CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT MENGGUNAKAN METODE LEAST SQUARE DAN RFM K-MEANS BERBASIS WEBSITE

Main Article Content

Gabriel Ivan Setyaputra
Bagus Mulyawan
Manatap Dolok Lauro

Abstract

Persaingan di dunia bisnis semakin ketat dalam persaingannya, yang membuat tiap perusahaan berniat keras untuk menciptakan strategi bisnis yang bisa bersaing dengan tekanan kompetitor. Melihat kenyataan yang ada, dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin pesat maka aplikasi Customer Relationship Management dapat menjadi solusi dalam memelihara hubungan yang baik dengan pelanggan.

Aplikasi CRM ini dibuat sebuah fitur peramalan pendapatan sales tahunan yang dapat membantu perusahaan dalam menentukan strategi bisnis kedepannya. Perlu digaris bawahi bahwa proyeksi atau prediksi pendapatan harus berdasarkan kebenaran fakta yang diambil dari data penjualan dari masa lalu sehingga data yang di prediksi adalah data yang baik dan akurat. Dalam aplikasi yang dibuat saat ini, metode yang akan digunakan adalah metode Forecasting Least Square. Dari hasil Mean Absolute Percentage Error (MAPE) rata-rata error sebesar 19.27% berdasarkan data 2015 – 2018 untuk memprediksi tahun 2019-2020.

juga dibuat sebuah fitur klustering yang bertujuan untuk mengelompokkan data setiap pelanggan dalam waktu per tahun ke dalam model Recency, Frequency dan Monetary Value dengan metode K-Means. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai Davies Bouldin-Index (DBI) sebesar 0.410372 yang dapat disimpulkan bahwa klustering terhadap pelanggan terbentuk dengan baik.

Article Details

Section
Articles

References

Dicoding, 15 Mei 2021, “Tutorial Node.js: Apa itu Node.js dan dasar-dasar Node.js - Dicoding Blog” https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-node-js/.

ReactJS, 2021, “React – A JavaScript library for building user interfaces”. https://reactjs.org/.

Adani, Muhammad Robith, 2 Mar 2021, “Express JS: Definisi, Fungsi, Kelebihan, dan Cara Kerjanya”. https://www.sekawanmedia.co.id/express-js/

Muhardian, Ahmad, 31 Agustus 2021, “Belajar MongoDB: Pengenalan Dasar MongoDB untuk Pemula,”. https://www.petanikode.com/tutorial-dasar-mongodb/.

F. R. Hariri, 2016, “Metode Least Square Untuk Prediksi Penjualan Sari Kedelai Rosi,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, hal. 731.

A. D. Savitri, F. A. Bachtiar, dan N. Y. Setiawan, 2018, “Segmentasi Pelanggan Menggunakan Metode K-Means Clustering Berdasarkan Model RFM Pada Klinik Kecantikan (Studi Kasus : Belle Crown Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 9, hal. 2957–2966.

J. McKenzie, 2011, “Mean absolute percentage error and bias in economic forecasting,” Econ. Lett., vol. 113, no. 3, hal. 259–262.