Sistem Penentuan Menu Makanan Berdasarkan Bahan Makanan Pilihan Berbasis Web dan Android

Main Article Content

Franky Yoga
Bagus Mulyawan
Manatap Dolok Lauro

Abstract

Makanan menjadi salah satu kebutuhan hidup utama dari individu. Makanan yang dikonsumsi terdiri dari berbagai macam menu yang kaya akan rasa dan nutrisi yang melimpah. Untuk menentukan menu makanan, maka diperlukan bahan makanan yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan menu tersebut. Bahan makanan yang digunakan dapat dihasilkan secara pribadi maupun disediakan oleh alam. Untuk langsung memasak menu makanan yang diolah dari bahan makanan yang dipilih, tentunya memberikan banyak manfaat seperti dapat mengkonsumsi makanan yang bersih dan higienis, serta dapat mengurangi biaya pengeluaran makanan instan. Namun, sebagian besar masyarakat masih memiliki rasa kebingungan dalam menentukan menu makanan yang tepat berdasarkan bahan makanan yang tersedia. Hal ini tak luput dari peranan teknologi informasi dalam mempermudah aktivitas dan kegiatan manusia, bahkan dalam menentukan menu makanan sehari-hari. Masyarakat dapat memilih bahan-bahan makanan yang disediakan dan dapat mengetahui menu makanan apa saja yang dapat diolah dari bahan-bahan makanan tesebut.

Article Details

Section
Articles

References

Adani, Muhammad Robith. Pengenalan Apa Itu Website Beserta Fungsi, Manfaat dan Cara Membuatnya. https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-website/, Sekawan Media: 16 Desember 2020.

Asfihan, Akbar. Makanan Adalah : Pengertian, Fungsi, Contoh dan Zat Kandung. https://adalah.co.id/makanan/, Web Portal Ilmu Pengetahuan Alam: 31 Januari 2021.

Ashari, Avisena. Bahan Makanan Dikelompokkan Menjadi 5 Kategori, Apa Saja, ya?. https://bobo.grid.id/read/081635285/bahan-makanan-dikelompokkan-menjadi-5-kategori-apa-saja-ya?page=all, Bobo.id: 13 Februari 2019.

Astuti, Novi Fuji. Fungsi Makanan Bagi Tubuh, Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya. https://www.merdeka.com/jabar/fungsi-makanan-bagi-tubuh-lengkap-dengan-jenis-dan-manfaatnya-kln.html, merdeka.com: 5 Oktober 2020.

Bootupacademyai. Android Adalah? Pengertian, Sejarah, Hingga Kelebihanya dibanding OS lain. https://bootup.ai/blog/apa-itu-android-pengertian-kelebihan/, BootUP: 27 Mei 2019.

imamdanielleoz563f. Jelaskan pengertian sayuran. https://brainly.co.id/tugas/10617644, BRAINLY: 12 Mei 2017.

Kurniawan. Apa itu Dairy?. https://www.superprof.co.id/blog/kelompok-makanan-olahan-susu/#:~:text=Ketika%20kita%20berbicara%20tentang%20produk,yoghurt%2C%20krim%2C%20dan%20keju, superprof blog: 14 Mei 2019.

Najwajamilah11. Apa yang di maksud dengan biji bijian. https://brainly.co.id/tugas/29096770, BRAINLY: 1 Mei 2020.

P2PTM Kemenkes RI. Buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral dan serat pangan. Sobat Sehat, sudah makan buah hari ini ?. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/page/23/buah-buahan-merupakan-sumber-berbagai-vitamin-mineral-dan-serat-pangan-sobat-sehat-sudah-makan-buah-hari-ini, 18 September 2018.

Putra. PENGERTIAN ANDROID: Sejarah, Kelebihan & Versi Sistem Operasi Android OS. https://salamadian.com/pengertian-android/, Salamadian: 23 Oktober 2019.

Rada. Makan Adalah. https://dosenpintar.com/makan-adalah/, dosenpintar: 2 November 2020.

Setiawan, Parta. Pengertian Jenis dan Fungsi Protein Terlengkap. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-protein/, GURUPENDIDIKAN.COM: 23 Januari 2021.

Putra. PENGERTIAN SDLC adalah: Fungsi, Metode dan Tahapan SDLC. https://salamadian.com/sdlc-system-development-life-cycle/

Lola Lolita. 25 Resep masakan sederhana menu sehari-hari, lezat dan mudah dibuat. https://www.briliofood.net/resep/25-resep-masakan-sederhana-menu-sehari-hari-lezat-mudah-dibuat-1907231.html

Agung. 120.050 resep masakan sederhana enak dan sederhana. https://cookpad.com/id/cari/resep%20masakan%20sederhana

- Dhiya. 5 Resep Makanan Simpel dan Enak untuk Anak Kos, Praktis Bikinnya. https://www.idntimes.com/food/recipe/dhiya-azzahra/resep-m