Pengaruh digital marketing, perceived ease of use, dan ragam produk terhadap minat beli serta pengaruhnya pada keputusan pembelian melalui e-commerce Shopee di Jabodetabek

Main Article Content

Yolinda Destyana
Sarwo Edy Handoyo

Abstract

The purposes of this study are to analyze the effect of digital marketing, perceived ease of use, product variety on purchase intention and purchase decision. This study also analyzes the effect on purchase intention on purchase decision. The population of this research are all Shopee customer in JABODETABEK area. The samples of this research are 200 respondents by online questionnaires with the nonprobability sampling technique with purposive sampling. The technique of data analysis used in this study was PLS-SEM and proceed using SmartPLS 3.0. The results of this study indicate that: (a) digital marketing and perceived ease of use has positive and significant effect on purchase intention; (b) product variety has negative and insignificant effect on purchase intention; (c) digital marketing, product variety and purchase intention has positive and significant effect on purchase decision; (d) perceived ease of use has negative and insignificant effect on purchase decision.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh digital marketing, perceived ease of use, ragam produk terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Shopee di wilayah JABODETABEK. Sampel penelitian ini sebanyak 200 responden yang diambil melalui kuesioner online dengan teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS-SEM yang diolah menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) digital marketing dan perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli; (b) ragam produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat beli; (c) digital marketing, ragam produk dan minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; (d) perceived ease of use berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
Destyana, Y., & Handoyo, S. E. (2023). Pengaruh digital marketing, perceived ease of use, dan ragam produk terhadap minat beli serta pengaruhnya pada keputusan pembelian melalui e-commerce Shopee di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(2), 390–399. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i2.23363
Section
Articles
Author Biographies

Yolinda Destyana, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Sarwo Edy Handoyo, Universitas Tarumanagara

Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana

References

Agustina, L. (2017). Pengaruh Suasana Toko Dan Keanekaragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toserba Maya Di Kec. Randublatung Kab. Blora. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1), 39–43. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/17959

Albi, K. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli di Kedai Kopi S. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.116

Andrian. (2019). Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 14. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1430

Arta, T. L. F., & Azizah, S. N. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go-Food dalam Aplikasi GojekArta, T. L. F., & Azizah, S. N. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use dan E-Service Quality . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 291–303. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.478

Budhi, G. S. (2016). Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahan Jual-Beli Online Lazada Indonesia. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 78–83. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10880

Darmawan, D., & Samsul, A. (2020). Studi Empiris tentang Kontribusi Harga, Varian Produk, dan Kemasan terhadap Pembentukan Minat Beli Produk Sabun Mandi Batang (Studi Kasus terhadap Pekerja Rantau di Kota Surabaya). The Journal of Business and Management, 3, 99–116.

Darmawan, Ryan, M., & Pradhanawati, A. (2016). Analisis Lokasi, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Rumah Makan Padang Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5, 136–145.

Dharmayanti, L. &. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capital Dan Perceived Quality Sebagai Variabel InterveniDharmayanti, L. &. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capita. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 10–24. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.10

Hair, Joseph F., Hult, G. T, Ringle, Christian M. and Sarstedt, Marko. (2013). A primer on Partial Least Squares Structural Equation Modelling. London : SAGE.F Publication

Pebrianti, W., Arweni, A., & Awal, M. (2020). Digital Marketing, e-WOM, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(1), 48–56. https://doi.org/10.35724/jies.v11i1.2848

Rafidah, I. (2017). Analisis Keamanan, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(2), 1–17.

Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang pada Pelanggan Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425–444. https://core.ac.uk/download/pdf/228321917.pdf

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Solihin, Mahfud., dan Ratmono, Dwi. (2013). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0. Yogyakarta: Andi.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Yuliawan, E., Siagian, H., & Willis, L. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualias Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan). Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12(1), 34–49. https://doi.org/10.33558/optimal.v12i1.1016