Perancangan Sistem Informasi Dalam Penjualan Pada Toko Furniture Bahagia Berbasis Web

Main Article Content

Christopher Santoso
Desi Arisandi
Tji Beng Jap

Abstract

Toko Furniture Bahagia merupakan sebuah usaha ritel yang bergerak dalam penjualan berbagai macam produk furnitur. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses penjualan, perlu dibangun sebuah Sistem Informasi Berbasis Web yang mampu mengintegrasikan seluruh aspek penjualan, inventaris, dan pelanggan secara terpusat.Skripsi ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi yang memungkinkan Toko Furniture Bahagia untuk mengelola dan memonitor seluruh proses penjualan dengan lebih baik. Toko Furniture Bahagia saat ini masih mengandalkan sistem manual dalam pengelolaanpenjualan, seperti mencatat pesanan, stok barang, dan informasi pelanggan. Dengan pertumbuhan bisnis yang semakin pesat, sistem manual ini telah menunjukkan keterbatasannya, yang berdampak pada peningkatan risiko kesalahan, efisiensi kerja yang rendah, serta kurangnya analisis data untuk pengambilan keputusan strategis. Dalam menghadapi tantangan ini, perancangan sebuah Sistem Informasi Berbasis Web menjadi sangat penting untuk meningkatkan kinerja dan daya saing Toko Furniture Bahagia. Maka dibuatlah perancangan sistem informasi penjualan berbasis web yang bertujuan untuk mempermudah toko Bahagia Furniture untuk melakukan penjualan dan pengelolaan gudang. Website ini akan dibuat dengan metode Waterfall serta dengan beberapa fitur pendukung seperti HTML, CSS, MySQL, PHP,  bootstrap, dan XAMPP.

Article Details

Section
Articles

References

A. Kadir and T. C. Triwahyuni, “Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi,” 2013, doi: 10.13140/2.1.2637.6328.

Fattansyah, Basis Data Edisi Revisi Ketiga, vol. 3. 2018.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” researchgate.net, Oct. 2020.

A. S. Rosa, “Shalahuddin. 2013,” Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: INFORMATIKA, 2020.

V. P. Supono and V. Putratama, “Pemrograman Web dengan menggunakan PHP dan FRAMEWORK CODEIGNITER,” Yogyakarta: Deepublish, p. 1, 2018.

A. Subagia, “Membangun aplikasi web dengan metode OOP,” Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2018.

Conolly, Thomas, and C. Begg, Database Systems :A Practical Approach to Design, implementation and management., 3rd ed. england: Addision Wesley, 2002.

Siska Logito, “Sistem Penjualan Alat Penetral Air Berbasis Web Pada Toko Mandiri Filter,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 11, no. 1, Jun. 2023, doi: 10.24912/jiksi.v11i1.24105.

Arfianto Panitra and Dedi Trisnawarman, “PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PENJUALAN TAS BERBASIS WEBSITE PADA LUCIANO,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Universitas Tarumanagara , vol. 4, no. 1, Jan. 2017.

Juniarto Salim, Desi Arisandi, and Jap Tji Beng, “PEMBUATAN PROGRAM APLIKASI PENJUALAN 378 JAKARTA,” Jurnal Ilmu Komputer & Sistem Informasi , vol. 4, no. 2, Jan. 2017.