EFIKASI DIRI SISWA SDN CARINGIN NUNGGAL: MENINGKATKAN KESIAPAN MENGHADAPI ANBK MELALUI PELATIHAN BERBASIS KOMPUTER
Main Article Content
Abstract
he implementation of the Computer-Based National Assessment (ANBK) at SDN Caringin Nunggal, Ciherang Village, faced significant challenges, particularly the limited computer skills of fifth-grade students. This situation was exacerbated by inadequate school facilities and students’ low self-efficacy in using technology. To address these challenges, students from Tarumanagara University, through the Student Creativity Program (PKM) in community service, collaborated with SDN Caringin Nunggal and supported by local teachers, organized computer training based on ANBK simulation. The training lasted for three days and included ANBK test simulations and the introduction of basic computer skills, such as typing, using cursors, and screen navigation. Methods used involved pretest, posttest, and direct simulation. Evaluation using the Paired T-Test method showed a significant improvement in students’ self-efficacy. Results indicated that the average posttest score increased by 22.5% compared to the pretest. This program had a positive impact by enhancing students’ confidence in facing ANBK, preparing them with better technological skills. The collaboration between the student team, teachers, and the school successfully provided solutions to improve students’ competence while creating a more supportive learning environment
ABSTRAK
Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SDN Caringin Nunggal, Desa Ciherang, menghadapi tantangan signifikan, terutama keterbatasan keterampilan komputer siswa kelas 5. Situasi ini diperburuk oleh fasilitas sekolah yang kurang memadai dan rendahnya efikasi diri siswa dalam penggunaan teknologi. Untuk menjawab tantangan tersebut, mahasiswa Universitas Tarumanagara, melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam bidang pengabdian masyarakat, bekerja sama dengan SDN Caringin Nunggal dan didukung oleh guru setempat, menyelenggarakan pelatihan komputer berbasis simulasi ANBK. Pelatihan berlangsung selama tiga hari dan melibatkan simulasi soal ANBK serta pengenalan keterampilan dasar komputer, seperti mengetik, menggunakan kursor, dan navigasi layar. Metoda yang digunakan meliputi pretest, posttest, dan simulasi langsung. Berdasarkan evaluasi menggunakan metode Paired T-Test, terjadi peningkatan signifikan efikasi diri siswa. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest siswa meningkat sebesar 22,5% dibandingkan pretest. Program ini memberikan dampak positif dengan meningkatkan kepercayaan diri siswa menghadapi ANBK, mempersiapkan mereka dengan keterampilan teknologi yang lebih baik. Kerja sama antara tim mahasiswa, guru, dan pihak sekolah berhasil memberikan solusi untuk meningkatkan kompetensi siswa, sekaligus menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Astuti, R.W., Waluyo, H.J., and Rohmadi, M. (2019). Character education values in animation movie of Nussa and Rarra. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal). P. 215-219.
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan generasi emas indonesia tahun 2045 melalui pendidikan berkualitas. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 3(2), 73-87.
Karmila, N., & Raudhoh, S. (2021). Pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 36-39.
Kesehatan, J. I., Husada, S., Pebriyani, U., Sandayanti, V., Pramesti, W., & Safira, N. (2020). The social support with student anxiety level in facing the national final examination. Juni, 11(1), 78–85. Retrieved from https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.221
Kusumawati, E. T. (2021). Kualitas pendidikan di Indonesia. Faktor penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Diakses dari .https://www.kabarpendidikan.id/2021/ 10/faktor-penyebab-rendahnya- mutu.html
Manurung, S., Hidayat, R., Patras, Y. E., & Fatmasari, R. (2018). Peningkatan efektivitas kerja melalui perbaikan pelatihan, penjaminan mutu, kompetensi akademik dan efikasi diri dalam organisasi pendidikan. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 69-85.
Nadirawati, R. (2018). Skripsi : Hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa baru fakultas keperawatan Universitas Jember. Repository UNEJ. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86415
Nugrahenny, D., Wintolo, H., Kusumaningrum, A., Sudaryanto, S., & Sajati, H. (2019). Pendampingan pengenalan metode pengetikan cepat menggunakan microsoft word bagi siswa kelas 5 SD IT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 21. Retrieved from https://doi.org/10.28989/kacanegara.v2i1.406