PENGUATAN UKS MELALUI PELATIHAN PENENTUAN STATUS GIZI BAGI GURU UKS SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA

Tri Siswati, Herawati Herawati
| Abstract views: 30 | views: 27

Abstract

Pelatihan guru UKS dalam hal penilaian status gizi dengan antropometri diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam akselerasi UKS. Pelatihan dapat mengembangkan kapasitas petugas UKS dalam menjalankan fungsinya sebagai petugas health promoting school. Pelatihan terbatas pada 32 guru UKS, sehingga perlu dilakukan pelatihan bagi sekolah lain termasuk sekolah menengah pertama dan atas dengan substansi materi yang disesuaikan dengan tahapan tumbuh kembang siswa. Sebagian besar peserta berasal dari SD negeri (68,6%), laki-laki (59,4%), 31-40 tahun (34,4%), guru pendidikan jasmani/olah raga (65,5%), mengelola UKS sejak tahun 2010 (37,5%) dan belum pernah mendapat pelatihan serupa yang diberikan peneliti (94,8%) Pelatihan merupakan cara yang efektif dalam meningkatkan skor pengetahuan dan ketrampilan peserta dalam hal pengukuran status gizi. pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Pelatihan penilaian status gizi bagi guru UKS sangat diperlukan untuk mendukung health promoting school dan mendukung keberhasilan pemerintah dalam upaya akselerasi UKS

Keywords

Guru; Pelatihan; SD; UK

Full Text:

PDF

References

Adair, L.S., Fall, C.H.D., Osmond, C., Stein, A.D., Martorell, R., Ramirez-Zea, M., Sachdev, H.S., Dahly, D.L., Bas, I., Norris, S.A., Micklesfield, L., Hallal, P., Victora, C.G., (2013). Associations of linear growth and relative weight gain during early life with adult health and human capital in countries of low and middle income: Findings from five birth cohort studies. Lancet 382, 525–534.

Chirande, L., Charwe, D., Mbwana, H., Victor, R., Kimboka, S., Issaka, A.I., Baines, S.K., Dibley, M.J., Agho, K.E. (2015). Determinants of stunting and severe stunting among under-fives in Tanzania: evidence from the 2010 cross-sectional household survey. BMC Pediatr. 15, 165.b

Hoddinnot, J., Alderman H, Behrman JR, Haddad L, Horton S., (2013.) The economic rationale for investing instunting reduction. Maternal and Child Nutrition, 9 (Suppl. 2), pp. 69–82

Kemenkes RI, (2009,) Undang-Undang Kesehatan No 39 Tahun 2009, Jakarta. http://www.depkes.go.id/resources/download/general/UU%20Nomor%2036%20Tahun2%20009%20tentang%20Kesehatan.pdf

Kemenkes RI (2015), Pedoman Akselerasi UKS, Jakarta. http://kesga.kemkes.go.id/images/pedoman/pedoman%20aksel%20UKS-2016.pdf

Tiwari, R., Ausman, L.M., Agho, K.E., 2014. Determinants of stunting and severe stunting among under-fives : evidence from the 2011 Nepal Demographic and Health Survey. BMC Pediatr. 14, 1–15

Supratiknya, A.(2011). Merancang Program Dan Modul Psikoedukasi. Edisi Revisi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

WHO. Health promoting school. https://www.who.int/health-promoting-schools/en/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.