Meningkatkan Pengendalian Diri Mengatasi Prokrastinasi (Studi pada Mahasiswa di Jabodetabek)

Main Article Content

Karen Vanetta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran self-control terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa di wilayah Jabodetabek. Self-control, yang didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk mengendalikan pikiran, emosi, dan perilaku, diduga memiliki peran signifikan dalam mengurangi kecenderungan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik yaitu perilaku menunda pelaksanaan aktivitas akademik telah menjadi fenomena umum di Jabodetabek dan berpotensi berdampak buruk pada kualitas akademik mahasiswa maupun lembaga pendidikan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian kuantitatif non-eksperimen yang melibatkan 140 mahasiswa dari berbagai universitas di Jabodetabek, dengan usia rata-rata 21.07 tahun (SD = 1.04) dan mayoritas partisipan perempuan (71.4%). Pengumpulan data partisipan dilakukan menggunakan dua instrumen utama yaitu Brief Self-Control Scale (BSCS) dan Academic Procrastination Scale-Short Form (APS-S). Hasil menunjukkan bahwa self-control dapat memprediksi penurunan prokrastinasi akademik. Temuan ini bermanfaat untuk memberikan wawasan terkait perlunya meningkatkan self-control dalam mengatasi permasalahan prokrastinasi akademik.

Article Details

How to Cite
Vanetta, K. (2025). Meningkatkan Pengendalian Diri Mengatasi Prokrastinasi (Studi pada Mahasiswa di Jabodetabek). Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 14(3). Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/phronesis/article/view/35464
Section
Articles

References

Anandari, S. Y., Hestari, S. E., Prasetia, H. B., & Hadid, A. (2024). Hubungan stres akademik dengan prokrastinasi mahasiswa tingkat akhir psikologi UNP. Causalita: Journal of Psychology, 2(1), 135-140. https://doi.org/10.62260/causalita.v2i1.191

Andaryani, D., & Tairas, M. M. W. (2013). Perbedaan tingkat self control pada remaja laki-laki dan remaja perempuan yang kecanduan internet. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(3), 206-214. https://journal.unair.ac.id/JPPP@perbedaan-tingkat-self-control-pada-remaja-laki-laki-dan-remaja-perempuan-yang-kecanduan-internet-article-7093-media-53-category-10.html

Arifin, H. H., & Milla, M. N. (2020). Adaptasi dan properti psikometrik skala kontrol diri ringkas versi Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, 18(2), 179-195. https://doi.org/10.7454/jps.2020.18

Bela, A., Thohiroh, S., Efendi, Y. R., & Rahman, S. (2023). Prokrastinasi akademik dan manajemen waktu terhadap stres akademik pada mahasiswa di masa pandemi: Review literatur. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 37-48. https://doi.org/10.38156/psikowipa.v4i1.59

Çebi, A., Reisoğlu, İ., & Bahçekapılı, T. (2019). The relationships among academic procrastination, self-control, and problematic mobile use: Considering the differences over personalities. Addicta: the Turkish Journal on Addictions, 6(3), 447-448. http://dx.doi.org/10.15805/addicta.2019.6.3.0082

Darmawan, D. K., Agustina, & Wati, L. (2023). Manajemen waktu berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 329 – 337. https://doi.org/10.55904/nautical.v2i5.839

Day, V., Mensink, D., & O’Sullivan, M. (2000). Patterns of Academic Procrastination. Journal of College Reading and Learning, 30(2), 120–134. https://doi.org/10.1080/10790195.2000.10850090

de Ridder, D., de Boer, B., Lugtig, P., Bakker, A., & van Hooft, E. (2011). Not doing bad things is not equivalent to doing the right thing: Distinguishing between inhibitory and initiatory self-control. Personality and Individual Differences, 50(7), 1006–1011. https://doi.org/10.1016/j.paid.2011.01.015

de Ridder, D., & Gillebaart, M. (2016). Lessons learned from trait self-control in well-being: Making the case for routines and initiation as important components of trait self-control. Health Psychology Review, 11(1), 89–99. https://doi.org/10.1080/17437199.2016.1266275

Findley, M., & Brown, R. (2017). Fifty states of self-control: A U.S. statewide examination of the initiation and inhibition dimensions of self-regulation. The Journal of Social Psychology, 158(1), 23–36. https://doi.org/10.1080/00224545.2017.1297287

Hafidz, T., & Dewi, F. I. R. (2023). The relationship between self-efficacy and academic procrastination among active students in organizations during The COVID-19 Pandemic. International Journal of Application on Social Science and Humanities, 1(2), 1838-1845. https://doi.org/10.24912/ijassh.v1i2.27943

Hidayanti, D., & Chris, A. (2022). Hubungan prokrastinasi dengan stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. EBERS PAPYRUS, 28(1), 11-19. https://doi.org/10.24912/ep.v28i1.19416

Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif mahasiswa sebagai agen of change melalui pendidikan kewarganegaraan. Journal of Social Science and Education, 2(2), 181-193. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3193

Januari, A. D., Rusdayanti, N., Kardian, S., & Shara, S. (2024). Urbanisasi Jakarta dan dampaknya terhadap sosial ekonomi dan lingkungan. Sustainable Transportation and Urban Mobility, 1(1), 21-37. https://www.journal-iasssf.com/index.php/STUM/article/view/448

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. (2014). Majukan pembangunan ekonomi, Kemendagri kerjasama dengan Winrock Internasional. https://bangda.kemendagri.go.id/berita/baca_kontent/46/majukan_pembangunan_ekonomi_kemendagri_kerjasama_dengan_winrock_internasional

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024). Statistik pendidikan tinggi. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. https://pddikti.kemdikbud.go.id/statistik

Lasisi, A. K., & Salihu, N. O. (2024). Self-monitoring and self-esteem as predictors of academic procrastination among postgraduate students. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 19(2), 121-130. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.8344

Lestianti, G., Sawiji, H., & Winarno, W. (2023). Prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 7(4), 306-315. https://dx.doi.org/10.20961/jikap.v7i4.64398

Lubis, R. A. (2019). Kecemasan menyusun skripsi ditinjau dari perfeksionisme pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Prima Indonesia. Jurnal Universitas Prima Indonesia, 2(2), 25-40. https://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/Psikologi/article/download/879/661/2224

Muraven, M., & Baumeister, R. F. (2000). Self-regulation and depletion of limited resources: Does self-control resemble a muscle? Psychological Bulletin, 126(2), 247–259. https://doi.org/10.1037/0033-2909.126.2.247

Nathania, V., & Monika. (2023). Pengaruh passion terhadap perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 16(1), 55-62. https://doi.org/10.24912/provitae.v16i2.26703

Nisya, C., Laily, N., & Sholichah, I. F. (2021). Differences in self-control from gender, age and birth order in Nahdlatul Ulama 2 Students Gresik. Journal Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering, Social Science, and Health International Conference (UMGESHIC), 1(2), 890-897. http://dx.doi.org/10.30587/umgeshic.v1i2.3491

Novera, S. T., Lisdayanti, S., Yuniati, I., & Hakim, M. (2024). Implementasi program kerja mahasiswa kampus mengajar di SDN Gelang 1 Sidoarjo. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 819-824. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/24696/17213/79317

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi. (1999). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 115.

Pratomo, S. (2024). Strategi perencanaan untuk mengurai kemacetan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 3(5), 1-7. https://doi.org/10.6578/triwikrama.v3i5.2704

Priono, P., Burmansah, B., & Seneru, W. (2023). Mindfulness practice gives impact on student academic procrastination: Case study at Buddhist Higher Education Institution. Jurnal Scientia, 12(3), 4224-4230. https://doi.org/10.58471/scientia.v12i03.1883

Purnomo, R. A. A., Susanto, A. R. A., & Oktavianisa, N. A. (2024). The role of self efficacy on academic procrastination among university student. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 15(1), 74-86. https://doi.org/10.26740/jptt.v15n01p74-86

Putri, N. F. A., Wiyanti, S., & Priyatama, A. N. (2012). Hubungan antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 1(2), 1-14. https://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candrajiwa/article/view/28/18

Ram, N., & Esmaeili Shad, B. (2018). Comparison of academic procrastination and academic engagement of rural and urban students in Bojnourd City. Iranian Journal of Educational Sociology. 1(10), 161-170. http://iase-idje.ir/article-1-445-en html

Rasyid, A. F., Darma Wangsya, A. P., & Dwi Putri, D. A. (2023). Indonesian adaptation of Academic Procrastination-Short Form (APS-S): Validity and reliability. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 9(1), 25-34. https://doi.org/10.22146/gamajpp.76717

Rocky, A., Paikkatt, B., & Mukesh, V. (2023). Body image, self-control, and eating self-efficacy among college students. The International Journal of Indian Psychology, 11(2), 1140-1148. https://ijip.in/wp-content/uploads/2023/05/18.01.122.20231102.pdf

Sa’adah, N., & Sari, C. A. K. (2023). The influence of self-control on the academic procrastination behavior of Al-Khoiriyah Islamic Middle School students living in Islamic Boarding Schools. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 8(4), 647-664. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v8i4.2818

Salsa. (2024). Jangan ragu! Inilah sederet keunggulan memilih universitas di Jabodetabek. Universitas Media Nusantara. https://www.umn.ac.id/jangan-ragu-inilah-sederet-keunggulan-memilih-universitas-di-jabodetabek/

Schiavo, M. L., Prinari, B., Saito, I., Shoji, K., & Benight, C. C. (2019). A dynamical systems approach to triadic reciprocal determinism of social cognitive theory. Mathematics and Computers in Simulation, 159(1), 18-38. https://doi.org/10.1016/j.matcom.2018.10.006

Siahaan, N. R., & Pedhu, Y. (2024). Analisis kontrol diri siswa SMP dalam belajar dan implikasinya pada bimbingan konseling. Jurnal Psiko Edukasi, 22(1), 1-15. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v22i1.5452

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503–509. https://doi.org/10.1037/0022-0167.31.4.503

Strayhorn, J. M., Jr. (2002). Self-control: Theory and research. Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, 41(1), 7–16. https://doi.org/10.1097/00004583-200201000-00006

Suhadianto, & Ananta, A. (2022). Bagaimana prokrastinasi akademik mahasiswa Indonesia pada masa pandemi COVID-19: Pengujian deskriptif dan komparatif. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 71-81. https://doi.org/10.30996/sukma.v3i1.6955

Suyasa, P. T. Y. S., Uranus, H. C., Pratiwi, O. D., & Wilis, A. P. L. (2024). Identifikasi faktor procrastination (Studi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir). Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 13(1), 52-63. https://journal.untar.ac.id/index.php/phronesis/article/download/29798/17893

Svartdal, F., Dahl, T. I., Gamst-Klaussen, T., Koppenborg, M., & Klingsieck, K. B. (2020). How study environments foster academic procrastination: Overview and recommendations. Frontiers in Psychology, 11(1), 1-13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.540910

Tanjaya, C. O., & Basaria, D. (2024). Gambaran prokrastinasi penyelesaian skripsi pada mahasiswa yang tidak lulus tepat waktu. Jurnal Syntax Admiration, 5(12), 5444 – 5456. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i12.1878

Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. (2012). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158.

Wangid, M. N. (2014). Prokrastinasi akademik: Perilaku yang harus dihilangkan. Tazkiya: Journal of Psychology, 2(2), 235-248. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v2i2.10772

Warsida, R. Y., Adioetomo, S. M., & Pardede, E. L. (2023). Pengaruh variabel sosio-demografis terhadap mobilitas ulang-alik di Jabodetabek. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 13(2), 159-176. https://scholarhub.ui.ac.id/jepi/vol13/iss2/4/

Wijaya, H. E., & Tori, A. R. (2018). Exploring the role of self-control on student procrastination. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(2), 6-12. https://doi.org/10.24036/003za0002

Yonatan, A. Z. (2024). 10 Provinsi dengan jumlah mahasiswa terbanyak. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/10-provinsi-dengan-jumlah-mahasiswa-terbanyak-hdsM7

Yusuf, M. Y. (2023). 20 kota terbesar di Asia Tenggara, Jakarta termasuk? IDX Channel.com. https://www.idxchannel.com/milenomic/20-kota-terbesar-di-asia-tenggara-jakarta-termasuk

Zahra, M., & Daharnis. (2020). Differences in self-control of male and female students in social interactions. Jurnal Neo Konseling, 2(4), 1-5. http://neo.ppj.unp.ac.id/index.php/neo/article/viewFile/260/225#:~:text=The%20research%20findings%20show%20that,self%20male%20students%20with%20female

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.