Budaya Organisasi Kantor Cabang Multinasional (Studi Etnografi Kantor Hiseas European Destination Management Jakarta)

Veronica Burnadi

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai bagaimana budaya organisasi yang ada di dalam kantor cabang multinasional HiSEAS Jakarta. Di dalam kantor, masing-masing individu memiliki jabatan masing-masing dan menjadi identitas jati diri dari kantor. Adanya komunikasi organisasi yang terjadi antara karyawan kepada pemimpin dan pemimpin kepada karyawan yang membentuk sebuah budaya dalam kantor. Peneliti meneliti dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Budaya organiasasi yaitu kepemimpinan yang diterapkan pemimpin, karakteristik budaya kantor HiSEAS Jakarta,  perfoma komunikatif (perfoma ritual, perfoma hasrat, perfoma sosial, perfoma politis),  simbol-simbol budaya (simbol verbal, simbol fisik dan simbol perilaku) yang ada di dalam kantor HiSEAS jakarta memiliki sifat kekeluargaan dan pemimpinnya menerapkan sistem kerjasama dan solid antar karyawan. 


Keywords


Komunikasi; Budaya; Organisasi

References


Haryadi. (2012). Kepemimpinan Dengan Hati Nurani. Jakarta: PT. Suka Buku.

Judge, Robbins D. (2008). Perilaku Organisasi (Edisi 12). Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, Lexy. J. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Morrissan, M. (2009). Teori Komunikasi Organisasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mulyana, D. (2003). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sobirin, A. (2009). Budaya Organisasi: Pengertian, Makna dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Organisasi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPI.

Sutrisno, E. (2013). Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

West, Richard & Turner, Lynn H. (2009). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Yugih Setyanto dan Riris Loisa. (2012). Kementrian Pertahanan: Budaya militer di Institusi Sipil. http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/kidFik/article/viewFile/1238/1274.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.