DIAGRAM UNIFIED MODELLING UNTUK PERANCANGAN SISTEM PESAN JASA JAHIT
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi berbasis daring untuk layanan pesan jahit di Toko Jahit Ahmad yang berlokasi di Kalideres, Jakarta Barat. Sistem ini dirancang menggunakan Unified Modeling Language (UML) untuk mengotomatisasi proses pencatatan pesanan, pengelolaan data pelanggan, dan pelacakan status pesanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakup observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi, yang memberikan gambaran lengkap mengenai proses bisnis jasa jahit tradisional yang saat ini diterapkan. Hasil dari implementasi sistem ini menunjukkan peningkatan efisiensi operasional, pengurangan kesalahan dalam pencatatan manual, serta kemudahan akses bagi pelanggan untuk memesan layanan secara daring. Dengan adanya sistem ini, diharapkan Toko Jahit Ahmad dapat memberikan layanan yang lebih cepat dan terstruktur, mendukung pengambilan keputusan strategis berbasis data yang terorganisir. Penelitian ini juga menyoroti potensi tantangan dalam pemeliharaan sistem dan adaptasi terhadap peningkatan jumlah pengguna.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Komunikasi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
[1] Z. Zhang, “Impact of digital transformation on global services trade flows,” Appl. Math. Nonlinear Sci., vol. 9, no. 1, pp. 1–15, Jan. 2024, doi: 10.2478/amns-2024-0879.
[2] N. Szozda, “Omnichannel as a driver of digitalization: evidence from the emerging market in the fashion industry,” J. Fash. Mark. Manag., vol. 27, no. 5, pp. 905–923, Nov. 2023, doi: 10.1108/JFMM-11-2021-0293.
[3] S. Susandri, H. Spitri, L. Lusiana, and K. Harianto, “Apikasi Jasa Jahit Pakaian Berbasis mobile dengan Teknologi Location Based Services dan Metode SMART,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 5, no. 1, p. 128, Jun. 2020, doi: 10.35314/isi.v5i1.1362.
[4] S. Y. Yu, J. Park, J. Kim, H. J. Lee, and H. J. Yoon, “A case study of customer satisfaction for information technology solutions,” J. Cent. South Univ., vol. 21, no. 11, pp. 4279–4285, 2014, doi: 10.1007/s11771-014-2425-2.
[5] P. T. Thao, N. T. Hung, P. T. Le My, N. X. Hiep, and D. N. Phan, “Designing Software to Analyze Sewing Process of Industrial Knitted Products,” Comput. Syst. Sci. Eng., vol. 44, no. 2, pp. 1837–1852, 2023, doi: 10.32604/csse.2023.026502.
[6] M. J. Chonoles, OCUP 2 Certification Guide: Preparing for the OMG Certified UML 2.5 Professional 2 Foundation Exam. 2017. doi: 10.1016/C2015-0-01170-4.
[7] E. R. Aquino, P. de Saqui-Sannes, and R. A. Vingerhoeds, “A Methodological Assistant for UML and SysML Use Case Diagrams,” 2021, pp. 298–322. doi: 10.1007/978-3-030-67445-8_13.
[8] M. N. Gedam and B. B. Meshram, “Proposed Secure Activity Diagram for Software Development,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 14, no. 6, 2023, doi: 10.14569/IJACSA.2023.0140671.
[9] B. Rumpe, Modeling with UML: Language, Concepts, Methods. Cham: Springer International Publishing, 2016. doi: 10.1007/978-3-319-33933-7.
[10] A. Fauzi and D. Wulandari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Obat Berbasis Website dengan Menggunakan Metode Waterfall,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 6, no. 1, pp. 71–82, 2020, doi: 10.31294/ijse.v6i1.7911.