KOMUNIKASI VISUAL MELALUI FOTO PRODUK UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK UMKM

Main Article Content

Wulan Purnama Sari
Lydia Irena

Abstract

The condition of the COVID-19 pandemic has caused many changes that must be made in various aspects of life, including the economic sector and especially MSME business actors. In order to survive, MSME business actors must make changes, business activities that were initially carried out offline must now also be carried out online. This change requires adjustments, especially regarding the visuals of the product, therefore it is necessary to carry out PKM activities with the aim of assisting MSME players in taking product photos as part of visual communication to increase product selling value and promotional means. PKM activities are carried out with MSME partners engaged in the culinary field under the brand name Mie Ayam Marah. The PKM method is carried out through training and assistance in the implementation of product photos. The results of the product photos are used as a means of E-Marketing by utilizing social media and online delivery applications. Visual appearance is an important part of E-Marketing which aims to provide information and attract consumer attention to products. As a recommendation, the team gave suggestions to carry out further PKM activities regarding the preparation of a menu book that combines visual communication and copy writing. As well as PKM activities to provide education for partners related to E-markating and social media.


ABSTRAK

Kondisi pandemi COVID-19 menyebabkan banyak perubahan yang harus dilakukan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk didalamnya sektor ekonomi dan khususnya pelaku usaha UMKM. Agar dapat tetap bertahan pelaku usaha UMKM harus melakukan perubahan, kegiatan usaha yang awalnya dilakukan secara offline sekarang harus dilakukan juga secara online. Perubahan ini membutuhkan penyesuaian terutama terkait visual dari produk, oleh karenanya perlu dilakukan kegiatan PKM dengan tujuan untuk membantu pelaku UMKM dalam hal melakukan foto produk sebagai bagian dari komunikasi visual untuk meningkatkan nilai jual produk dan sarana promosi. Kegiatan PKM dilakukan dengan mitra UMKM yang bergerak di bidang kuliner dengan nama merek Mie Ayam Marah. Metode PKM dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan pelaksanaan foto produk. Hasil dari foto produk tersebut digunakan sebagai sarana E-Marketing dengan memanfaatkan media sosial dan aplikasi pesan antar online. Tampilan visual merupakan bagian penting dalam E-Marketing yang berujuan untuk memberikan informasi dan menarik perhatian konsumen atas produk. Sebagai rekomendasi, tim memberikan saran untuk melakukan kegiatan PKM lanjutan mengenai penyusunan buku menu yang menggabungkan komunikasi visual dan copy writing. Serta kegiatan PKM untuk memberikan edukasi bagi mitra terkait E-marketing dan media sosial.³

Article Details

How to Cite
Sari, W. P., & Irena, L. (2022). KOMUNIKASI VISUAL MELALUI FOTO PRODUK UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i3.13271
Section
Articles
Author Biography

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

 

Sinta ID : 62291

References

Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing Oleh UMKM Dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 2(2), 2685–4716.

https://doi.org/10.15642/MANOVA.V3I2.302

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Bahtiar, R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor Umkm. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-6-II-P3DI-Maret-2020-1982.pdf

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Ehsan Malik, M., Mudasar Ghafoor, M., Kashif Iqbal, H., Riaz, U., ul Hassan, N., Mustafa, M., & Shahbaz, S. (2013). Importance of Brand Awareness and Brand Loyalty in assessing Purchase Intentions of Consumer. International Journal of Business and Social Science, 4(5), 167–171. www.ijbssnet.com

Gunawan, A. P. (2014). Genre Fotografi yang Diminati oleh Fotografer di Indonesia. Humaniora, 5(2), 1234–1245. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3266

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/6342/6359

Kennedy, R., & Suhendarto, B. P. (2020). Diskursus Hukum: Alternatif Pola Pengisian Jabatan Kepala Daerah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 2(2), 188–204. https://doi.org/10.14710/jphi.v2i2.188-205

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 , Pub. L. No. HK.01.07/MENKES/328/2020 (2020). https://covid19.go.id/p/protokol/panduan-pencegahan-dan-pengendalian-corona-virus-disease-2019-covid-19-di-tempat-kerja-perkantoran-dan-industri-dalam-mendukung-keberlangsungan-usaha-pada-situasi-pandemi

Kristian Pakpahan, A. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Muhyiddin, M. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118

Pradana, A. A., Casman, C., & Nur’aini, N. (2020). Pengaruh Kebijakan Social Distancing pada Wabah COVID-19 terhadap Kelompok Rentan di Indonesia. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI, 9(2), 61–67. https://doi.org/10.22146/JKKI.55575

Pragholapati, A. (2020). New Normal “Indonesia” After Covid-19 Pandemic. 1–6. https://doi.org/10.31234/osf.io/7snqb

Rab, S., Javaid, M., Haleem, A., & Vaishya, R. (2020). Face masks are new normal after COVID-19 pandemic. In Diabetes and Metabolic Syndrome: Clinical Research and Reviews (Vol. 14, Issue 6, pp. 1617–1619). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.dsx.2020.08.021

Sari, W. P., & Irena, L. (2020). Komunikasi Visual Di Era Digital Melalui Pelatihan Fotografi. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2), 422–430. https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9422

Sukirno, Z. L. (2020). Etika Komunikasi Visual Influencer Pariwisata. Journal of Tourism and Creativity, 4(2), 138. https://doi.org/10.19184/jtc.v4i2.15713

Syafrida, S., & Hartati, R. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6), 495–508. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15325

Widiastuti, T. (2015). Wacana Poskolonial dalam Desain Komunikasi Visual Kemasan Jamu Tradisional Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.31315/JIK.V12I1.353