WORKSHOP PERSIAPAN UJI KOMPETENSI PROFESI HUMAS BERTARAF NASIONAL
Main Article Content
Abstract
Program PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang dilaksanakan oleh Tim Untar (Universitas Tarumanagara) di Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia (LSPPRI) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta terkait persiapan yang perlu dilakukan sebelum mengikuti uji kompetensi PR yang diselenggarakan oleh LSPPRI atas nama BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). PKM dengan tema ini penting untuk dilaksanakan sebagai bagian dari upaya membantu pemerintah dalam mendorong Masyarakat yang memiliki keterampilan bekerja untuk mendapatkan sertifikat profesi dari BNSP. Kegiatan PKM Untar menjadi bagian penting untuk mendorong para profesi humas untuk memiliki sertifikat profesi Humas. Keberadaan PKM Untar memberikan kesempatan pada Masyarakat untuk mengetahui dan mengikuti program sertifikat profesi Humas. Para peserta workshop adalah personil humas dari beberapa BUMN (Badan Usaha Milik Negara), yang mendaftarkan diri mereka melalui Forum Humas Badan Usaha Milik Negara (FH BUMN), untuk mengikuti uji kompetensi PR di LSPPRI. Sebagai LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi), LSPPRI mendapatkan ijin dari BNSP (Badan Nasional Sertifkasi Profesi) untuk menyelenggarakan uji kompetensi, membuat sertifikat profesi PR dan membuat materi uji kompetensi atas nama BNSP. Tim PKM Untar berperan untuk memberikan edukasi terkait proses pelaksanaan uji kompetensi PR, menentukan skema yang tepat, dan strategi penyusunan portofolio. Ketua Tim PKM Untar mendapatkan undangan dari pimpinan dari LSPPRI untuk menjadi mentor pelatihan karena memiliki kompetensi dan pengalaman sebagai asesor di bidang humas. Permasalahan LSPPRI adalah mencari pembicara yang kompeten dalam workshop karena asesor lain tidak bersedia untuk jadi pembicara, kecuali ketua tim PKM Untar. Permasalahan lainnya adalah para calon peserta tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam uji kompetensi PR sehingga mereka perlu dibimbing dalam workshop, agar mereka memiliki kesempatan yang besar dalam memperoleh nilai K (Kompeten) dari asesor. Pelaksanaan workshop dilakukan secara daring, pada tanggal 30 Januari 2025. Metodologi pelaksanaan PKM adalah dengan pendekata kualitatif dimana ketua PKM menyampaikan materi menggunakan ppt melalui media zoom. Setelah satu jam presentasi, para peserta diberikan keleluasaan untuk bertanya setelah materi disampaikan kepada mereka kemudian Pemateri menjawab pertanyaan dari para calon peserta uji kompetensi. Metode pengajaran seperti ini akan memberikan kemudahan bagi calon asesi untuk mencerna materi yang telah diterimanya sehingga memperbesar kemungkinan bagi mereka untuk mendapatkan nilai K dalam uji kompetensi. Keberhasilan PKM diukur dari Tingkat pemahaman peserta dalam kegiatan workshop. Hal ini bisa dilihat dari kepuasan peserta atas pertanyaan yang di jawab pemateri dan 95 persen peserta mendapatkan nilai K, saat mengikuti uji kompetensi PR, 13 Februari 2025
Kata kunci: Untar, Pengabdian Kepada Masyarakat, Public Relations
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Christofer, Daniel & Pribadi, Muhammad Adi. 2021. Interaksi Simbolik dalam Word of Mouth Untuk Mengenalkan Iphone di Kalangan Persahabatan (Studi Etnografi Teori Peran Pengambilan Keputusan dalam Lingkungan Persahabatan). 2021. Jurnal Prologia. Vol. 5, No. 1, Maret 2021, Hal 15-20
Halim, Regina Aurelia & Pribadi, Muhammad Adi. 2024. Interaksi Simbolik pada Host Livestreamer di TikTok @Luunashop. Jurnal Koneksi. Vol. 8, No. 2, Oktober2024, Hal 276-285
Hardianto, Aldi & Pribadi, Muhammad Adi. 2024. Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Politik @puterikomarudin melalui Instagram. Jurnal Koneksi. Vol. 8, No. 1, Maret 2024, Hal 83-91
LSPPRI.(2025). About Us [Kolom Menu]. Website. https://lsppri.or.id/about-us/
Martin, Helice & Pribadi, Muhammad Adi. 2023. Interaksi Simbolik Kegiatan Reses di Wilayah Dapil 1 Tangerang Kota. Vol. 7, No. 2, Oktober 2023, Hal 289-297
Natalia, Marcella & Sukendro, Gregorius Genep. 2024. Ungkapan Komunikasi Pengendara Motor Vespa Klasik untukMemperkuat Solidaritas. Jurnal Koneksi. Vol. 8, No. 2, Oktober 2024, Hal 399-406
Puspitasari, Intan & Azeharie, Suzy.2019. Interaksi Simbolik Pengajar Musik Tunanetra dengan Siswa. Tunanetra di Yayasan Mitra Netra Lebak Bulus Jakarta Selatan. Jurnal Koneksi. Vol. 3, No. 1, Juli 2019, Hal 288-294.
Prasetyo, Aji.(2023). Pengelolaan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-P1) dalam Menyiapkan Lulusan Perguruan Tinggi di Dunia Kerja. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management Vol. 4, No. 1, 2023, Hal 59-72.
Rianto, Bayu.(2023). Pelatihan Dan Sosialisasi Uji Sertifikasi Kompetensi Teknis BNSP Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Keahlian Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Keahlian
Sani, Ahmad Faiz Ibu. 2018. Sertifikasi Keahlian Dilakukan Besar-Besaran Pada 2019.Tempo.co. diunduh dari nasional.tempo.com
Slamet, Muji. (2021). Manajemen Uji Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Negeri 1 Kebumen. Media Manajemen Pendidikan. Volume 4, No. 2, 2021, Hal 203-213.
Stevanny, Meydhita & Pribadi, Muhammad Adi. 2020. Interaksi Simbolik dan Ekologi Media Dalam Proses Keterlibatan Sebagai Roleplayer. Jurnal Koneksi. Vol. 4, No. 1, Maret 2020, Hal 36-42
Sugiarto, Jordan Liunardi., & Pribadi, Muhammad Adi.2022. Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran Ben Gong’s Tea selama Covid-19. Jurnal Prologia. Vol. 6, No.1, Maret 2022. Hal 12-16
Silenzie, Ricardo & Pribadi, Muhammad Adi.2020. Interaksi Simbolik dalam Komunikasi Pemasaran Terpadu di PT. Creative Motion Pctures: Studi Kasus Komunikasi Pemasaran Film Once Upon a Time in Indonesia. Vol. 4, No. 2, Oktober 2020, Hal 310 – 315

