Pengaruh kemasan terhadap kesadaran merek dan minat beli: Studi ikon Betawi pada oleh-oleh Jakarta

Main Article Content

Tubagus Muhammad Farhan
Miharni Tjokrosaputro

Abstract

This research was attempted to explore what factors are contributing to brand awareness and purchase intention of industries regional specialty food retailer product in Indonesia. The object of this research is the industries regional specialty food retailer product of Jakarta. The research method used is descriptive quantitative analysis and all sources of information are obtained from questionnaires distributed online through social media, namely WhatsApp with google form media. Data were analyzed using SmartPLS 3.29 by using data of 103 respondents who knows Oleh-oleh Jakarta Mpok Nini product. The result of the research show that of ethnic icon on product packaging have positive impact on brand awareness and purchase intention. The research provides insight to academics and regional retail industry about how to manage brand awareness and purchase intention of retail industry product in Indonesia and the results obtained in this study are that the ethnic icon packaging factor has a positive influence on brand awareness and buying interest. The advice given to this research for the regional specialty food retail industry is to improve simpler packaging as well as increase brand awareness and buying interest so that the product is easily recognized and makes consumers no longer consider buying the product.


Penelitian ini berusaha untuk mengeksplorasi faktor-faktor apa yang berkontribusi terhadap kesadaran merek dan minat beli produk retailer makanan khas daerah di Indonesia. Objek penelitian ini adalah industri retailer makanan khas Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa kuantitatif deskriptif dan seluruh sumber informasi diperoleh dari kuisioner yang dibagikan secara online melalui media sosial yaitu whatsapp dengan media google form. Data dianalisis menggunakan SmartPLS ver 3.29 dengan menggunakan data 103 responden yang mengetahui produk industri retailer makanan khas daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikon etnik produk kemasan berpengaruh positif terhadap kesadaran merek dan minat beli. Penelitian ini memberikan wawasan kepada akademisi dan industri retail kedaerahan khususnya tentang bagaimana mengelola kesadaran merek dan minat beli terhadap produk industri retail di Indonesia dan hasil yang didapat pada penelitian ini adalah bahwa faktor kemasan ikon etnik memberikan pengaruh yang positif terhadap kesadaran merek dan minat beli. Saran yang diberikan terhadap penelitian ini untuk industri retail makanan khas daerah adalah agar meningkatkan kemasan yang lebih simpel juga meningkatkan kesadaran merek dan minat beli agar produk mudah dikenali dan membuat konsumen tidak lagi mempertimbangkan untuk membeli produk.

Article Details

How to Cite
Farhan, T. M., & Tjokrosaputro, M. (2023). Pengaruh kemasan terhadap kesadaran merek dan minat beli: Studi ikon Betawi pada oleh-oleh Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(2), 400–409. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i2.23364
Section
Articles
Author Biographies

Tubagus Muhammad Farhan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Miharni Tjokrosaputro, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Afriyani, Y., & Muhajirin. (2021). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Terhadap Kepuasan Konsumen pada UKM Dina Kelurahan Ntobo. Target : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 79–90.

Alkachvi, M. D. (2018). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Produk terhadap Keberhasilan Usaha (survey pada Pengusaha Sentra Sangkar Burung Sukohaji Bandung). Universitas Komputer Indonesia.

Awinja, N. N., & Fatoki, O. I. (2021). Effect of digital financial services on the growth of SMES in Kenya. African Journal of Empirical Research, 2(1), 79-94.

Candrianto. (2022). Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Logistik. Tasikmalaya: Rumah Cemerlang Indonesia Publisher.

Cant, M. C., & Wiid, J. A. (2016). The use of traditional marketing tools by smes in an emerging economy : a south african perspective. Problems and Perspectives in Management, 14(1), 64-70.

Ernawati, N., & Suarna, I. F. (2018). Analisis Kesadaran Merek Minuman Isotonik Di Kota Bandung. Ekubis, 3(1), 47-65.

Hanifawati, T., & Suryantini, A. (2015). Meningkatkan Daya Saing IKM Makanan melalui Inovasi Produk dan Kemasan. Prosiding Manajemen Dinamic UNNES. UNNES.

Hanifawati, T., Suryantini, A., & Mulyo, J. H. (2017). Pengaruh Atribut Kemasan Makanan dan Karakteristik Konsumen terhadap Pembelian. Agriekonomika, 6(9), 73–86.

Kurniawan, H. A., & Indriani, F. (2018). Pengaruh product knowledge, perceived quality, perceived risk, dan perceived value terhadap purchase intention pada motor kawasaki ninja 250 fi di kota semarang. Diponegoro Journal of Management, 7(4), 346-358.

Morissan. (2015). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen. Jurnal sosial humaniora (JSH), 8(2), 181-191.

Rangkuti, R. R., & Sulistyawati, E. (2014). Pengaruh Social Influence dan Lifestyle terhadap niat membeli pada Carrefour (Doctoral dissertation, Udayana University).

Rezqiana, A. N. (2021). Kompas. Dilansir dari https://megapolitan.kompas.com/read/2021/10/20/17161091/pemprov-dki-jakarta-dorong-perkembangan-umkm-lewat-program-jakpreneur?page=all

Salman Haydar dan Muhammad Amin, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, dikutip melalui statistik.jakarta.go.id, Diakases 19-Maret-2022.

Siahaan, H. D., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Tingkat Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Victoria's Secret (studi Pada Konsumen Di Pvj Bandung). eProceedings of Management, 3(1).

Simon, P., & Tjokrosaputro, M. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality Dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty Produk Tolak Angin. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 2(5).

Singh, P. (2017). Impact of digitalization on small and medium enterprises in India. Paripex Indian Journal of Research, 6(4), 468-469.

Wiliandri, R. (2020). A conceptual approach to identify factors affecting the digital transformation of micro, small and medium-sized enterprises (MSMEs) during COVID-19 pandemic in Indonesia. Ekonomi Bisnis, 25(2), 66-85.

Zuhal. (2013). Gelombang Ekonomi Inovasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama