Meningkatkan Pengendalian Diri Mengatasi Prokrastinasi (Studi pada Mahasiswa di Jabodetabek)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran self-control terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa di wilayah Jabodetabek. Self-control, yang didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk mengendalikan pikiran, emosi, dan perilaku, diduga memiliki peran signifikan dalam mengurangi kecenderungan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik yaitu perilaku menunda pelaksanaan aktivitas akademik telah menjadi fenomena umum di Jabodetabek dan berpotensi berdampak buruk pada kualitas akademik mahasiswa maupun lembaga pendidikan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian kuantitatif non-eksperimen yang melibatkan 140 mahasiswa dari berbagai universitas di Jabodetabek, dengan usia rata-rata 21.07 tahun (SD = 1.04) dan mayoritas partisipan perempuan (71.4%). Pengumpulan data partisipan dilakukan menggunakan dua instrumen utama yaitu Brief Self-Control Scale (BSCS) dan Academic Procrastination Scale-Short Form (APS-S). Hasil menunjukkan bahwa self-control dapat memprediksi penurunan prokrastinasi akademik. Temuan ini bermanfaat untuk memberikan wawasan terkait perlunya meningkatkan self-control dalam mengatasi permasalahan prokrastinasi akademik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online.
References
Anandari, S. Y., Hestari, S. E., Prasetia, H. B., & Hadid, A. (2024). Hubungan stres akademik dengan prokrastinasi mahasiswa tingkat akhir psikologi UNP. Causalita: Journal of Psychology, 2(1), 135-140. https://doi.org/10.62260/causalita.v2i1.191
Andaryani, D., & Tairas, M. M. W. (2013). Perbedaan tingkat self control pada remaja laki-laki dan remaja perempuan yang kecanduan internet. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(3), 206-214. https://journal.unair.ac.id/JPPP@perbedaan-tingkat-self-control-pada-remaja-laki-laki-dan-remaja-perempuan-yang-kecanduan-internet-article-7093-media-53-category-10.html
Arifin, H. H., & Milla, M. N. (2020). Adaptasi dan properti psikometrik skala kontrol diri ringkas versi Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, 18(2), 179-195. https://doi.org/10.7454/jps.2020.18
Bela, A., Thohiroh, S., Efendi, Y. R., & Rahman, S. (2023). Prokrastinasi akademik dan manajemen waktu terhadap stres akademik pada mahasiswa di masa pandemi: Review literatur. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 37-48. https://doi.org/10.38156/psikowipa.v4i1.59
Çebi, A., Reisoğlu, İ., & Bahçekapılı, T. (2019). The relationships among academic procrastination, self-control, and problematic mobile use: Considering the differences over personalities. Addicta: the Turkish Journal on Addictions, 6(3), 447-448. http://dx.doi.org/10.15805/addicta.2019.6.3.0082
Darmawan, D. K., Agustina, & Wati, L. (2023). Manajemen waktu berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 329 – 337. https://doi.org/10.55904/nautical.v2i5.839
Day, V., Mensink, D., & O’Sullivan, M. (2000). Patterns of Academic Procrastination. Journal of College Reading and Learning, 30(2), 120–134. https://doi.org/10.1080/10790195.2000.10850090
de Ridder, D., de Boer, B., Lugtig, P., Bakker, A., & van Hooft, E. (2011). Not doing bad things is not equivalent to doing the right thing: Distinguishing between inhibitory and initiatory self-control. Personality and Individual Differences, 50(7), 1006–1011. https://doi.org/10.1016/j.paid.2011.01.015
de Ridder, D., & Gillebaart, M. (2016). Lessons learned from trait self-control in well-being: Making the case for routines and initiation as important components of trait self-control. Health Psychology Review, 11(1), 89–99. https://doi.org/10.1080/17437199.2016.1266275
Findley, M., & Brown, R. (2017). Fifty states of self-control: A U.S. statewide examination of the initiation and inhibition dimensions of self-regulation. The Journal of Social Psychology, 158(1), 23–36. https://doi.org/10.1080/00224545.2017.1297287
Hafidz, T., & Dewi, F. I. R. (2023). The relationship between self-efficacy and academic procrastination among active students in organizations during The COVID-19 Pandemic. International Journal of Application on Social Science and Humanities, 1(2), 1838-1845. https://doi.org/10.24912/ijassh.v1i2.27943
Hidayanti, D., & Chris, A. (2022). Hubungan prokrastinasi dengan stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. EBERS PAPYRUS, 28(1), 11-19. https://doi.org/10.24912/ep.v28i1.19416
Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif mahasiswa sebagai agen of change melalui pendidikan kewarganegaraan. Journal of Social Science and Education, 2(2), 181-193. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3193
Januari, A. D., Rusdayanti, N., Kardian, S., & Shara, S. (2024). Urbanisasi Jakarta dan dampaknya terhadap sosial ekonomi dan lingkungan. Sustainable Transportation and Urban Mobility, 1(1), 21-37. https://www.journal-iasssf.com/index.php/STUM/article/view/448
Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. (2014). Majukan pembangunan ekonomi, Kemendagri kerjasama dengan Winrock Internasional. https://bangda.kemendagri.go.id/berita/baca_kontent/46/majukan_pembangunan_ekonomi_kemendagri_kerjasama_dengan_winrock_internasional
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024). Statistik pendidikan tinggi. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. https://pddikti.kemdikbud.go.id/statistik
Lasisi, A. K., & Salihu, N. O. (2024). Self-monitoring and self-esteem as predictors of academic procrastination among postgraduate students. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 19(2), 121-130. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.8344
Lestianti, G., Sawiji, H., & Winarno, W. (2023). Prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 7(4), 306-315. https://dx.doi.org/10.20961/jikap.v7i4.64398
Lubis, R. A. (2019). Kecemasan menyusun skripsi ditinjau dari perfeksionisme pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Prima Indonesia. Jurnal Universitas Prima Indonesia, 2(2), 25-40. https://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/Psikologi/article/download/879/661/2224
Muraven, M., & Baumeister, R. F. (2000). Self-regulation and depletion of limited resources: Does self-control resemble a muscle? Psychological Bulletin, 126(2), 247–259. https://doi.org/10.1037/0033-2909.126.2.247
Nathania, V., & Monika. (2023). Pengaruh passion terhadap perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 16(1), 55-62. https://doi.org/10.24912/provitae.v16i2.26703
Nisya, C., Laily, N., & Sholichah, I. F. (2021). Differences in self-control from gender, age and birth order in Nahdlatul Ulama 2 Students Gresik. Journal Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering, Social Science, and Health International Conference (UMGESHIC), 1(2), 890-897. http://dx.doi.org/10.30587/umgeshic.v1i2.3491
Novera, S. T., Lisdayanti, S., Yuniati, I., & Hakim, M. (2024). Implementasi program kerja mahasiswa kampus mengajar di SDN Gelang 1 Sidoarjo. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 819-824. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/24696/17213/79317
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi. (1999). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 115.
Pratomo, S. (2024). Strategi perencanaan untuk mengurai kemacetan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 3(5), 1-7. https://doi.org/10.6578/triwikrama.v3i5.2704
Priono, P., Burmansah, B., & Seneru, W. (2023). Mindfulness practice gives impact on student academic procrastination: Case study at Buddhist Higher Education Institution. Jurnal Scientia, 12(3), 4224-4230. https://doi.org/10.58471/scientia.v12i03.1883
Purnomo, R. A. A., Susanto, A. R. A., & Oktavianisa, N. A. (2024). The role of self efficacy on academic procrastination among university student. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 15(1), 74-86. https://doi.org/10.26740/jptt.v15n01p74-86
Putri, N. F. A., Wiyanti, S., & Priyatama, A. N. (2012). Hubungan antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 1(2), 1-14. https://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candrajiwa/article/view/28/18
Ram, N., & Esmaeili Shad, B. (2018). Comparison of academic procrastination and academic engagement of rural and urban students in Bojnourd City. Iranian Journal of Educational Sociology. 1(10), 161-170. http://iase-idje.ir/article-1-445-en html
Rasyid, A. F., Darma Wangsya, A. P., & Dwi Putri, D. A. (2023). Indonesian adaptation of Academic Procrastination-Short Form (APS-S): Validity and reliability. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 9(1), 25-34. https://doi.org/10.22146/gamajpp.76717
Rocky, A., Paikkatt, B., & Mukesh, V. (2023). Body image, self-control, and eating self-efficacy among college students. The International Journal of Indian Psychology, 11(2), 1140-1148. https://ijip.in/wp-content/uploads/2023/05/18.01.122.20231102.pdf
Sa’adah, N., & Sari, C. A. K. (2023). The influence of self-control on the academic procrastination behavior of Al-Khoiriyah Islamic Middle School students living in Islamic Boarding Schools. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 8(4), 647-664. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v8i4.2818
Salsa. (2024). Jangan ragu! Inilah sederet keunggulan memilih universitas di Jabodetabek. Universitas Media Nusantara. https://www.umn.ac.id/jangan-ragu-inilah-sederet-keunggulan-memilih-universitas-di-jabodetabek/
Schiavo, M. L., Prinari, B., Saito, I., Shoji, K., & Benight, C. C. (2019). A dynamical systems approach to triadic reciprocal determinism of social cognitive theory. Mathematics and Computers in Simulation, 159(1), 18-38. https://doi.org/10.1016/j.matcom.2018.10.006
Siahaan, N. R., & Pedhu, Y. (2024). Analisis kontrol diri siswa SMP dalam belajar dan implikasinya pada bimbingan konseling. Jurnal Psiko Edukasi, 22(1), 1-15. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v22i1.5452
Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503–509. https://doi.org/10.1037/0022-0167.31.4.503
Strayhorn, J. M., Jr. (2002). Self-control: Theory and research. Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, 41(1), 7–16. https://doi.org/10.1097/00004583-200201000-00006
Suhadianto, & Ananta, A. (2022). Bagaimana prokrastinasi akademik mahasiswa Indonesia pada masa pandemi COVID-19: Pengujian deskriptif dan komparatif. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 71-81. https://doi.org/10.30996/sukma.v3i1.6955
Suyasa, P. T. Y. S., Uranus, H. C., Pratiwi, O. D., & Wilis, A. P. L. (2024). Identifikasi faktor procrastination (Studi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir). Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 13(1), 52-63. https://journal.untar.ac.id/index.php/phronesis/article/download/29798/17893
Svartdal, F., Dahl, T. I., Gamst-Klaussen, T., Koppenborg, M., & Klingsieck, K. B. (2020). How study environments foster academic procrastination: Overview and recommendations. Frontiers in Psychology, 11(1), 1-13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.540910
Tanjaya, C. O., & Basaria, D. (2024). Gambaran prokrastinasi penyelesaian skripsi pada mahasiswa yang tidak lulus tepat waktu. Jurnal Syntax Admiration, 5(12), 5444 – 5456. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i12.1878
Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. (2012). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158.
Wangid, M. N. (2014). Prokrastinasi akademik: Perilaku yang harus dihilangkan. Tazkiya: Journal of Psychology, 2(2), 235-248. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v2i2.10772
Warsida, R. Y., Adioetomo, S. M., & Pardede, E. L. (2023). Pengaruh variabel sosio-demografis terhadap mobilitas ulang-alik di Jabodetabek. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 13(2), 159-176. https://scholarhub.ui.ac.id/jepi/vol13/iss2/4/
Wijaya, H. E., & Tori, A. R. (2018). Exploring the role of self-control on student procrastination. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(2), 6-12. https://doi.org/10.24036/003za0002
Yonatan, A. Z. (2024). 10 Provinsi dengan jumlah mahasiswa terbanyak. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/10-provinsi-dengan-jumlah-mahasiswa-terbanyak-hdsM7
Yusuf, M. Y. (2023). 20 kota terbesar di Asia Tenggara, Jakarta termasuk? IDX Channel.com. https://www.idxchannel.com/milenomic/20-kota-terbesar-di-asia-tenggara-jakarta-termasuk
Zahra, M., & Daharnis. (2020). Differences in self-control of male and female students in social interactions. Jurnal Neo Konseling, 2(4), 1-5. http://neo.ppj.unp.ac.id/index.php/neo/article/viewFile/260/225#:~:text=The%20research%20findings%20show%20that,self%20male%20students%20with%20female

