Pembuatan Game 2D Tower Defense “My Monster Tower” Pada Android

Reinardus Tirto Tryharyanto, Jeanny Pragantha, Darius Andana Haris

Abstract


Game "My Monster Tower" adalah sebuah game bergenre tower defense. Game ini dibuat dengan menggunakan Unity dan ditargetkan untuk platform smartphone Android. Perancangan sprite pada game ini menggunakan Aseprite sebuah aplikasi untun membuat gambar. Pemain dapat memilih 8 stage yang disediakan. Setiap stage memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Game ini memberikan sudut pandang lain yaitu bermain sebagai monster yang berusaha bertahan hidup dari keserakahan manusia. Tujuan dari game “My Monster Tower” adalah menghancurkan tower lawan dengan menggunakan karakter yang ada sambil berusaha untuk melindungi agar tower pemain tidak dihancurkan. Kondisi kemenangan dalam game ini adalah disaat tower dari lawan atau tower dari pemain hancur, pemenang dalam game ini adalah pihak yang berhasil menghancurkan tower. Pengujian dilakukan dengan metode blackbox testing, alpha testing oleh dosen pembimbing, dan beta testing dengan melalui survei pada 40 responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa My Monster Tower merupakan game yang cukup menarik oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan karena My Monster Tower memiliki banyak variasi monster yang dapat dimainkan dan dikumpulkan untuk melawan musuh pada setiap stage.


Keywords


Android, Monster, My Monster Tower, Tower Defense, Unity

Full Text:

PDF

References


Hubbel, Gaines S. What Is A Game. 3rd Edition. Jefferson: Mc Farland & Company Inc., 2020

Binus University, Belajar Tentang Game, https://binus.ac.id/bandung/2018/11/belajar-tentang-game/, diakses pada 9 Februari 2021

Hendaryie, Jeanny Pragantha, Darius Andana Haris, 2018, PEMBUATAN GAME ANDROID TOWER DEFENSE “MYTH OF JAVA”, Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, Vol.8, No.2., Jakarta: Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara.

Ted Stahl, Video Game Genres, http://www.thocp.net/software/games/reference/genres.htm, diakses pada 9 Februari 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.24912/jiksi.v9i2.13097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.