Simulasi Jaringan Untuk CouchDB Dengan GNS3

Main Article Content

Ivander
Justin Salim
Willsen Yogi Prasetia
Gavriel Joseph Lim
Sean Henry Wijaya

Abstract

Di era digital, institusi kesehatan kecil sering kesulitan membangun dan mengelola infrastruktur IT secara efisien, terutama dalam hal investasi sumber daya keuangan dan manusia. Penelitian ini mengusulkan solusi dengan menggunakan simulasi jaringan melalui Graphical Network-Simulator 3 (GNS3). Tujuannya adalah memberdayakan institusi kesehatan kecil dengan sistem keamanan komprehensif, termasuk server database dan hosting situs web. Dengan memanfaatkan Variable Length Subnet Masking (VLSM) untuk alokasi IP yang tepat, Network Address Translation (NAT) untuk keamanan akses internet, Virtual Private Connection (VPN) dengan enkripsi AES-256 dan SHA untuk komunikasi privat, serta Firewall untuk perlindungan jaringan, simulasi ini meningkatkan efisiensi operasional, mengamankan data pasien, dan menyediakan layanan kesehatan digital. Aspek aplikasi terdistribusi menggunakan Apache HTTP Server dan Apache CouchDB untuk hosting situs web dan manajemen data yang optimal.

Article Details

Section
Articles

References

Neumann, Jason C., 2015, "The Book of GNS3: Build Virtual Network Labs Using Cisco, Juniper, and More 1st Edition", No Starch Press, California.

Smith, J.E., Nair, Ravi., “The architecture of virtual machines”, IEEE Network, New Jersey.

Semeria, Chuck., 1996, “Understanding IP Addressing: Everything You Ever Wanted To Know”, 3Com Corporation, Massachusetts.

Muller, A., Carle, Georg., Klenk, Andreas., 2008, “Behavior and classification of Nat Devices and implications for Nat Traversal”, IEEE Network, New Jersey.

Ferguson, Paul., Huston, Geoff., 1998, “What is a VPN?”, O'Reilly Media, California.

Stallings, William., 2022, “Cryptography and Network Security: Principles and Practice, Global Edition”, Pearson Education Limited, Essex.

Noonan, Wes., Dubrawsky, Ido., 2006, “Firewall Fundamentals: An introduction to network and computer firewall security”, Cisco Press, Indiana.