Peran Manajemen Public Relations NoonaKu Signature dalam Membangun Reputasi

Main Article Content

Reggiana Regianna
H.H Daniel Tamburian

Abstract

Noonaku Signature merupakan salah satu produsen pakaian murah yang berhasil menjadi perseroan terbatas (PT). Dengan menjual pakaian dengan harga yang murah, Noonaku berusaha membangun reputasinya agar dapat menjangkau semua kalangan. Setiap perusahaan harus memiliki public relations (PR) yang baik untuk mendapatkan reputasi yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran manajemen PR NoonaKu Signature dalam membangun reputasi. Peran manajemen PR ini dapat kita lihat dari program-program atau kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Noonaku. Menggunakan teori peranan PR menurut Dozier & Broom, terdapat empat peranan PR yaitu penasehat ahli, fasilitator komunikasi, fasilitator proses pemecahan masalah, dan teknisi komunikasi. Kemudian teori menurut Scott & Cutlip terdapat empat strategi yang dapat digunakan oleh public relations untuk membangun reputasi perusahaannya yaitu fact finding, planning, communication, dan evaluation.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam pada tiga orang informan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi untuk melihat langsung program yang sedang dijalankan oleh PR NoonaKu. Selain itu juga ada dokumentasi berupa foto tampilan dari sosial media NoonaKu. Hasil penelitian di PT. NoonaKu Desain Indonesia ini menunjukkan peran manajemen PR di NoonaKu dilakukan dengan sangat baik untuk membangun reputasinya di masyarakat melalui program-programnya yang sesuai dengan visi, misi, dan value dari NoonaKu.

Article Details

How to Cite
Regianna, R., & Tamburian, H. D. (2019). Peran Manajemen Public Relations NoonaKu Signature dalam Membangun Reputasi. Prologia, 3(1), 204–208. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6240
Section
Articles

References

Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2012.Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ferlita Lorensia. 2018. Peran Public Relations dalam Memulihkan Reputasi (Studi Kasus Manajemen Krisis di PT. Kereta Commuter Indonesia pasca petrubahan sistem e-ticketing). Skripsi Komunikasi Universitas Tarumanagara.