PELATIHAN METODE PENELITIAN BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN STIAB JINARAKKHITA LAMPUNG

Main Article Content

Keni Keni
Burmansah Burmansah
Fidelius Marlfel
Jacky Sona Putra
Valentino Wijaya

Abstract

Science and Technology Index (Sinta) implied that STIAB Jinarakkhita Lampung is ranked 1,857 on producing researches from a total of 5,150 affiliates with a total publication of 40 documents, which are not optimal and can be categorized as not productive and undeveloped. This condition can be caused by several factors, such as lack of research’s insight and scarce of continuous improvement of research capabilities and access to international journals. This PKM in the form of continuous training on research methods aims to improve the research performance of STIAB Jinarakkhita Lampung and implement it into direct field practice. This training is carried out in the form of classes and workshops on a continuous basis which are divided into five sessions, whereas in each session, the process for research will be discussed in a coherent and continuous manner starting from determining the problems to the methods for examining the problems. At the end of each session, participants will progressively develop research proposals, starting from observing problems in the campus environment, compiling problem statements, developing theoretical frameworks and hypotheses, and determining the research methods. Based on the produced proposals and questions from the participants, it can be concluded that the participants are starting to be motivated to conduct research, so it is expected that they begin to do research to improve the research performance of STIAB Jinarakkhita Lampung. The expected output from this activity is a nationally accredited journal.

Data Science and Technology Index (Sinta) menunjukkan bahwa STIAB Jinarakkhita Lampung berada pada peringkat 1.857 dari total afiliasi sebanyak 5.150 dengan total publikasi sebanyak 40 dokumen. Hasil tersebut belum mencerminkan capaian yang optimal dalam menghasilkan luaran-luaran penelitian yang dipublikasi dan dapat dikategorikan sebagai kurang produktif serta tidak berkembang. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya wawasan dan pemahaman mengenai penelitian, jarang dilakukan peningkatan kemampuan penelitian yang berkelanjutan oleh lembaga, dan jarang mengakses jurnal bereputasi internasional. Pelaksanaan PKM yang berupa pelatihan metode penelitian berkelanjutan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja penelitian STIAB Jinarakkhita Lampung dan mengimplementasikan capaian dari kegiatan pelatihan ke dalam praktik lapangan secara langsung. Pelatihan ini dilakukan dalam bentuk kelas dan workshop secara berkelanjutan yang dibagi menjadi lima sesi, dimana pada setiap sesi, dibahas secara runtut dan berkelanjutan mengenai proses penyusunan penelitian yang dimulai dari penentuan masalah yang akan diteliti sampai dengan metode yang dapat digunakan untuk mengkaji permasalahan tersebut. Pada akhir setiap sesi, peserta diminta untuk secara berkelanjutan menyusun proposal penelitian yang dimulai dari mengamati permasalahan di lingkungan kampus, menyusun problem statement, mengembangkan kerangka teoritis dan hipotesis, serta menetapkan metode penelitian. Berdasarkan hasil penyusunan proposal dan pertanyaan dari peserta, dapat disimpulkan bahwa peserta mulai termotivasi untuk melakukan penelitian, sehingga diharapkan peserta mulai menyusun penelitian untuk memperbaiki kinerja penelitian STIAB Jinarakkhita Lampung. Target luaran dari kegiatan ini adalah jurnal nasional terakreditasi.

Article Details

How to Cite
Keni, K., Burmansah, B., Marlfel, F., Putra, J. S., & Valentino Wijaya. (2022). PELATIHAN METODE PENELITIAN BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN STIAB JINARAKKHITA LAMPUNG. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 126–135. https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i1.15995
Section
Articles
Author Biography

Keni Keni, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ekonomi

 

 

SINTA ID : 5987760


References

Fawzi, H., & Al-Hattami, A. (2017). Faculty Production of Research Papers : Challenges and Recommendations. International Journal of Humanities and Social Science, 7(2), 221–228. Retrieved from https://www.ijhssnet.com/journals/Vol_7_No_2_February_2017/29.pdf

Nadia, F. N. D., Sukoco, B. M., Susanto, E., Sridadi, A. R., & Nasution, R. A. (2020). Discomfort and organizational change as a part of becoming a world-class university. International Journal of Educational Management, 34(8), 1265–1287. https://doi.org/10.1108/IJEM-09-2019-0348

Yulianto, H. (2018). Peningkatan Partisipasi Riset Bagi Dosen. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.16

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 139 Tahun 2014 Tentang Pedoman Statuta dan Organisasi Perguruan Tinggi (No. 1670). Retrieved from https://peraturan.go.id/common/dokumen/bn/2014/bn1670-2014.pdf

Kemenpan RI. (2013). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 17 Tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya. Retrieved September 9, 2021, from Kemenpan RI website: https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permenpan_17_13.pdf

OECD. (2020). Resourcing Higher Education (Revised Ve). Retrieved from https://doi.org/10.1787/735e1f44-en

PD Dikti. (2021). Data Dosen PD Dikti STIAB Jinarakkhita Lampung. Retrieved September 9, 2021, from PD Dikti website: https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/OUE1MzM4RDMtREFFMS00MTg3LTgyNEItMDhCNzBCQkEyRkIx

Rakhmani, I., & Siregar, F. (2016). Reforming Research in Indonesia: policies and practice Reforming Research in Indonesia: Policies and Practices (No. 92). Retrieved from http://cipg.or.id/

Sinta. (2021). Web Sinta Indonesia. Retrieved September 7, 2021, from Sinta: Science and Technology Index website: https://sinta.ristekbrin.go.id/affiliations