Gambaran Self-Perceived Employability Pada Karyawan Generasi Z Di Perusahaan Start-Up

Main Article Content

Muhammad Fatahilla Ramadani

Abstract

Perusahaan Start-up yang berbasis teknologi  dan inovasi menjadi daya tarik tersendiri bagi Generasi Z. Di sisi lain,
perusahaan start-up belum mencapai stabilitas yang dapat menjamin keberlangsungan bisnis dan keamanan kerja
bagi karyawan. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat gambaran self-perceived employability pada karyawan
Generasi Z di Perusahaan Start-up. Self-perceived employability adalah persepsi terhadap kemampuan untuk
mempertahankan pekerjaan yang dimilikinya atau mendapatkan pekerjaan yang diinginkan (Rothwell & Arnold,
2007). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain
statistik deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 246 orang karyawan Generasi Z di Perusahaan Start-up.
Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah voluntary sampling. Pengumpulan data pada
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan adaptasi alat ukur self-perceived employability scale (Rothwell &
Arnold, 2007), dengan reliabilitas dimensi internal employability sebesar .948 dan dimensi external employability
sebesar .973. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 67% karyawan Generasi Z di Perusahaan Start-up
memiliki tingkat internal employability yang berada pada kategori tinggi dan sebanyak 69,9% memiliki tingkat
external employability yang berada pada kategori tinggi. Dapat diartikan bahwa karyawan Generasi Z di Perusahaan
Start-up percaya akan kemampuan yang dimilikinya dalam mempertahankan pekerjaan saat ini atau mendapatkan
pekerjaan yang diinginkan.

Article Details

How to Cite
Ramadani, M. F. . (2025). Gambaran Self-Perceived Employability Pada Karyawan Generasi Z Di Perusahaan Start-Up. Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 14(3). Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/phronesis/article/view/35443
Section
Articles

References

Akbar, I. M. I. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pemilihan Karir Di Startup Pada

Generasi Z (Studi Kasus Pada PT. XYZ). Jurnal Manajemen, 10(1), 43–54.

https://doi.org/10.54964/manajemen.v10i1.453

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik. (2020). Sensus Penduduk 2020. BPS.

Fackler, D., Hölscher, L., Schnabel, C., & Weyh, A. (2021). Does working at a start-up pay off?. Small

business economics, 58(4), 2211-2233.

Fauziah, Z., Hayadi, B. H., Meria, L., & Hasanah, A. U. (2022). Start up digital business: Knowing

business opportunities and tips for beginners. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 1(1),

96-103.

Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan E-ISSN: 3032-7202

Tahun xxxx, Vol. x, No. x, xx-xx

9

Francis, T., & Hoefel, F. (2018). ‘True Gen’: Generation Z and its implications for companies. McKinsey

& Company.

Gopal, D. (2024). Redefining Work Purpose: An Empirical Analysis of Meaningful Work for Generation

Z Employees.

Hakim, A. F. L. (2019). Hubungan Self-Perceived Employability Dengan Komitmen Organisasi Pada

Karyawan Generasi Y. https://repository.unair.ac.id/82545/

Kostoeva, Z. (2023). Navigating the Workplace Shift: Strategies to attract and retain Generation Z

employees in Russia. International Journal of Science and Research (IJSR), 12(12), 1789–1792.

https://doi.org/10.21275/sr231225190753

Lemeshow, S., Hosmer, D.W., Klar, J & Lwanga, S.K. (1997). Besar sampel dalam penelitian kesehatan.

Gajamada university press.

Kostoeva, D. (2023). The psychological contract in start-up work environments: Gen Z expectations and

organizational responses. Journal of Organizational Psychology, 23(1), 55–70.

https://doi.org/10.33423/jop.v23i1.5902

Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1997). Adequacy of sample size in health

studies. World Health Organization.

Lestari, D. A., & Kusumaputri, E. S. (2017). Perceived Employability: Peranan Career Calling dan

Strategi Karir Sebagai Mediator. Psikologika Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 22(1),

89–92. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss1.art6

Nasa, A. F., Susanti, M., Sembiring, L. S., Fahmy, R., Rusli, M., Rahayuningsih, T., Oktari, S., &

Kurnianto, Y. (2022). Kepercayaan Diri Generasi Z Indonesia Memasuki Dunia Kerja: Gambaran

Self-Perceived Employability. Jurnal Ilmu Perilaku, 6(2), 188-205.

Noviati, N. P., Nu'man, T. M., Iqbal, M. M., & Akmala, L. A. (2024). Self-Perceived Employability in

the Digital Era: Analysis of Online Social Support, Social Media User Type, and Career Adaptability.

Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 29(2)

Palekar, S., Pardhi, A., & Jindal, S. (2022). Indian Business Case Studies Volume VIII. Oxford University

Press.

Prayoga, R. A., & Lajira, T. (2022). Strategi Pengembangan Kualitas SDM Generasi Millenial &

Generasi Z Dalam Menghadapi Persaingan Global Era 5.0.

https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/18476

Rothwell, A., & Arnold, J. (2007). Self‐perceived employability: development and validation of a scale.

Personnel Review, 36(1), 23–41. https://doi.org/10.1108/00483480710716704

Supia, I., Hadi, C., & Fajrianthi, F. (2023). Nilai Personal pada Stay Employee Angkatan Kerja Generasi

Milenial dan Generasi Z: Studi pada Posisi Marketing di Salah Satu Bank Swasta di Indonesia. Sang

Pencerah Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(2), 385–392.

https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i2.2721

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.