Dinamika Tren K-Fashion pada Gaya Berpakaian Penggemar Perempuan K-Pop

Main Article Content

Junita Sari
Diah Ayu Candraningrum

Abstract

The development of the globalization era has an impact on the field of information and communication technology which is progressing very rapidly. The emergence of the internet and social media as new media has made people, especially young people, switch from seeking information using mass media or print media to using social media. Through these media, everyone can access information easily and quickly, one of which is the K-Fashion trend. Fashion is a form of nonverbal communication as a means to express oneself. This research aims to find out how the development of K-Fashion in the dressing style of female K-Pop fans by using the theory of technological determinism, new media, and the concept of nonverbal communication. This research uses a descriptive qualitative approach with phenomenological methods. Based on the results of the study, female K-Pop fans use clothes by following K-Fashion trends because they are inspired by idols, actresses, and actors. This research is expected to contribute to the depiction of K-Fashion trends in the dressing style of K-Pop female fans.


Berkembangnya era globalisasi memberikan dampak pada bidang teknologi informasi dan komunikasi yang mengalami kemajuan sangat pesat. Munculnya internet dan media sosial sebagai media baru membuat masyarakat terutama anak muda beralih dari mencari informasi menggunakan media massa atau media cetak menjadi menggunakan media sosial. Melalui media tersebut, setiap orang dapat mengakses informasi dengan mudah dan cepat, salah satunya adalah tren K-Fashion. Fesyen merupakan bentuk dari komunikasi nonverbal sebagai sarana untuk mengekspresikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan K-Fashion pada gaya berpakaian penggemar perempuan K-Pop dengan menggunakan teori determinisme teknologi, media baru, dan konsep komunikasi nonverbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi. Berdasarkan hasil penelitian, penggemar perempuan K-Pop menggunakan pakaian dengan mengikuti tren K-Fashion karena, terinspirasi idola, aktris, dan aktor. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada penggambaran tren K-Fashion dalam gaya berpakaian penggemar perempuan K-Pop.

Article Details

How to Cite
Sari, J., & Candraningrum, D. A. (2025). Dinamika Tren K-Fashion pada Gaya Berpakaian Penggemar Perempuan K-Pop. Prologia, 9(2), 486–495. https://doi.org/10.24912/pr.v9i2.33421
Section
Articles

References

Ayu, A. N. (2019). Penampilan Sebagai Komunikasi Non-Verbal Perempuan Dalam Dunia Pekerjaan. Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. https://eprints.untirta.ac.id/1315/1/ALIF NANDA AYU_6662142526 final - Copy.pdf

Habibah, A. F., & Irwansyah, I. (2021). Era Masyarakat Informasi sebagai Dampak Media Baru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 350–363. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.255

Jannah, S. R., Khoirunnisa, Z., & Faristiana, A. R. (2023). Pengaruh Korean Wave Dalam Fashion Style Remaja Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 1(3), 11–20. https://doi.org/10.59024/jipa.v1i3.219

Kholifah, Siti & Suyadnya, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Berbagi Pengalaman Dari Lapangan. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Majidah, I. Q. (2022). Fashion Style Ustadzah Sebagai Komunikasi Nonverbal di Pondok Pesantren Al-Iman Putri Ponorogo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/21218/1/SKRIPSI e-theses.pdf

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Ed. 3 Cet.). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaditia, M., & Narawati, Putri Chindy Lisnawaty, R. Y. (2022). Pengaruh Korean Waves Terhadap Fashion Remaja Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 138–153. https://doi.org/10.11111/nusantara.xxxxxxx

Muqsith, M. A. (2022). Determinisme Teknologi dan Ekstensi Manusia. Adalah, 6(1), 76–84. https://doi.org/10.15408/adalah.v6i1.26573

Mutiah, T., & Rafiq, A. (2021). Instagram Media Baru Penyebaran Berita (Studi pada akun @feydown_official). Jurnal Media Penyiaran, 1(2), 58–62. https://doi.org/10.31294/jmp.v1i2.852

Putra, H. R., Meriza, I., Arianda, I., Hijrah, H., Junaidi, J., Khairina, U., & Tisa, M. (2022). Optimalisasi Media Sosial Pada Generasi Z Melalui Pelatihan Content Creator. Meuseuraya - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i2.1357

Rizkiyah, A., Fahmi, M. I., Rajabi, J. A., & Nisa, K. P. (2024). Peniruan Trend Korea Pada Gen Z. 2(3), 353–362.

Siregar, L. Y. & M. I. P. N. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71–75. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/hjimb

Syachrizally, A. L. K., & Widayatmoko. (2018). Gaya Hidup Remaja Perempuan dalam Membentuk Body Image dan Citra Diri Sesuai Tren Masa Kini. Koneksi, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.24912/kn.v2i1.2426

Valentina, E., & Sari, W. P. (2019). Studi Komunikasi Verbal dan Non Verbal Game Mobile Legends: Bang Bang. Koneksi, 2(2), 300. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3899

Wicaksono, M. A., Patricia W, A., & Maryana, D. (2021). Pengaruh Fenomena Tren Korean Wave Dalam Perkembangan Fashion Style Di Indonesia. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), 74–85. https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.35

Similar Articles

<< < 55 56 57 58 59 60 

You may also start an advanced similarity search for this article.