Pembuatan Program Aplikasi Test Kecerdasan Bagi Calon Mahasiswa Dalam Menentukan Jurusan Dengan Metode Waterfall

Main Article Content

Jonathan Surya Saswita

Abstract

Di era teknologi sekarang ini memang memberikan dampak banyak di masa pandemi covid-19, salah satu dampak yang terbesar adalah pendidikan, cara kita melakukan pendaftaran sampai menjalankan aktivitas pembelajaran juga sangat berbeda dengan era sebelum pandemi dan saat pandemi. Dengan kemajuan teknologi ini akan mempengaruhi cara pandang pelajar di indonesia, mereka cenderung berpikir secara praktis dan ingin mendapatkan informasi semaksimal mungkin hanya dalam beberapa usaha. Hal ini sejalan dengan adanya kemajuan teknologi informasi, seperti yang kita ketahui teknologi informasi meminta input yang sedikit dan memberikan output yang maksimal. 


Pembuatan aplikasi panduan dalam menentukan jurusan dan perguruan tinggi berbasis web ini diharapkan akan membuat orang tua dan pelajar di luar sana tidak salah dalam membuat suatu keputusan dalam pemilihan suatu universitas ataupun jurusan yang akan di pilih. Aplikasi ini dapat mengurangi kemungkinan mahasiswa menyesal dalam memilih suatu jurusan dan berlaku juga untuk orang tua meminimalisir pengeluaran yang tidak di perhitungkan sebelumnya. 


Sehingga pendaftaran siswa ke jenjang yang lebih tinggi dapat di perhitungkan semaksimal mungkin dengan memberikan perbandingan satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya secara efisien dan transparan. Sehingga tidak ada lagi pihak yang merasa dirugikan atau tidak puas dalam mengambil sebuah keputusan.

Article Details

Section
Articles

References

Muslihudin, M., & Larasati, A. (2017). Perancangan sistem aplikasi penerimaan mahasiswa baru di stmik pringsewu menggunakan php dan mysql. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 3, 32-39.

Valacich, Joseph S. & Joey F. Georgo, (2017). Modern systems analysis and design. Boston : Pearson Education

Rahayu, S., & Suandi, W. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Garut. Jurnal Algoritma, 14(2), 255-262.

Nugroho, I. (2011). Sistem Informasi Penerimaan siswa baru berbasis web dengan PHP dan SQL. Skiripsi, Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusumaningati, S. W. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Kartu Menuju Sehat Sebagai Alternatif Pengelolaan Posyandu Secara Digital (Doctoral dissertation, PhD Thesis, UNY).

Jannah, E. N., Bayturrohman, D. K., & Kurniawan, E. (2017). Pengembangan Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Android Dilengkapi dengan Fitur Push Notification. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 6(4), 410-415.

Rosid, M. A., & Jakaria, R. B. (2016). Implementasi Framework Twitter Bootstrap Dalam Perancangan Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web. Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control, 129-134.

Tyas, Y. P. (2019, October). Aplikasi Berbasis Android Penerimaan Mahasiswa Baru pada Universitas PGRI Madiun. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 125-127).

Wasino, Z. “IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI VIRTUAL SHOWROOM PADA WEBSITE RUPARUPA PADA PT OMNI DIGITAMA INTERNUSA” Skripsi, Sistem Informasi, Universitas Tarumanagara, Jakarta, 2022.