DESAIN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PENJUALAN ONLINE UNTUK BUMBU NYONYA

Main Article Content

Aurelius Ondio Lamlo
Bagus Mulyawan
Manatap Dolok Lauro

Abstract

Bumbu Nyonya adalah brand catering yang menawarkan produk khas Indonesia dengan cita rasa rumahan. Untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas, serta mengelola layanan catering yang semakin diminati, pengembangan sistem penjualan berbasis web menjadi langkah strategis. Website ini berfungsi sebagai platform penjualan sekaligus profil perusahaan, memberikan kontrol penuh atas informasi dan branding. Dalam proses pengembangan, metode Scrum dipilih untuk memastikan fleksibilitas. Perencaan dimulai dari wawancara dengan pemilik Bumbu Nyonya dan analisis platform yang ada untuk mengidentifikasi fitur-fitur yang diperlukan, yang kemudian disusun dalam product backlog. Tahapan pengembangan meliputi desain antarmuka pengguna yang responsif agar pengunjung dapat mengakses informasi dengan mudah. Frontend dibangun menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript, sementara backend diintegrasikan dengan Laravel dan database MySQL.

Article Details

Section
Articles

References

[1] “An Overview of Electronic Commerce (e-Commerce),” cibg, vol. 27, no. 3, Apr. 2021, doi: 10.47750/cibg.2021.27.03.090.

[2] R. Rahayu and J. Day, “E-commerce adoption by SMEs in developing countries: evidence from Indonesia,” Eurasian Bus Rev, vol. 7, no. 1, pp. 25–41, Apr. 2017, doi: 10.1007/s40821-016-0044-6.

[3] C. Inthong, T. Champahom, S. Jomnonkwao, V. Chatpattananan, and V. Ratanavaraha, “Exploring Factors Affecting Consumer Behavioral Intentions toward Online Food Ordering in Thailand,” Sustainability, vol. 14, no. 14, p. 8493, Jul. 2022, doi: 10.3390/su14148493.

[4] N. Layalia and M. Stefani, “Hubungan Penggunaan Aplikasi Pesan Antar Makanan Terhadap Risiko Obesitas Pada Mahasiswa Di Derah Jabodetabek: Hubungan Penggunaan Aplikasi Pesan Antar Makanan terhadap Risiko Obesitas pada Mahasiswa di Daerah Jabodetabek,” Amerta Nutrition, vol. 7, no. 2SP, pp. 155–163, Dec. 2023, doi: 10.20473/amnt.v7i2SP.2023.155-163.

[5] M. D. Satrianugraha, “HUBUNGAN INTESITAS PENGGUNAAN LAYANAN PESAN ANTAR TERHADAP KEJADIAN GIZI LEBIH PADA MAHASISWA KEDOKTERAN,” SIGNAL, vol. 10, no. 2, p. 344, Nov. 2022, doi: 10.33603/signal.v10i2.7714.

[6] E. Martini, L. A. Wibowo, A. Rahayu, and R. Hurriyati, “WEBSITE AS AN COMMUNICATION TOOL AND BRANDING STRATEGY IN TELECOMMUNICATION COMPANIES: -,” jmk, vol. 24, no. 1, pp. 81–90, Mar. 2022, doi: 10.9744/jmk.24.1.81-90. [7] A. Anthony, Z. Rusdi, and W. Wasino, “Perancangan Sistem Penjualan Furniture Pada UD Usaha Jaya Mandiri Berbasis Website,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 2, p. 193, Mar. 2021, doi: 10.24912/jiksi.v8i2.11254.

[8] K. Sutanto, D. Arisandi, and N. J. Perdana, “APLIKASI PEMESANAN BERBASIS WEBSITE PADA LIFE AND

STORY COFFEE,” Jurnal Serina Sains, Teknik dan Kedokteran, vol. 1, no. 2, pp. 259–266, Sep. 2023, doi: 10.24912/jsstk.v1i2.28512.

[9] A. Adrian, B. Mulyawan, and M. D. Lauro, “SISTEM INVENTORI DAN PENJUALAN BERBASIS WEB DAN MOBILE PADA ROTI PANGGANG GADGET STORE,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 6, no. 1, pp. 1–1, Nov. 2018, doi: 10.24912/jiksi.v6i1.2590.

[10] B. A. Sekti, M. N. G. Laksono, Z. A. Tiaraputri, M. I. A. Laksono, and P. J. S. Eraydya, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MOBILE DENGAN SCRUM FRAMEWORK,” INDEXIA, vol. 5, no. 02, p. 136, Nov. 2023, doi: 10.30587/indexia.v5i02.6334.

[11] K. Schwaber and J. Sutherland, Eds., “The Scrum Guide,” in Software in 30 Days, 1st ed., Wiley, 2012, pp. 133–152. doi: 10.1002/9781119203278.app2.

[12] “What is Scrum? | Scrum.org.” Accessed: Sep. 03, 2024. [Online]. Available: https://www.scrum.org/resources/what-scrum-module

[13] B. Bonilla-Morales, S. Crespo, and C. Clunie, “Reuse of use cases diagrams: an approach based on ontologies and semantic web technologies,” Jul. 2012.

[14] D. Batra and S. R. Antony, “Novice errors in conceptual database design,” European Journal of Information Systems, vol. 3, no. 1, pp. 57–69, Jan. 1994, doi: 10.1057/ejis.1994.7.

[15] M. S. Hartawan, “PENERAPAN USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA WIREFRAME DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SINOPSIS FILM,” JEIS, vol. 2, no. 1, pp. 43–47, Jan. 2022, doi: 10.56486/jeis.vol2no1.161.