SOSIALISASI DAN PELATIHAN PERPUSTAKAAN ONLINE DI SMP MA'ARIF 13 TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER

Main Article Content

Ega Bonansyah Utoyo
Fahrizal Maulana
Anisa Arizqina Fironika Fadilah
Anisa Dea Suryani
Ahmad Sulaiman
Nuryanto

Abstract

Schools are one of the places for the next generation of the nation to get and train numeracy literacy skills. However, some schools are constrained by supporting facilities to support the formation of students' literacy and numeracy skills, especially physical libraries. Online libraries are a solution to this problem but some teachers have difficulty in using online library applications. This online library socialisation and training aims to introduce and help teachers to understand how the online library application works and how to implement it in student activities in the teaching and learning process. This activity is one of the programmes carried out by the Campus Teaching Batch 4 Year 2022 team of the Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Republic of Indonesia. The implementation of socialisation and training activities as well as online library monitoring was held at SMP Ma'arif 13 Tempurejo, Jember Regency on 23 August 2022 to 23 September 2022. The implementation method used planning, implementation, and evaluation stages. After the implementation of the online library socialisation and training programme, 80% of the teachers have implemented and understood how this digital-based library application works, and 26% of the teachers have implemented the library application. Therefore, the implementation of socialisation and training of online library in SMP Ma'arif 13.


ABSTRAK


Sekolah salah satu tempat bagi generasi penerus bangsa untuk mendapatkan dan melatih kemampuan literasi numerasi. Namun, beberapa sekolah terkendala fasilitas penunjang untuk mendukung terbentuknya kemampuan literasi dan numerasi siswa khususnya perpustakaan secara fisik. Perpustakaan online merupakan solusi dari permasalahan tersebut tetapi beberapa guru mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi perpustakaan online. Sosialisasi dan pelatihan perpustakaan online ini bertujuan untuk mengenalkan serta membantu guru untuk memahami cara kerja aplikasi perpustakaan online dan cara mengimplementasikannya di dalam kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini satu program yang dijalankan oleh tim Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pelatihan serta monitoring perpustakaan online diadakan di SMP Ma’arif 13 Tempurejo Kabupaten Jember pada tanggal 23 Agustus 2022 hingga 23 September 2022. Metode pelaksanaan yang dilakukan menggunakan tahap perencanaan, pelaksanaan, serta tahap evaluasi kegiatan. Setelah pelaksanaan program sosialisasi dan pelatihan perpustakaan online dilakukan dapat dihasilkan sebanyak 80% guru sudah mengimplementasikan dan memahami cara kerja aplikasi perpustakaan berbasis digital ini, serta 26% para guru telah menerapkan aplikasi perpustakaan. Oleh karena itu, pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan perpustakaan online di SMP Ma’arif 13 Tempurejo Kabupaten Jember sudah sesuai hasil yang diharapkan dan dapat menjadi langkah baru dalam membantu sekolah memperbaiki kemampuan literasi dan numerasi siswa.

Article Details

How to Cite
Bonansyah Utoyo, E., Maulana, F., Arizqina Fironika Fadilah, A., Dea Suryani, A., Sulaiman, A., & Nuryanto. (2024). SOSIALISASI DAN PELATIHAN PERPUSTAKAAN ONLINE DI SMP MA’ARIF 13 TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(3), 544–554. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i3.26745
Section
Articles

References

Andri Nurcahyono, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19–29. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924

Anita, Z. dan Sardiarinto. 2015. PERANCANGAN sistem e-library berbasis web studi kasus : smp negeri 1 gamping. Konfrensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi. 1(1):218–224.

Barliam, U. C., S. Solekah, dan P. Rahayu. 2022. Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Educational and Language Research. 1(12):2105–2118.

Budihartanti, C., Tuslaela, dan E. N. Aeni. 2019. SISTEM informasi perpustakaan online (e-library) pada mts al maghfiroh pekayon. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer. 4(2):245–250.

Dantes, N. dan N. N. L. Handayani. 2021. Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(3):269–283.

Desriyeni dan E. Rahmah. 2020. Perpustakaan sekolah berbasis teknologi informasi melalui aplikasi senayan library management system di kabupaten pasaman. Abdi Humaniora. 2(2):44–55.

Erlianti, G. dan Ardoni. 2019. Urgensi literasi digital untuk generasi z: studi kasus smpn 4 palembayan, kabupaten agam. Nusantara Journal of Information and Library Studies. 2(2):189–204.

Indrayany, E. S., & Lestari, F. (2021). Penerapan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mandiri Siswa Kelas VII SMP pada Materi Perbandingan. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 2(2), 68–76. https://doi.org/10.53299/diksi.v2i2.115

Kaniawati, K., F. Munawar, dan A. Anwar. 2022. Penerapan sistem pembelajaran dan pustaka online menuju pendidikan yang modern di era industri 4.0 pada pesantren cileles, jatinangor. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan. 8(2):300–307.

Maryono, Y. dan I. Darwati. 2017. Perancangan web perpustakaan pada smp taruna bhakti depok. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. 13(2):239–244.

Maulana, I. T., S. Suardinata, dan F. Ramadani. 2019. Sistem informasi perpustakaan online di man kota solok. Jurnal Informatika Upgris. 4(2):127–134.

Maulinda, U. 2022. Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi. 5(2):130–138.

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, dan Ifit Novita Sari. 2021. Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(6):1535–1541.

Santika, I. G. N., N. K. Suarni, dan I. W. Lasmawan. 2022. Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and Development. 10(3):694–700.

Setyaningrum, A. 2022. Implementasi kebijakan gerakan literasi digital di smp negeri 1 mungkid kabupaten magelang. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan. 11(4):1–13.

Sumarsih, I., T. Marliyani, Y. Hadiyansah, A. H. Hernawan, dan P. Prihantini. 2022. Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu. 6(5):8248–8258.

Waizah, N. dan H. Herwani. 2021. Penilaian pengetahuan tertulis dalam kurikulum 2013. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education. 2(2):207–228.

Yuliati, A., L. A. Dharma, N. A. Septiani, A. K. B. Hawa, dan M. S. Ningrum. 2021. Literasi digital bagi siswa, guru, dan karyawan di lingkungan smp muhammadiyah nanggulan kulon progo. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 5(1):816–821