Penggunaan Nextcloud untuk Distribusi Data dalam Lingkup Perusahaan

Main Article Content

Albert
Jonatan Putra Gunawan
Devin Saputra Wijaya
Jonathan

Abstract

Penggunaan teknologi sangatlah penting Dalam konteks bisnis modern, penggunaan teknologi informasi untuk distribusi data sendiri memegang peran penting dalam memenuhi kebutuhan ini.  Pada saat ini teknologi telah berkembang dengan sangat cepat begitu pula dengan teknologi distribusi data. Potensi tersebut dapat dilihat pada salah satu bentuk dari pemanfaatan teknologi pendistribusian data yaitu dengan penggunaan nextcloud yang merupakan salah satu aplikasi cloud server untuk melakukan  sharing file dengan perantara web browser yang di konfigurasi dengan public IP sehingga server storage dapat di akses dengan jaringan public seperti internet. Dengan adopsi Nextcloud, dapat memberikan fleksibilitas dalam berkolaborasi dan mengakses data dari mana saja, sehingga perusahaan dapat  mengoptimalkan manajemen dan keamanan data dengan tren teknologi terkini.

Article Details

Section
Articles

References

I. A, S. P and &. B. S, Perancangan dan Implementasi Cloud Storage Menggunakan Nextcloud pada SMK YPP Pandeglang. Jurnal PROSISKO Vol. 5 No. 2, September 2019., 2019.

A. S. Tanenbaum and N. &. W. D. Feamster, Computer Networks Pearson, Sixth Edition., 2021.

O. C. Ibe, Fundamentals of Data Communication Networks, First, 2017.

Cisco, "Cisco Adaptive Security Virtual Appliance (ASAv) Data Sheet," [Online]. Available: https://www.cisco.com/c/en/us/products/collateral/security/adaptive-security-virtual-appliance-asav/adapt-security-virtual-appliance-ds.html.

DigitalOcean, "How To Install and Configure Nextcloud on Ubuntu 22.04.," 26 April 2023. [Online]. Available: https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-install-and-configure-nextcloud-on-ubuntu-22-04.

DigitalOcean, "How to Create a Self-Signed SSL Certificate for Apache in Ubuntu 20.04.," 7 july 2020. [Online]. Available: https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-create-a-self-signed-ssl-certificate-for-apache-in-ubuntu-20-04.