PENGEMBANGAN PERSONAL BRANDING REMAJA DI MEDIA SOSIAL
Main Article Content
Abstract
Pengembangan personal branding remaja di media sosial merupakan langkah strategis dalam memperkuat identitas diri di era digital. Media sosial telah menjadi sarana utama bagi generasi muda untuk berinteraksi, mengekspresikan diri, dan membangun citra personal. Namun, kurangnya pemahaman tentang cara memanfaatkan platform digital secara efektif sering kali menyebabkan penyalahgunaan media sosial atau ketidakmampuan untuk membentuk personal branding yang kuat dan positif. SMK Kristen Pancaran Berkat Jakarta sebagai mitra kegiatan ini, memiliki perhatian yang besar terhadap perkembangan keterampilan digital siswa. Berdasarkan analisis kebutuhan, generasi muda perlu dibekali keterampilan membangun personal branding yang baik di media sosial agar dapat menghadapi tantangan dunia kerja dan memanfaatkan media digital untuk kepentingan positif. Pelatihan ini dirancang untuk membantu siswa mengembangkan citra diri yang konsisten, autentik, dan profesional di media sosial. Seminar ini akan memberikan pemahaman mengenai pentingnya personal branding, strategi praktis dalam membangun dan menjaga citra di berbagai platform media sosial, serta tips dalam menjaga etika dan keamanan di dunia digital. Metode seminar dipilih karena dianggap paling efektif dalam memberikan edukasi dan pelatihan secara interaktif. Diskusi aktif dengan siswa menjadi bagian dari kegiatan ini, yang diakhiri dengan sesi praktik langsung dalam mengaplikasikan strategi personal branding di akun media sosial mereka. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang bagi siswa dalam mempersiapkan masa depan mereka di dunia digital.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Anggarini, D. T. (2021). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Personal Branding dalam Membangun Citra dan Popularitas dalam Media Sosial. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(4), 259–268. https://doi.org/10.35899/BIEJ.V3I4.341
Efrida, S., C Diniati, A. (2020). Pemanfaatan fitur media sosial Instagram dalam membangun personal branding Miss International 2017. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 57. https://doi.org/10.24198/JKK.V8I1.23365
George, M. J., Russell, M. A., Piontak, J. R., C Odgers, C. L. (2018). Concurrent and Subsequent Associations Between Daily Digital Technology Use and High-Risk Adolescents’ Mental Health Symptoms. Child Development, 8S(1), 78–88. https://doi.org/10.1111/CDEV.12819
Ho, S. S., Lee, E. W. J., C Liao, Y. (2016). Social Network Sites, Friends, and Celebrities: The Roles of Social Comparison and Celebrity Involvement in Adolescents’ Body Image Dissatisfaction. Social Media and Society, 2(3). https://doi.org/10.1177/2056305116664216
Lewis, S. P., C Seko, Y. (2016). A Double-Edged Sword: A Review of Benefits and Risks of Online Nonsuicidal Self-Injury Activities. Journal of Clinical Psychology, 72(3), 249–262. https://doi.org/10.1002/JCLP.22242
Oktavianti, A., C Arifin, Z. (2022). Transformasi Interaksi Sosial Sebagai Dampak Media Sosial Pada Siswa Sma Negeri 1 Petasia Morowali Utara. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1(3), 121. https://doi.org/10.26858/SOSIALISASI.V1I3.39167
Oktavianti, R., C Paramita, D. S. (2019). KEGIATAN LITERASI MEDIA SOSIAL DI SMP KATOLIK ABDI
SISWA II JAKARTA BARAT. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2), 29–37. https://doi.org/10.24912/JBMI.V2I2.7222
Tilaar, Y. Y. (2022). Ǫualitative Study of Enhance Personal Branding Through Digital Platform. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 731. https://doi.org/10.35794/EMBA.V10I2.40551
Wiryananta, K., Safitri, R., C Prasetyo, B. D. (2021). The Importance of Self-Awareness in Building Personal Branding of Brawijaya University Students through Instagram. Technium Social Sciences Journal, 24, 218–227. https://doi.org/10.47577/TSSJ.V24I1.4790
Yusanda, A., Darmastuti, R., C Huwae, G. N. (2021). STRATEGI PERSONAL BRANDING MELALUI MEDIA
SOSIAL INSTAGRAM (Analisis Isi pada Media Sosial MahasiswaUniversitas Kristen Satya Wacana).
Scriptura, 11(1), 41–52. https://doi.org/10.9744/SCRIPTURA.11.1.41-52

