Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mengambil kredit (Studi pada nasabah Bank Perkreditan Rakyat di Kepulauan Riau)

Main Article Content

Wei Kiong
Keni

Abstract

This study aims to identify the variables that influence customers’ decision-making process regarding credit uptake at a rural bank in Kepulauan Riau. The variables are service quality, requirements, relationship, promotion, and interest rate. Using a quantitative research design, the primary data collection method employed in this study is survey questionnaires. The sample consists of 170 rural bank customers in Kepulauan Riau, selected through purposive sampling. Service quality refers to the level of customer satisfaction with the bank’s services. Requirements assess the ease of meeting credit documentation and eligibility criteria. Relationships explore the trust and rapport established between customers and the bank. Promotions evaluate the marketing efforts employed by the bank. Interest rates reflect the cost of borrowing. The collected data will be analyzed using the Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method by using SmartPLS 3.3.0. The findings will offer valuable insights to rural banks, aiding their understanding of the factors that influence customers’ credit decision-making process. The study will serve as a foundation for developing strategies aimed at enhancing customer satisfaction, improving service quality, and bolstering the bank’s competitive position in the market.


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel yang memengaruhi proses pengambilan keputusan nasabah dalam mengambil kredit di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kepulauan Riau. Variabel tersebut berupa kualitas layanan, persyaratan, relasi, promosi, dan suku bunga. Dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner survei. Sampel penelitian terdiri dari 170 nasabah BPR di Kepulauan Riau yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Kualitas layanan mengacu pada tingkat kepuasan nasabah terhadap layanan bank. Persyaratan mengevaluasi kemudahan pemenuhan dokumen dan kriteria kelayakan kredit. Relasi menggali kepercayaan dan hubungan antara nasabah dan bank. Promosi mengevaluasi upaya pemasaran yang dilakukan oleh bank. Suku bunga mencerminkan biaya pinjaman. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 3.3.0. Temuan penelitian ini akan memberikan wawasan berharga bagi BPR, membantu pemahaman mereka tentang faktor-faktor yang memengaruhi proses pengambilan keputusan kredit nasabah. Penelitian ini akan menjadi dasar untuk mengembangkan strategi yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan nasabah, meningkatkan kualitas layanan, dan memperkuat posisi kompetitif bank di pasar.

Article Details

How to Cite
Kiong, W., & Keni, K. (2023). Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mengambil kredit (Studi pada nasabah Bank Perkreditan Rakyat di Kepulauan Riau). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(5), 1085–1098. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i5.26508
Section
Articles
Author Biographies

Wei Kiong, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Keni, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Adhitya, F. (2012). Analisis pengaruh suku bunga kredit, kualitas pelayanan inti, kualitas pelayanan periferal dan kemampuan tenaga marketing terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit di Bank Mandiri Unit Mikro Distrik Semarang [Thesis, Universitas Diponegoro]. https://repofeb.undip.ac.id/7567/

Agilwaseso, S., Saryadi, & Suryoko, S. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan, suku bunga dan lokasi terhadap keputusan pengambilan kredit di PD BKK Pemalang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4), 283–293. https://doi.org/10.14710/jiab.2014.6566

Anwar, S., & Gulzar, A. (2011). Impact of perceived value on word of mouth endorsement and customer satisfaction: Mediating role of repurchase intentions. International Journal of Economics and Management Sciences, 1(5), 46–54.

Bank Indonesia. (2023). Laporan perekonomian Indonesia tahun 2022. https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/Pages/LPI_2022.aspx

Brito, C. (2011). Relationship marketing: Old wine in a new bottle? Innovative Marketing, 7(1), 66–77. https://www.businessperspectives.org/images/pdf/applications/publishing/templates/article/assets/3892/im_en_2011_01_C.Brito.pdf

Cahyadi, M. A., & Diatmika, I. P. G. (2021). Pengaruh layanan, prosedur kredit dan promosi terhadap keputusan UMKM melakukan pinjaman kredit pada lembaga keuangan bukan bank (LKBB) di Kecamatan Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 12(1), 895–905. https://doi.org/10.23887/jimat.v12i3.35159

Drummond, G., & Ensor, J. (2005). Introduction to marketing concepts. Routledge.

Erpurini, W. (2019). Pengaruh sistem informasi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel éL Royale Bandung. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(2), 181–188. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i2.1253

Farid, K. (2019). Pengaruh lokasi, tingkat suku bunga, pelayanan dan promosi terhadap keputusan masyarakat dalam pengambilan kredit (Studi pada PD. BPR BKK Kota Semarang Cabang Gayamsari). Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 14(2), 391–405. https://doi.org/10.34152/fe.14.2.391-405

Galung, I. K. S., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pengguna jasa kredit PT. BPR Sentral Ekonomi di Denpasar. VALUES, 1(1), 86–94. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/582

Hair, Jr., J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679190202

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Hairiyah, S., & Ali, H. (2017). Customer decision analysis in taking multipurpose loan: Promotions, locations and credit procedures (A case of the Bank “PQR Jakarta”). Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(3), 149–156. https://doi.org/10.21276/sjbms.2017.2.3.6

Hariyanto, K. (2015). Faktor-faktor penentu kualitas hubungan dan kedekatan hubungan dalam pemberian layanan kredit perbankan kepada usaha mikro serta pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Journal of Business and Banking, 4(2), 231. https://doi.org/10.14414/jbb.v4i2.374

Huda, B., Sukidin, & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, prosedur kredit, dan tingkat suku bunga terhadap keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Sukowono Arthajaya Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(1), 87–93. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10425

Kasmir. (2015). Manajemen perbankan (Ed. Rev.). Rajawali Pers.

Kasmir. (2017). Analisis laporan keuangan. Rajagrafindo Persada.

Khanafi, M. Y. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pengambilan kredit pada PT. Finansia Multi Finance Semarang. Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.26714/vameb.v16i1.7251

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Lamb, C. W., Hair, J. F., & McDaniel, C. (2019). MKTG: Principles of marketing. Cengage Learning.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, D. A. (2011). Manajemen pemasaran jasa (2nd ed.). Salemba Empat.

Nugraeni, Paramitalaksmi, R., Wafa, Z., & Saputri, K. (2023). Persyaratan kredit mempengaruhi akses kredit formal UMKM. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance, 5, 150–155. https://doi.org/10.20885/ncaf.vol5.art17

Otoritas Jasa Keuangan. (2023). Statistik perbankan Indonesia. https://ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/statistik-perbankan-indonesia/default.aspx

Ozatac, N., Saner, T., & Sen, Z. S. (2016). Customer satisfaction in the banking sector: The case of North Cyprus. Procedia Economics and Finance, 39, 870–878. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)30247-7

Pramesti, D. F., & Hadi Utomo, S. (2022). Analisis suku bunga, jangka waktu kredit, dan kemudahan kredit terhadap keputusan kredit UMKM. Jurnal Manajemen, 14(2), 376–385. https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.10998

Purnamasari, J., Wilujeng, S., & Mufidah, Z. (2019). Pengaruh lokasi dan prosedur kredit terhadap keputusan pengambilan kredit pada nasabah PT. BPR Kerta Arthamandiri Kota Kepanjen - Kabupaten Malang. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 7(2), 1–5. https://doi.org/10.21067/jrmm.v5i2.4077

Rahmadhani S., D., & Indriyani MS, E. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pengambilan kredit di masa pandemi Covid-19. Study of Scientific and Behavioral Management, 3(1), 46–55. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/27350

Rahmawati, N. Y. (2013). Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 1(2), 1–14. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/380

Shobirin, Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh lokasi, tingkat suku bunga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pengambilan kredit (Studi empiris pada BPR Arthanugraha Makmursejahtera). Journal of Management, 2(2), 82–94. https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/500/486

Simamora, S., Silalahi, M., Nainggolan, N. T., & Candra, V. (2019). Pengaruh harga dan customer relationship marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada Ud Sentral Jaya Pematangsiantar. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(2), 62–72. https://doi.org/10.37403/sultanist.v7i2.154

Suardika, I. K. (2019). Pengaruh prosedur kredit dan tingkat suku bunga kredit terhadap keputusan mengambil kredit PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Karangasem. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 54–69. https://doi.org/10.55822/asd.v12i1.83

Sucihati, R. N., Suprianto, & Mustiadi, D. (2020). Analisis pengaruh promosi, lokasi, pelayanan dan suku bunga terhadap keputusan pengambilan pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) (Studi pada nasabah Bank BRI Desa Jaya Makmur Kecamatan Labangka). Jurnal Ekonomi & Bisnis, 8(3), 164–174. https://doi.org/10.58406/jeb.v8i3.552

Sutisna. (2001). Perilaku konsumen & komunikasi pemasaran (M. F. Rakhmat (ed.)). Remaja Rosdakarya.

Thoharudin, M., Suriyanti, Y., & Huda, F. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pengambilan pembiayaan pada BPD Kal-bar Syariah Cabang Sintang. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 6(2), 100–115. https://doi.org/10.21070/jbmp.v6i2.356

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, quality dan satisfaction (4th ed.). Andi.

Wahyunawati, S., & Momongan, R. H. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pengambilan kredit pelanggan repeat order FIFGROUP Cabang Tanjung Pos Buntok. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(3), 361–370. https://doi.org/10.55123/mamen.v1i3.706

Wilson, N., Keni, & Tan, P. H. P. (2019). The effect of website design quality and service quality on repurchase intention in the E-commerce industry: A cross-continental analysis. Gadjah Mada International Journal of Business, 21(2), 187–222. https://doi.org/10.22146/gamaijb.33665