PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI UPAYA PENGENALAN BRAND OLTARA.CO

Main Article Content

Wulan Purnama Sari
Qonitha Risky
Christine Vonny Carolina

Abstract

The information eras marked by the use of the internet and its applications are very influential in the business world. Significantly, the surge in users has opened up great opportunities in the economic sector, especially in the trading business sector. This can increase business transactions and competitive economic growth, provide fast customer service and be able to access national and international markets. Applications with wide coverage that can be accessed at any time and can provide audio-visual information about motion are needed as a means of selling. The UMKM group is a group that has a big role in Indonesia's economic development. In this digital era, MSME groups must keep up with the times by conducting marketing communications through social media. One of the obstacles that the MSME group has is a lack of understanding of how to do marketing using social media, a lack of understanding of the importance of conducting marketing communications through social media makes it difficult for MSME actors to increase the attractiveness of their products. Nowadays, popular social media, as the PKM Team knows, is TikTok. With the TikTok application, it can certainly help MSMEs to attract the attention of audiences and can further develop these MSMEs through TikTok. Therefore, the PKM Team team carried out this PKM activity with the aim of helping MSME actors, in this case Oltara.co to manage social media TikTok to introduce oltara.co brand products and the PKM Team also helped oltara.co create product-related content to introduce products oltara.co widely on TikTok. The result is that the official TikTok Oltara.co gets more attention from the TikTok audience and also gets more followers, views, likes, comments, and shares than before.


ABSTRAK:


Era informasi dengan ditandai dengan penggunaan internet beserta aplikasinya sangat berpengaruh pada dunia usaha. Secara signifikan lonjakan penggunanya membuka peluang besar di bidang ekonomi terutama di bidang bisnis perdagangan. Hal ini dapat meningkatkan transaksi bisnis dan pertumbuhan ekonomi bersaing secara kompetitif, pelayanan   konsumen dengan cepat serta dapat mengakses pasar nasional maupun internasional. Aplikasi dengan daya sebar yang luas dan dapat diakses setiap saat serta dapat memberikan informasi secara audio visual gerak diperlukan sebagai sarana jual. Kelompok UMKM merupakan kelompok yang memiliki peran besar dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Pada era digital ini, kelompok UMKM harus mengikuti perkembangan zaman dengan melakukan komunikasi pemasaran melalui media sosial. Salah satu kendala yang dimiliki kelompok UMKM adalah kurangnya pemahaman tentang cara melakukan pemasaran dengan memanfaatkan media sosial, kurang pemahaman tentang pentingnya melakukan komunikasi pemasaran melalui media sosial membuat pelaku UMKM kesulitan untuk meningkatkan daya tarik produk nya. Di masa sekarang media sosial yang populer seperti yang Tim PKM ketahui adalah TikTok, dengan aplikasi TikTok pastinya bisa membantu pelaku UMKM untuk menarik perhatian audiences dan bisa lebih mengembangkan UMKM ini melalui TikTok. Oleh karena itu, tim Tim PKM melakukan kegiatan PKM ini dengan tujuan membantu pelaku UMKM dalam hal ini adalah Oltara.co untuk mengelola media sosial TikTok demi memperkenalkan produk brand oltara.co serta Tim PKM juga membantu oltara.co membuat konten terkait produk untuk memperkenalkan produk oltara.co secara luas di TikTok. Hasil nya TikTok resmi Oltara.co mendapat lebih banyak perhatian dari audiens TikTok serta juga lebih banyak mendapat followers, views, likes, comments, dan share daripada sebelum nya

Article Details

How to Cite
Sari, W. P., Risky, Q., & Carolina, C. V. (2023). PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI UPAYA PENGENALAN BRAND OLTARA.CO. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i3.20516
Section
Articles
Author Biography

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

 

Sinta ID : 62291

References

Agustin, Dyah Satya Yoga. (2011). Penurunan Rasa Cinta Budaya Dan Nasionalisme Generasi Muda Akibat Globalisasi. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), Vol 4, No. 2. http://iptek.its.ac.id/index.php/jsh/article/view/632

Aryani, Menik. (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary (VIS), 6, 1. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary/article/download/4085/2783

H, Hans Karunia., Ashri, Nauvaliana., Irwansyah. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, Vol. 3, No. 1. http://www.jurnal.unidha.ac.id/index.php/jteksis/article/view/187/113

Hanifawati, Tri., Ritonga, Utan Sahuro., & Puspitasari, Euis Evi. (2019). Popularitas Merek Di Sosial Media: Analisis Pengaruh Waktu, Konten, Dan Interaksi Merek. ESENSI: Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 9, No. 1. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/esensi/article/view/9037

Junawan, Hendra., & Laugu, Nurdin. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4, 1. http://baitululum.fah.uinjambi.ac.id/index.php/b_ulum/article/view/46

Utama, Iston Dwija. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. Equilibrium Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7,1. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/3829