, G. (2021). PELATIHAN APLIKASI MARKETPLACE BERBASIS MOBILE UNTUK KADER PKK KECAMATAN GAMBIR. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.12735
Section
Articles

References

Udayana, A. (2013). E-commerce. https://adoc.pub/e-commerce-oleh-nama-ana-udayana-nim-kelas-e-commerce5si054.html.

Nemat, R. (2011). Taking a look at different types of e-commerce. World Appl. Program, 1, 100–104.

Kesumah, H., Alfatih, A., & Meilinda, N. (2019). Efektivitas iklan tokopedia versi ‘semua dimulai dari tokopedia’ pada media televisi (studi pada mahasiswa indo global mandiri. https://repository.unsri.ac.id/11457/.

Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik e-commerce 2019.

Ip. Insight. (2020). Peta e-commerce Indonesia. https://iprice.co.idinsights/mapo fecommerce.

Mujianto, A. H., Sucipto, H., Mashuri, C., Permadi, G. S., & Vitadiar, T. Z. (2020). Implementasi online market place pada industri rumahan di desa mojodanu ngusikan jombang. ABIDUMASY J. Pengabdi. Kpd. Masy., 1(1), 13–23. doi: 10.33752/abidumasy.v1i1.651.

Rahmatika, R., Dhika, H., & Isnain, N. (2020). Penerapan E-commerce pada kelompok PKK di Kelurahan Pabuaran – Cibinong. J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., 3(3), 218. doi: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.4614.

Shivani, G. (2012). E-commerce: security challenges & growth: an indian perspective. IJMRS’s Int. J. Manag. Sci.