PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN DAN MANAJEMEN PEMESANAN PADA TOKO TIO BAGS

Main Article Content

Kelvin Wijaya
Wasino
Teny Handhayani

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat di era digital saat ini memberikan dampak signifikan terhadap berbagai sektor bisnis, termasuk industri penjualan tas. Usaha kecil dan menengah (UKM) dituntut untuk berinovasi dan memanfaatkan teknologi guna meningkatkan efisiensi operasional serta memperluas jangkauan pasar. Toko Tio Bags merupakan usaha yang bergerak di bidang penjualan berbagai jenis tas, yang masih menghadapi berbagai kendala akibat penggunaan sistem pencatatan manual, seperti kesalahan dalam transaksi, keterlambatan pemrosesan pesanan, serta kesulitan dalam manajemen stok dan pembuatan laporan penjualan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem penjualan dan manajemen pemesanan berbasis web. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi pencatatan penjualan, membantu mengurangi risiko kesalahan pencatatan transaksi dan mempermudah pengolahan data pemesanan serta stok barang. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metode Scrum, yang mengutamakan fleksibilitas dan evaluasi yang berkelanjutan dalam proses pengembangan. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemograman HTML, CSS, JavaScript, dan PHP, dengan bantuan framework Bootstrap untuk antarmuka pengguna yang responsif dan menarik. Selain itu, sistem ini menggunakan database MySQL untuk menyimpan dan mengelola data secara efisien. Sistem penjualan dan manajemen pemesanan dirancang dengan dua peran, yaitu Owner dan Admin.

Article Details

Section
Articles

References

[1] K. C. Laudon and J. P. Laudon, Management Information Systems: Managing the Digital Firm, Global Edition. Pearson Education, 2021.

[2] J. Partogi, Manajemen Modern dengan Scrum 1. Penerbit Andi.

[3] A. Hasan, Nur Fitrianingsih Amborowati, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pre Order Dan Penjualan Pada Khasan Label Indonesia,” pp. 1–7, 2020.

[4] K. Schwaber and J. Sutherland, “Panduan Definitif untuk Scrum: Aturan Permainan,” Scrum.Org, no. November, pp. 1–17, 2020.

[5] Y. Anggraini, D. Pasha, D. Damayanti, and A. Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 64–70, 2020.

[6] L. Magdalena, E. Efitra, and N. Safitri, SCRUM AGILE : OPTIMALISASI KUALITAS PRODUK MANAJEMEN. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

[7] D. J. K. Putra and P. F. Tanaem, “Perancangan Aplikasi Pembukuan Menggunakan Metode Agile Scrum,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 509–521, 2022.

[8] I. K. Wairooy, “Software Engineering : Agile Software Development Process Model – Scrum Model,” Binus University. [Online]. Available: https://socs.binus.ac.id/2020/03/31/software-engineering-agile-software-development-process-model-scrum-model/.

[9] A. Nordeen, Learn UML in 24 Hours. Guru99, 2020.

[10] S. Tilley, Systems Analysis and Design. Cengage Learning, 2019.

[11] A. Singh, Object Oriented Modeling And Design With UML. Ajit Singh, 2019.

[12] F. N. Hasanah, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. 2020.

[13] L. P. Sumirat, D. Cahyono, Y. Kristyawan, and S. Kacung, DASAR-DASAR Rekayasa Perangkat Lunak. 2023.

[14] T. Connolly and C. Begg, Database systems : a practical approach to design, implementation, and management / Thomas M. Connolly, Carolyn E. Begg. 2015.

[15] A. Pramono, A. I. Setiawan, and P. Adab, Eksplorasi Design Thinking dalam Pengembangan UI Prototyping. Penerbit Adab.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.