PEMBUATAN APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB DENGAN FITUR REKOMENDASI MENGGUNAKAN METODE CONTENT-BASED FILTERING

Main Article Content

Daniel Daniel
Bagus Mulyawan
Tri Sutrisno

Abstract

Karena semakin banyaknya informasi produk yang ada pada internet, maka mengakibatkan beberapa kesulitan terhadap user. Salah satu kesulitan user adalah pencarian informasi yang diinginkan oleh user. Walaupun dengan search engine (mesin pencari) user dapat dengan mudah mencari produk yang diinginkannya, tetapi masalah baru akan muncul disaat user tidak mengetahui nama atau kata kunci yang dibutuhkan untuk mencari suatu produk. Oleh karena itulah sistem rekomendasi (recommender system) dikembangkan.

Skripsi ini merupakan skripsi yang berfokus kepada sistem rekomendasinya. E-commerce disini hanya sebagai tempat pengimplementasian. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk membantu para user yang kebingungan untuk mencari game yang ingin dimainkan tetapi tidak mengetahui judul ataupun kata kunci dari game tersebut.

Metode yang digunakan pada skripsi ini adalah content-based filtering¬. Metode ini menggunakan konten seperti judul, deskripsi atau genre sebagai data awal untuk melakukan rekomendasi. Pada skripsi ini, genre game digunakan sebagai konten untuk menjalankan metode content-based filtering. Jadi, rekomendasi yang ada pada skripsi ini berdasarkan dari kemiripan genre game. Dari metode ini dibentuklah sistem rekomendasi yang diimplementasikan ke dalam e-commerce game sebagai salah satu fitur yang ada.

Hasil dari rekomendasi ada pada website e-commerce game dalam halaman recommendation. Pada halaman recommendation berisikan game-game hasil rekomendasi dari game pilihan user pada saat registrasi dan game pada library user.

Article Details

Section
Articles

References

BASKORO, W. (2016). DAFTAR GENRE VIDEO GAME BESERTA PENJELASANNYA. DIAKSES PADA 12 SEPTEMBER 2021, DARI https://dailysocial.id/post/jenis-genre-game.

BIMAWAN, D. (2019). 10 SITUS GAME INTERNASIONAL UNTUK NYARI GAME BAGUS!. DIAKSES PADA 8 SEPTEMBER 2021, DARI https://www.sepulsa.com/blog/situs-game-internasional.

DEWI, S.K & ANNISA, K.G. (2014). PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN HOME INDUSTRI ABON. JAWA TIMUR : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG.

ENTERTAINMENT SOFTWARE ASSOCIATION. (2021). DIAKSES PADA 12 SEPTEMBER 2021, DARI https://www.esrb.org/ratings-guide/

MARDATILA, A. (2021). MENGENAL PENGERTIAN WEBSITE, KETAHUI JENIS DAN FUNGSINYA. DIAKSES PADA 12 SEPTEMBER 2021, DARI https://www.merdeka.com/sumut/pengertian-website-fungsi-beserta-jenis-jenisnya-kln.html

NICKY. (2017). PERANCANGAN INFORMASI PENJUALAN E-COMMERCE BERBASIS WEB PADA TOKO MM. BATAM

PUTRA. (2020). PENGERTIAN SDLC adalah: Fungsi, Metode dan Tahapan SDLC. DIAKSES PADA 12 SEPTEMBER 2021, DARI https://salamadian.com/sdlc-system-development-life-cycle/

RITDRIX, A. H. & P. W. WIRAWAN. (2018). SISTEM REKOMENDASI BUKU MENGGUNAKAN METODE ITEM-BASED COLLABORATIVE FILTERING. JURNAL MASYARAKAT Indonesia

SARI. A.O, ARI. A. & SUNARTI. (2019). WEB PROGRAMMING. YOGYAKARTA : GRAHA ILMU

10. SURBAKTI, K. (2017). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP REMAJA. SUMATERA UTARA: JURNAL CURERE

WAHYUDI, I. S. (2017). MESIN REKOMENDASI FILM MENGGUNAKAN METODE KEMIRIPAN GENRE BERBASIS COLLABORATIVE FILTERING. SURABAYA

WIJAYA, B.(2016). PENGERTIAN CD (CONTEXT DIAGRAM) DAN DFD (DATA FLOW DIAGRAM). DIAKSES PADA 7 SEPTEMBER 2021, DARI https://www.primawijaya.com/2016/07/pengertian-cd-context-diagram-dan-dfd-menurut-para-ahli.html?m=1

WILSON, J.L. (2021). ” The Best PC Games for 2022”. DIAKSES PADA 8 DESEMBER 2021, DARI https://sea.pcmag.com/gallery/41819/the-best-pc-games-for-2021