Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Keuntungan terhadap Penggunaan Nyata dengan Minat Penggunaan sebagai Variabel Mediasi pada Masyarakat Generasi X dalam Menggunakan Sistem Electronic Money DANA

Main Article Content

Robbie Robbie
Anas Lutfi

Abstract

This research was conducted to know the effect of perceived ease of use, perceived usefulness, and perceived benefit on interest in the use and its impact on real use in X generation society in using the DANA electronic money system. The research method used is quantitative research methods. The data collection method used was a questionnaire distributed to 100 DANA users who were born in generation X. The data processing method used in this study was Partial Least Square. The results showed that perceived ease of use had no effect on interest in the use and through mediation also did not affect real use decisions. Meanwhile, the perceived usefulness and benefit perception influence the use interest and through mediation also influence the real use decision.

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan dan manfaat terhadap minat pakai serta pengaruhnya terhadap penggunaan nyata pada masyarakat generasi X dalam menggunakan sistem uang elektronik DANA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada 100 pengguna DANA yang lahir pada angkatan X. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan dan melalui mediasi juga tidak berpengaruh pada keputusan penggunaan nyata. Sedangkan persepsi kegunaan dan manfaat mempengaruhi kepentingan penggunaan dan melalui mediasi juga mempengaruhi keputusan penggunaan yang sebenarnya.

Article Details

How to Cite
Robbie, R., & Lutfi, A. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Keuntungan terhadap Penggunaan Nyata dengan Minat Penggunaan sebagai Variabel Mediasi pada Masyarakat Generasi X dalam Menggunakan Sistem Electronic Money DANA. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(6), 578–582. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i6.15023
Section
Articles
Author Biographies

Robbie Robbie, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana

Anas Lutfi, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana

References

Jahangir, N., & Begum, N. (2008). The role of perceived usefulness, perceived ease of use, security and privacy, and customer attitude to engender customer adaptation in the context of electronic banking. African Journal of Business Management, 2(1), 32–040. http://www.academicjournals.org/AJBM

Loanata, T., & Tileng, K. G. (2016). Pengaruh trust dan perceived risk pada intention to use menggunakan Technology Acceptance Model (Studi kasus pada situs E-Commerce Traveloka). JUISI Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 2(1), 64–73.

Oroh, C. R., Saerang, D. P. E., & Rumokoy, F. S. (2015). The influence of perceived ease of use, perceived usefulness and trust on repurchase intention of Lion Air e-Ticket. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 367–376. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/9844

Sozer, E. G., & Civelek, M. E. (2018). The effect of perceived benefit on consumer based brand equity in online shopping context. Ege Academic Review, 18(4), 711–725. https://doi.org/10.21121/eab.2018442989

Sugandini, D., Purwoko, Pambudi, A., Resmi, S., Reniati, Muafi, & Kusumawati, R. A. (2018). The role of uncertainty, perceived ease of use, and perceived usefulness towards the technology adoption. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(4), 660–669.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta CV.

Tanadi, T., Samadi, B., & Gharleghi, B. (2015). The impact of perceived risks and perceived benefits to improve an online intention among generation-Y in Malaysia. Asian Social Science, 11(26), 226–238. https://doi.org/10.5539/ass.v11n26p226

Van der Heijden, H., Verhagen, T., & Creemers, M. (2001). Predicting online purchase behavior: Replications and test of competing models. Proceedings of the Hawaii International Conference on System Sciences, 196. https://doi.org/10.1109/hicss.2001.927100

Yulianita. (2018). Comparison of generation X and Y: Perceived usefulness, perceived ease of use, and subjective norms on purchase intention in E-Commerce. Jurnal Komunikasi Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.7454/jki.v7i2.9677